my 1st scrapbook!


cihuyyyyyyyyy...
akhirnya, dengan semangat reformasi, bisa juga bundazka ikut2an bikin scrapbook.
Makasih segede gunung buat mb emma yang bersedia ngajarin bunda via tutorialnya yang di jelasin secara simpel dan mudah dimengerti di blognya.

Ditambah lagi tutorial via YM langsung*hehehe,salut ama kesabaranmu mb!*.

Nahhh..kalo gini kan, azka-nya bunda jadi lebih ganteng yaaa, nak?!*hehehe,muji anak sendiri*.

So, yang lain yg blm bisa , jgn ragu2 untuk ikutan belajar bikin scrapbook yaaaaa.....*asik lhooo...*, langsung aja maen ke blognya mb emma!:)

sang operator telpon

"kriiiinnnnnngggggggg...", telpon bunyi.
"woooohhh", gitu ekspresi muka azka sambil celingak-celinguk mencari asal suara telponnya.

Kalo dah gitu, azka pasti langsung lari menuju meja telpon dan segera mengangkat gagangnya.

"hawooooo........", sapa azka.
"abiii........", nama abiazka keluar dari mulut azka, dikira abinya yang sedang menelpon.

Tiap kali ada telpon rumah bunyi, azka pasti menyambutnya dengan gembira dan langsung mengangkat telponnya ber say-hello-ria.

Laen lagi dgn hape, kalo hape bunda ato abi bunyi, yang azka lakuin adalah mencari hape itu*walo posisinya jauh* dan segera mengambilnya dan menyerahkannya kepada bunda ato abi*tergantung hape sapa yang bunyi*.
"tenkyuuuu.....", puji bunda tiap kali azka menolong mengambilkan hape bunda yang di balas dengan senyum simpulnya.

Yak...lumayan....punya operator telpon pribadi di rumah....hehehhehe..
ada yang mo nelpon ke telpon rumah bundazka...? bakalan ada suara imut azka disana...hehehhehe....

cerbung: ke rumah yangyut

Liburan mudik kali ini juga kita sempetin untuk silaturahmi ke rumah eyang buyutnya azka*yang dari bapaknya bundazka* di purworejo. Suasana desa yang asri dan bentangan sawah nan hijau sangat menyejukkan mata. Lokasi yang juga dekat dgn rel kereta api yang dilewati jalur jakarta- jogja menambah keceriaan azka berlibur ke rumah eyangyut, karena azka kan suka banget sama kereta api. Walhasil, pemotretan di rel kereta api terjadilahhh...hehhee....

Alhamdulillah, di usia eyangyut yang sudah kepala 9, eyangyut masih diberi kesehatan, ingatannya masih tajam..bunda bahagia bangetttttt, masih bisa nengokin eyangyut dan nemuin azka dengan eyangyut-nya..

cerbung: Azka sekolah



kok udah sekolah sihhh...?"
“kan azka masih 1,5 tahun…?kok udah masuk plegrup sih..?”

Pasti pada nanya gitu yaaa..Jadi ceritanya, azka udah sempet masuk plegrup selama 2minggu*bertepatan dgn sisa hari2 menjelang libur panjang*.

Kok bisa sih bun? Terang aja bisa, lawong azka Cuma dititipin aja kok ikutan masuk di kelas plegrup.

Kebetulan kan mbah amien dan eyangkus-nya azka punya plegrup dan TK Budi Mulia dua di jogja, dan letaknya yaa tepat di depan rumah mbah amien. Awalnya azka suka bunda ajakin ke TK, karena kan banyak maenan anak2nya. Trus bunda liat azka kok antusias tiap kali diajakin maen prosotan di TK.

Ngobrol ama eyangkus-nya azka, eyangkus nawarin kalo azka dimasukin aja ke kids home*kelas buat anak2 usia praTK*.Ya biar buat nambah temen aja. Terang dong, bundazka ngerespon dgn antusias*hehehe, secara adminisrasinya urusan belakangan……*.

Nah, jadi deh azka masuk sekolah. Hari pertama masuk, azka Cuma diem aja ngamatin kakak2nya yang rata2 usia 2,5 thn mpe 4 thn. Ga mo bersuara samsek. Tumben nih, pikir bunda.

Hari kedua, dgn masih ditemani bunda masuk kelas, azka mule bisa rileks, dan sesekali mengeluarkan suara jika ditanya oleh bu guru.

Yang lucunya, azka kan lebih banyak tau jika menggunakan bahasa inggris, jadinya…bu gurunya jadi ikutan ngajakin ngomong azka pake inggris, karena ketika diajakin ngomong bhs indonesia, azka domblong.

Tapi kmdian bunda bilang ke gurunya, gapapa bu guru…pake bhs indonesia aja, azka sdg belajar juga kok.

Alhamdulillah, udah ampir sebulan di jogja, kosakata bhs indonesia azka terus dan terus bertambah. Jadi tiap kali azka bermain dengan uti&akung azka, mb mini*asisten*, sodara2 yg lain, azka sedikit demi sedkit belajar kosakata bhs indonesia.

Tapi bunda usahakan konsisten untuk menggunakan bhs inggris jika azka komunikasi dgn abiazka. Kalo ama bunda campur2,sekarang jadi seringnya indonesia. Hasilnya, azka sekarang kalo nyebutin benda malah jadi disebutin dgn 2 bahasa. Misalnya,

“fish…akan(ikan)..”
“shoes…atu (spatu)”

“close…tutup…”

“More…lagi…”

“ant..amut(semut)”
“pinis(finish)…abis…”
"sit down....duduk.."
"aiwon (i want)...mau..*sambil manggut2*"

Hahahaha….lucu juga nih azka!!
---------------------------

Kembali ke sekolah…., hari ketiga masuk, azka sudah mule bersuara. Ibu2 gurunya jadi tau deh kalo ternyata si azka suaranya gede banget*hehehe, macho bo!*.

Azka sudah mule ikutan kegiatan tmn2nya yang lain, mewarnai, menempel kertas, bernyanyi, sampai2, kan tiap mau pulang, ada acara makan bersama dgn posisi anak2 duduk di kursi dan meja masing2.

Nah azka nih yaa, alhamdulillah juga bisa ikutan makan sendiri, pegang sendok sendiri,nyuapin sendiri, dan takjubnya lagi abis lagi makannya!

Ini pasti karena azka liat teman2nya pada makan dan minum sendiri…alhamdulillah yaa nak!.

Yang bunda salut nih yaa, ternyata anak2 plegrup itu selama diajarin disitu sudah bisa menghapal surat2 pendek sperti al fatihah, an-naas, al-ikhlas, doa mau belajar, doa mau makan, doa ssudah makan, doa stlh belajar dgn lancarnya.

Karena pengen belajar gimana sih cara ngajarin anak bisa apal surat2 dan doa2 gitu, bunda nanya ke gurunya, dan kata gurunya yaa dgn cara di bacakan tiap hari, anak akan mendengar dan merekam dan kmd dapat menghapalnya tanpa beban.

Iya ya bener juga pikir bunda. Jadi inget buku yang mengisahkan ttg bocah Iran yang mendapatkan gelar doktor kecil honoris causa karena dapat hafal dan paham alquran di usianya yang 5 thn.

Dan kuncinya, dibuku itu disebutkan kalo sang ibu anak itu salahsatunya adalah selalu membacakan alquran semasa kehamilan dan menyusui si anak.

Waaahh…bunda jadi semangat lagi nihh…selain bersyukur dulu pas hamil azka selain dengerin musik klasik,bunda juga suka bacain alquran, kalo ga nyetel murattal alquran pas waktu bobo.

Sekarang bunda jadi ada hobi baru juga nihhh…kalo pas nenenin azka, yang biasanya nyanyinya lagu2 lullaby ato ga dzikir, skrg bunda tambahin dgn senandungin surat2 pendek ke azka…*hihi, dgn harapan kali aja azka merekam di memorinya dan pada saatnya nanti jadi mudah dalam menghapal surat2 pendek itu..amiennnn…*.

Sebenarnya juga sekalian niatan bunda untuk ngapalin surat2 pendek yang lain yg di juz amma secara seringnya yang bunda pake dlm sholat cuma yang berbau-bau “kul-kul…” alias kul-hu, kul-au,kul-ya *maklum yang singkat*. Hihiii ketauan dehhh…

Usaha jalan terus yaa bun!!!:). Bismillah….


ps: yang bikin azka tambah imut n keren dengan kaos & celana tigger-nya itu yang sponsorin rayga lho...hehhe..makasih yaaa ega n mama mutia..:)

cerbung: toilet training azka



“azka masih pake pampers yaa?”
“azka tiap harinya pake pampers terus yaa ndaa?”

"tuh bokongnya azka merah tuh…pasti gara2 kelamaan pake pampers ga diganti2…?

Wiiih..pertanyaan2 itu sering banget berseliweran di kuping bunda semenjak bunda pulang ke jogja. Dan jawab bunda Cuma “iya, masih…bundanya masih belum sangup..belum sanggup untuk tiap beberapa menit sekali ngajakin azka ke toilet, belum siap untuk gotong2 azka kalo malem pas bobo untuk di tatur pipis….”

“Belum siap untuk ngadepin kecelakaan2 kecil akibat tumpahan pipis yang berceceran dila ntai dan belum sempat di bersihkan,belum siap dgn tumpukan cucian yang bakalan menggunung akibat ompolan azka”…waaaaaa…..tidaaaaaakkkk!!!!

Intinya perasaan masih blm sanggup untuk menanggung resiko yang diakibatkan dari toilet training lebih dominan di benak bunda.

Toh pembelaan bunda gini pas jaman di singapur, ya wes lah gapapa duitnya buat beli pampers azka, toh azka dah ga beli susu formula*azka mpe skrg masih ASI dan ditambah sesekali fresh milk*, dah ngirit kan?!!.

Tapi bukan berarti selama di singapur bunda belum pernah nyoba men’toilet training azka, terbukti dgn udah nongkrongnya potty -alat buat latian toilet training buat anak, bentuknya seperti kursi yang ada lubangnya di tengahnya-di kamar mandi apartemen kami *hehe,malah waktu itu bunda udah beli alat itu pas azka belum ada 1tahun..maklum napsyuhh…!*.

Waktu itu azka malah make kalo buat mandi, azkanya duduk di potty itu. Tapi berkembangnya umur azka, dia sekarang kalo mandi berdiri, udah kek bocah!.Jadinya sukses deh si potty di”pensiunkan” di gudang daripada menuh2in kamar mandi yg sepetak doang itu.

Dulu pas awal2 noilet training azka,tepatnya pas azka usia 1 thnan lebih, bunda coba pas siang hari. Tapi belum berhasil, azka masih ngompol di lantai, dan waktu itu malah sempet terjadi kecelakaan kecil, azka terpeleset oleh ompolnya sendiri. Nah dari situ bunda jadi trauma, ah udah ah, belum saatnya kali, gitu pikir bunda.

Terus sempet nyoba lagi pas azka usia 14 bulan,saat azka dah mule belajar ngomong, bunda kasi tau azka kalo mo pipis di toilet yaa…ntar bilang bunda. Sempet berhasil, tapi kemudian kembali lagi ke bunda yang ga telaten “taturin” azka* udah teler duluan, maklum kecapekan kerja sendiri*.

Akhirnya..lagi2, pampers andalan bunda..jadinya seharian penuh deh azka pake pampers kayak bayi2 lain di sana.

Sampe akhirnya,pas tau bakalan liburan panjang di jogja,bunda niatin deh untuk me n’toilet training”kan azka, pikir bunda kan di jogja bakalan ada uti dan mba mini*asisten bunda* buat bantuin bunda.

Tapi kenyataannya, dah ampir sebulan liburan di jogja, rencana untuk mentoilet trainingkan azka belum berhasil. Sempet nyoba sekali, eh insiden kepleset karena ompolnya sendiri terjadi lagi…lagi2 bikin bunda kapok dan merasa belum siap.

“biarin deh..ntar kan kalo dah gede juga bisa pipis sendiri…ga bakalan kan dia pake pampers terus..”, cetus bunda dengan mulut manyun ke seisi rumah.

tapi kan harus diajarin, nda….”, jawan uti dgn sabarnya.
“belum sanggup ah ti..bangun malam, gotong2 azka ke kamar mandi…wiiww…ga kebayang deh..lawong skrg aja, azka kalo bangun malam buat nenen bunda bisa ampe 5 kalo lebih…cape dehhhhhhh….”, balas bunda lagi.

Walopun di bibir bunda ngomong gitu, di lubuk hati bunda terdalam, keinginan untuk melepaskan azka dari pampers itu kuat sekali. Kadang bunda juga kasian kalo liat azka “gembol” alias ngebawa pipisnya sendiri yang kadang dah mpe kepenuhan blm bunda ganti2.

Kadang juga timbul rush-kemerah2an- di bokong azka, yang mgkn disebabin ama gesekan tinjanya azka dengan kulit bokongnya yg masih sensitif itu *sigh…*.

Kalo dah gini, jadi merasa bersalah….

Belum lagi pas ngobrol ama temen2 kuliahan yang dah pada punya anak, mereka pada cerita kalo anaknya dah di toilet training sejak kecil, wahh…tambah deh, bunda jadi merasa suatu keharusan untuk memulai mencobanya ke azka. Apalagi, azka udah bisa ngomong dengan jelas “pipis….” dan “eek”.

Nah, dengan bermodalkan Bismillah…ga ada angin, ga ada ujan, per 1 juli kemaren, bunda mule men’toilet training”kan azka.

Gini nih kronologisnya:

Hari pertama, 1 Juli 2007

Dimule abis mandi pagi.
Bunda: “azka, nanti azka ga pake pampers yaa…nih bunda beliin “cancut”*istilah untuk celana dalam cowok* buat azka…lucu deh..ada gambar train nya di belakangnya..Apaan ka?”

Azka: “cacut….”.*sambil manyun2 ngomongnya*.
Bunda:”pinter…..! Yuk kita pake yukk……wihh, keren deh..seksi deh azka pake cancut..”. Coba mana cancut azka?”
Azka: “cacut….”*sambil nunjuk ke arah celana dalam mungilnya itu.
Bunda:”iyak…pinter anak bunda….”.Azka, nanti azka kalo mo pipis bilang bunda yaa…..”nda…pipis…”, gitu yaa azka..*sambil meragain megang ke arah bagian bawah tempat pipis*. Oke?
Azka:”oke……..”.

Selang 10 menit, bunda ngajakin azka ke kamar mandi.”yuk pipis yuk azka”, sambil nyalain keran air dan ngelepasin cancut azka.
“tir……tir…..sssssssssssst……..sssstt….”, gitu yang keluar dari mulut bunda niruin bunyi kalo kita pipis.

Tunggu punya tunggu, si pipis belum ngocor juga, tapi ga lama kemudian bunda ngeliat si “burung”nya azka menegang. “wah, ini tanda2 mo pipis nihh….”. “yuk pipis yuk azka….tir…tir…..”.

Ngocor deh tuh si pipis….”alhamdulillah….wah azka hebat yaaaaaaa…..azka dah bisa pipis di toilet, nanti lagi bilang bunda ya kalo mo pipis lagi..”.

Tiap 10 menit sekali bunda ajakin azka mau pipis apa enggak, kadang azka ngejawab dengan lantang,”no…!!!”.

Sempet juga kecolongan, azkanya pipis dulu baru bilang ke bunda kalo pipis. Ya gapapalah, toh ada si ceuceu-panggilan akrab sang asisten-yang sregep ngepelin bekas pipis azka di lantai.

Kalo pas BAB, azka belum mo bilang, Cuma bunda bisa baca ekspresinya yang menyepi dipinggiran sudut rumah sambil ngeden. Nah kalo bunda deketin ato siapa yang deketin gitu, azka pasti langsung dengan ngotot bilang, “go..go..go…..”, menyuruh kita pergi sambil tangannya mendorong kita yang berusaha mendekat.

Hihiiiii…lucu yaaa…nah hari pertama itu, bunda biarin deh dia “setor” di celana. Hehhe, mumpung ada yang nyuciin celananya*dasar bunda !*.

Latian hari pertama berakhir pas saat tidur siang, karena kuatir azka tidurnya bakal kebangun karena ngompol*hihii, alesan aja biar bunda juga bisa ikutan bobo dengan enak*, jadinya pampers bunda pasangin kembali.
Cukup deh buat hari pertama.

Hari kedua, 2 juli 2007.

Ampir sama dengan hari pertama, mule dari mandi pagi bunda pakein azka “cancut”, kali ini edisi “robot”. Ternyata trik memakaikan cancut dengan gambar2 cukup menarik minat azka.

Kali ini bunda perpanjang ajakin azka ke kamar mandinya tiap 1 jam sekali. Dan alhamdulillah berhasil. Kadang azka malah bilang sendiri, “nda….pipis”. Kalo dah gitu bunda langsung buru2 ngajakin azka ke toilet, dan pipis deh azkanya sambil bunda bilang” tir…ssssssssssshhhh……”.

Kadang juga, azka bilang pipis bebarengan dengan si pipis yang juga dah keluar, kalo dah gitu ya bunda bilang ke azka kalo gapapa pipisnya keluar duluan. Tapi ntar lagi pipisnya di kamar mandi yaaa….

Ada juga kejadian, azka bilang “nda,pipis….” Nah karena bunda ga segera gotong azka ke kamar mandi, jadinya si pipis dah ngocor bersamaan dengan bunda ngelucutin si cancut azka, hehehe…..Gapapa, itungannya dah sukses kok, nak!.

Nah tiba waktunya malam hari, dan menurut bunda bakalan berat nih karena kebiasaan azka untuk bangun minta nenen aja kalo bobo malem bisa ampe 5 kali, berarti bunda ketambahan tugas buat gotong azka pas lagi bobo mo pipis…huhhuuuu….ngebayangin aja bunda dah nyerah duluan…

Tapi, tekad bunda udah bulat..bismillah, semuanya pasti ada awalnya…

Malam itu azka bobo jam 8 malam, skitar jam 11 malam azka resah, hmm..naga2nya mo pipis nih anak..ya udah deh, bunda gotong deh azkanya ke kamar mandi.

Dengan mata yang masih terpejam, tapi sambil lirih azka bersuara, “nenen….”, azka lalu bunda nenenin sambil dipangku duduk di kloset. Celana azka bunda lepas trus bunda angkat kedua kakinya. Sambil membisik,” sssssss……tir………”, yang diikuti dengan menegangnya tit*t azka dan ngocor deh tuh pipisnya…..

“hoooooreeeeeeeeeeeeee….”, batin bunda bersorak bahagia.

Bahagianya..suksessss…

Lalu sekitar jam 2 pagi, azka usek-usek lagi, alias gerak2 terus. Hmm, pasti dia mo pipis lagi nihh…ya udah, bunda gotong deh azka ke kamar mandi. Dan alhamdulillah…berhasil lagi.

Jam 5 shubuh, azka bangun lagi, sambil bunda nenenin, azka abis itu bunda gotong lagi ke kamar mandi. Dan ternyata sukseeeeeesssssssss…..!

Jadi total azka bangun 3 kali untuk bunda ajakin pipis selama semaleman…hmm, setelah dipikir2 ga jauh2 beda ama kalo dia bangun untuk nenen bunda…*ya itung2 olahraga lah, angkat beban malem2 hihiii*.

Hari ketiga, 3 juli 2007

Seharian bener2 sukses azka bebas dari pampers…Tiap mo pipis, pasti bilang, “ndaaaaaaaa….pipis” sambil berjalan menuju toilet sendiri.

Senangnya, anakku ternyata dah bisa juga bilang kalo dia mo pipis. Hari ini juga azka bisa BAB di kamar mandi, tapi posisinya masih sambil berdiri, belum mau didudukin di kloset.

Wahhh, ternyata dalam waktu 3 hari toilet training azka sukses, ga nyangka bunda bisa secepat itu prosesnya. Ternyata benar, kalo anak kita sudah siap *ditunjukkan dgn sudah bisa ngomong pipis dan eek dengan jelas, dan sudah bisa ngerasain tanda2 kalo mo pipis*, dan faktor yang ga kalah penting adalah kesiapan sang ibu/pengasuh untuk konsisten mengajak si anak untuk pipis di kamar mandi, semua terasa mudah.

Dari kebiasaan itu, anak akan merekam di memorinya dan terbiasa dengan kebiasaan yang baru itu.

Hari keempat, kelima, dan keenam berjalan dengan sukses. Malam-malam bunda pun sudah mulai terbiasa dengan tambahan acara gotong azka ke kamar mandi. Kalo pagi ampe sore hari, bunda juga udah ga begitu cemas kalo jalan2 ga makein azka dengan pampers.

Tepat hari keenam, azka akhirnya bisa “pup” di kloset. Pas dia nunjukin tanda mo pup, bunda langsung gendong azka dan dudukin dia di kloset, sambil mijitin bagian tulang ekor azka, jadi deh azka bisa “plung…” dan bunda kasih tau kalo pup di kloset, biar bisa “ilang” pupnya abis disirem air.

Alhamdulillah….satu fase lagi telah dilalui..

Semoga sharing pengalaman toilet training ini bisa bermanfaat juga buat ibu2 yang lain yang sedang ingin membebaskan anak dari pampers..

Yang terpenting keyakinan kalo kita dan anak bisa melakukannya, dan juga kudu sabar dan telaten…jangan sampe ada paksaan…dan pujian untuk setiap keberhasilan yang anak kita lakukan, dan dukungan disaat anak belum bisa melakukannya, insyaALlah anak kita akan merasakan pengalaman toilet training ini sebagai sesuatu kegiatan yang menyenangkan.

Selamat mencoba yaa ....:)

cerbung: Lomba foto ibu dan anak

Iseng pas jalan2 ama azka ke toko baju anak2, ada spanduk gede ngiklanin lomba foto, ya udah yang tadinya ga ada niatan blas, jadi nyobain juga dehh....

Pikir bunda, biar sekalian poto keluarga buat kenang2an pas 1,5 thn azka. Jadinya poto deh bunda n azka.
Seminggu kemudian di umumin deh hasilnya...

Sayang, kita ga menang...hiks......
tapi ga papa deh, lumayan dapet hadiah susu kaleng,voucher les bhs bt anak, ama bonus2 lain kek free trial di tumble tots jogja...

Namanya juga buat nambah pengalaman, dan jadi nambah kenalan ibu2 peserta lomba yang lain.

Azka juga bunda ajakin poto sendiri lohh...hihii..lucu kan tampang azka...
azka hepi bgt tuh pas pemotretan, karena bisa naek motor...
wihh, bt pengalaman, ternyata ngajakin anak poto seumuran azka susahnya bukan maen, ga mo diatur dan gerak terus....
Utg ada juga yang jadiii...hehehe...

Cerbung: Riset abiazka; maen bola dan kidal

Riset abiazka

Walopun liburan, sebenarnya abiazka ga pure liburan. Kenapa? Karena abiazka dimasa liburan ini juga kudu nyicil ngerjain tesisnya. Ya semacam kek ngelakuin riset gitu. Jadinya kegiatan abiazka kadang selain nemenin bunda n azka jalan2, juga sesekali waktu nyempetin bagi waktu buat risetnya.

Bismillah yaa abiazka..mudahan semuanya dilancarkan oleh Allah, amien.....
----------
---------------

Maen bola dan kidal

Hobi baru azka semenjak di jogja ini adalah maen bola. Kebetulan kan di pekarangan belakang rumah halamannya luas, ada lapangan rumput yang bisa dibuat maenan bola ama azka dan abi. Biasanya kalo hari dah sore, azka abi, kadang juga mbah amien*kalo pas ada di jogja* pasti dah nongkrong di pekarangan belakang rumah.

Ya maen bola itu…waah, azka senang banget. Tendangan kaki azka juga ga kalah hebatnya dengan abinya. Cuma, bunda perhatiin, azka yang dominan nendangnya pake kaki kiri. Awalnya bunda sempet kawatir, kok azka nendangnya pake kiri yaa?

Karena dulu bunda pernah denger, kalo mo tau anak itu kidal ato ga liat aja saat dia menendang bola. Kalo seringnya pake kiri terus, berarti dia kidal…

Hiks…sempet prihatin juga…jangan-jangan azka….? Hmm, tapi kemudian bundazka tepiskan pikiran itu. Ya kalo kenyataaanya memang azka lebih kuat dengan menggunakan tangan ato kaki kirinya, lalu kenapa? Semua tangan dan kaki sama2 baiknya. Tapi tetap sih sekarang bunda arahkan kalo makan menggunakan tangan kanan dan azka juga bisa.

Bunda tapi pernah juga dengar, anak2 usia 1-2 tahunan, motorik yang bekerja dominan adalah bagian kirinya dulu..nanti setelah itu baru kanannya.
Belum coba bunda telusuri lebih lanjut sih tentang ini, kalo ada yg tau kasih tau bundazka yaaa…..thx sebelumnya
..
------------bersambung----------------

cerbung: BUnda, pijetan, dan daki

Bunda, pijet dan daki

Alhamdulillah..luluran, pijetan, wisata kuliner, bebas tugas, itu yang bersileweran di benak bunda. Hahaha, maklum, selama 6 bulan terakhir, badan dah kek mesin kincir angin aja.

Kerja 24 jam ga berenti2, mule dari jadi tukang masak, tukang cuci, ngurus anak, ngurus suami, yang jelas jadi ga sempet ngurus “diri sendiri” *terbukti dengan luluran pertama yang dihujani komentar ama tukang lulur langganan bunda yang biasa ngelulur bunda di rumah…*

“iya ya dokter….” *gitu si tukang lulur biasa manggil bunda*
“nih lulurnya jadi item banget, padahal kan tadi dokter liat sendiri warnanya putih…”, gubrak! Emang nih tukang lulur bunda agak blak2an kalo ngomong.

“ya maklum lah bu…mana sempat disana bersihin daki, bisa mandi aja dah sukur..kalo mujur, bisa sampoan aja dah hebat…”, jawab bunda*hiks, jorok bener….jadi malu….*.
“abisnya, mandinya ditungguin ma azka..kalo kelamaan dikit, bundanya dah dikasi ultimatum dengan teriakan2 “merdu”nya azka nuntut bunda udahan…”, bela bunda.

“yo wes pokoke selama aku disini aku dilulur terus yaa bu”, pinta bunda.
“beres dokter..”.

Terang aja beres, dia mah seneng2 aja orderan jadi lancar hehehe…bunda nih malah justru kalo dipikir2 yg rugi, bukan rugi ongkos sihh, tapi lebih ke rugi berat badan bunda semakin berkurang karena daki bunda pada “dipangkas” ama si bu lulur..hhiihiii bisa aja sih bun!.

Tapi, ngomong2 berat badan, dalam waktu ga lebih dari 2 minggu di jogja, bunda udah naek 3 kg. Dan kenaikan berat badan bunda di”amini” oleh seluruh keluarga.

Dukungan utiakung azka dalam hal ini adalah mengantarkan masakan2 kegemaran bunda jaman dulu tiap harinya..pokoknya bundazka sisa makan aja deh..

Ga jauh beda juga kiriman dari rumah mbah amien dan eyangkusnya azka..adaaa aja tiap hari kiriman makanan dari blio. Walhasil kerjaan bunda , abi n azka ya cuma makan, makan, dan makan….hihihihii.

Namanya juga liburan...
---------------bersambung ------------

cerbung: Mudik...mudik...mudik....

Mule dari tanggal 5 juni 2007 bundazka sekeluarga mudik ke indonesia. Mudik kali ini spesial karena waktunya yang lama banget *2 bulan!* ga tanggung-tanggung. Terakhir pulang ke jogja 6 bulan lalu, tepatnya akhir desember saat azka 1 tahunan.

Sekarang perkembangan azka alhamdulillah udah pesat, pertumbuhan badannya juga yg bongsor, lebih menyerupai bocah 2 tahunan keatas ketimbang bayi 1,5 thn.

Kalo saja cuma ngeliat azka dari penampakan fisiknya, pasti deh semua orang ngiranya si bocah dah 2-3 thnn, cumaaaaaa…kalo dah tau kalo azka still learning to talk, still nenen bundanya..ketauan dehhh kalo si bocah lucu itu masih bayiiii…hahaha…

Mule dari mana yaa cerita mudik ini..hmm, soalnya rapelan nihh*silahkan siapin camilan buat temen baca2 yaaa…..*.

Kopdaran blogger heboh di jakarta

Acara kopdaran ini termasuk agenda kegiatan yang bundazka nanti2kan..sejak ampir setaun nyemplung di dunia perblogan, ga kerasa bundazka jadi punya temen banyak banget, mule dari sabang mpe merauke, beda benua mpe yang senasib seperjuangan di pulau singapura sendiri.

Nah ceritanya nih, karena bundazka koar-koar kalo bakalan mudik, jadi deh temen2 bloggers cabang jakarta*ciee….kyk buka waralaba aja sihhh….* pada inisiatip utk ngajakin kopdar.

Bener juga sih, daripada janjian ama satu-satu orang kan abisin waktu*jakarta gitu loh, macet dimana2* terputuskanlah*busyet dah bahasanya* kalo di kebon binatang ragunan lokasi kopdarannya…

Seruuuuuuuuu abis, itu kesan bundazka abis kopdaran. Dengan dihadirin ama kurleb 25 ibu2 dan keluarganya masing*pyufff, walopun dimulai dgn acara cari2an yg cukup nyusahin…hehehe* akhirnya jadi juga deh kita kopdaran…

Bahagia, senang, riang, bisa ketemuan ama ibu2 bloggers yang biasanya cuma bundazka apelin via inet.

Sempet pangling ama beberapa ibu2 yang agak lain penampakannya ama di blog masing2, tapi kesimpulannya, semuanya pada lebih cantik2 dan seger2 aslinya…..*seger, es jus kaliii….*.

Yang jelas kopdaran ini bener2 berkesan. Pulang dari kopdaran, bawaannya hepi, nambah teman, nambah sodara.

Oya makasih juga buat temen2 bloggers yang udah nyelipin ke bundazka oleh2 buat azka…makacih yaa kak rayga, kak aldien, n mas falelJ, azka suka deh pemberiannya.
“lumayaaaaaaann, bisa ngirit ga usah beli baju lagii..”,ujar bundazka sambil senyum2.

Yang jelas bundazka makasih banget buat temen2 semua yang dah pada ramein acara kopdaran, juga buat yang tadinya niatan ikut ngeramein, tapi krn ada halangan jadi ga bs hadir…*kapan2 kita kopdaran lagii yaaa….*.

Kelar kopdaran, legaaaaaa…

Agenda selanjutnya adalah ke JOGJAAAAAAAAAAAA…my home town!cihuyyyyy….
------------------------

Yogyakarta,12 juni 2007

Perjalanan 50 menit dari jakarta ke jogja terasa sangat lama, karena rasa kangen akan kampung halaman, orangtua, sodara2, benar2 bergemuruh di hati bunda. Alhamdulillah, di pesawat azka tertidur dengan pulasnya* ga dikasi obat tidur lo ama bunda, emang pas jamnya azka bobo…*.

Turun dari pesawat, nampak utiazka dan akung azka ditempat penjemputan. Terlihat jelas di raut wajah blio berdua kebahagian dan haru yang sangat melihat langkah anak bungsunya mendekat sambil menggendong cucu pertama mereka.

Langsung ketika bundazka mendekat, pelukan bertubi2 diarahkan ke bunda oleh akung dan uti, dilanjutin ciuman hangat untuk cucu kesayangan blio berdua. Dengan senyum yang bersahaja sambil menatap wajah azka yang saat itu masih terlelap, ga sabar akung dan uti seakan ingin membangunkan azka dari tidurnya…

“cucu…., uti kangen….”, seloroh utiazka di telinga azka.
“cucu……nanti uti gendong yaa…….”, terdengar lagi ucapan utiazka di telinga azka.

Subhanallah…..benar2 saat yang menbahagiakan…bisa melihat raut wajah bahagia uti dan akung azka…seakan menghapus semua keluh kesah bunda selama hidup di perantauan…cieee…kek apaan ajah..:).

-------------------------------------

Rumah kami

Dari bandara kami langsung menuju rumah kami, rumah yang selama kami tinggal di singapura dibiarkan kosong hanya ditunggui oleh mba mini, pembantu rumah bunda yang sudah seperti saudara sendiri.

Rumah bunda ini letaknya hanya beda satu blok dengan rumah mbah amien nya azka. Sedangkan dari rumah kami ke rumah uti dan akung azka kira2 10 menitan lah..

Sesampainya di rumah, mbah amien dan eyangkus sudah siap menyambut kedatangan kami, diikuti juga dgn beberapa kerabat lainnya.

Home sweet home………..,itu yang bundazka rasakan….

Ga salah lagi, tokoh utama kali ini adalah siapa lagi kalo bukan AZKA…azka benar2 menjadi pusat perhatian seluruh keluarga.

Seakan tahu sedang dijadikan pusat perhatian, azka justru bukan dengan reaksi yang merasa aneh ato bahkan takut melihat tiba2 banyak orang di sekelilingnya, azka malah unjuk kebolehan..!!

Mule dari joget “the wheel on the bus”nya, mamerin kepinterannya, ampe tereak2 histeris saking gembiranya.

Seketika itu juga, rumah yang biasanya lengang dan senyap itu terpecahkan oleh suara tawa dan canda seluruh keluarga.

--------------bersambung------------


blm apdet

haloo teman2, hiks...susahnya mo apdet...kepengennya sih biar liburan,tetep bisa apdet, tapi apadaya, nikmatnya dunia nyata *kalo menurut bunda sih lebih tepatnya dunia mimpi karena dunia nyata bunda yaa ntar kalo balik ke singapur lagiiii....* benar2 menggoda iman hehehe...

gimana enggak, tawaran bisa enak2 di salon depan rumah punya adek bundazka, tawaran wisata kuliner keliling jogja, reunian ama temen2 skolah dulu, dan nghinget2 tempat bersejarah kenangan ama abiazka semasa pacaran dulu.....wihhh...bikin bunda susah bagi waktu utk mantengin laptop,hihii...

tapi insyaallah...cerita liburan panjang bundazka sekeluarga akan tayang selengkap2nya *hehehe,ga kebayang ada berapa episode nihh....,mule dari azka tmbh pinter ngomong, azka dah ikutan plegrup, azka ikutan lomba foto, ampe ada surprise menang undian motor segala....!*.

Dijamin berkesan nih liburan bundazka kali inii....

so, tmn2 sabar yaaa..........
miss u all....