[Dibalik] kehamilan Adeazka....

Awal Ramadhan kemaren, benar-benar berkah Allah menghampiri keluarga AbibundAzka.

Gimana engga, baru mau memulai bulan yg suci, ternyata bunda ketauan positif hamil. Padahal disaat bunda yang asli super sibuk dengan butikbundAzka, dan abi juga yang lagi sibuk ama ngajar dan tulisan2nya.

Sempet dapet firasat dari Azka beberapa hari sebelumnya, pas kita lg di mobil bertiga, tiba2 dia nangis terisak sambil bilang" aku mau adekkkkk.....", dengan ekspresi pengharapan yang sangat.

Hmm...abi dan bunda jadi saling berpandangan saat itu dan kemudian kami jawab,"sabar ya Azka, Azka berdoa yaa sama Allah minta adek", yang diikutin tangan Azka keatas sambil berdoa,"Ya Alloh,aku minta adek ya Alloh..".:)

Karena emang jadwal menstruasi bunda yang selalu terlambat, keterlambatan haid kali ini ga gitu bunda
hirauin, mikirnya, "ah,paling2 juga kek biasanya..telat..!", jadi deh bunda yg sering telat makan karena keasikan di butikbundazka, yang walo keliatannya cuma di rumah aja, tapi bow..aktifitasnya kdg ngelebihin orang kantoran..hihihii..

Kebayang kan, kalo ibu2 kantoran, di tempat kerjaan, yaa deal with kerjaannya..paling yaa sering ngecek telpon kerumah nanyain kabar anak2,naahh.. being work-at-home mom, ternyata susah jg..lagi khusyuk2nya di depan laptop,tiba2 diajak Azka untuk nemenin main, lagi asik2nya maketin barang2*walo udah dibantu jg sih*, di demo Azka suruh bacain buku,belum lagi nyiapin masakan dll....wiihhh..

Walhasil, kadang, ngelembur mpe pagi juga bunda bela2in, kadang,harapan para pelanggan butikbundazka
yang pengen segera tayang koleksi baru, memompa semangat bunda untuk bisa melayani keinginan mereka.


Karena terus terang bunda jg ngelakuinnya dengan senang,jadi kek ga kerasa capek nii badan. Sering jg, abiazka dan keluarga bunda sperti utiakung, mbah amien dan eyangkus, ngingetin bunda, kalo bunda jgn sampe kecapekan, dan telat2 makan saking keasikan di butik*hihi, maklum lah,baru buka usaha, alhamdulillah responnya menggembirakan*.

Kata mereka, jgn sampe sakit nantinya.
Memang sih,baru sebulan aja butikbundazka di buka, alhamdulillah, pesanan hampir tiap hari minim 15 potong baju terjual, mana yang beli dari seluruh indonesia lagi,mule dari aceh ,papua, sulawesi, batam,kalimantan, jakarta,surabaya, wah alhamdulillah merata deh.

Sampe kota2 kecil jg di luar jawa alhamdulillah dtg pesanan *bener2 yaa kekuatan internet, ga perlu
buka toko beneran aja bisa transaksi*.

Belum lagi pesanan dari luar negeri,jepang,malaysia, terutama negeri tetangga alias singapura, tempat dimana
bunda pernah 2 thn merantau disana, alhamdulillahh banget.

Naaaaahh,saat nyadar bunda kok udah telat 10 hari, bunda akhrnya memutuskan cek ke dokter kandungan langganan bunda. Pas di USG abdominal alias lewat perut, kata dokternya, tidak ada tanda2 kehamilan*waahhh..kuciwa dehh..*.

Akhirnya yaa udah, kita skalian konsul utk program bikin adeazka ke dokternya itu.Ama sang dokter dikasi obat penyubur, dan bunda disuruh datang lagi pas bunda menstruasi yang kata dokternya diprediksi ga nyampe seminggu lagi pasti udah mens.

Ga tau kenapa, perasaan bunda tuh bilang kalo bunda ga usah aja minum obat dari dokter itu. Bunda masih pgn nunggu dulu.

Sampe 3 hari stlh itu, krn belum mens jg, abiazka bunda minta tolong
ke apotek beliin testpack, ga tanggung2 suruh beli 2. Paginya, pas Awal mo sahur, bunda pgn ngetest, Allahuakbar, takjub aja liat tuh testpack ada garis merah 2, yang biasanya, bulan-bulan sblmnya selalu aja ga pernah nongol tuh garis merah satunya.


Mata bunda yg saat itu masih ngantuk, sampe bunda paksain mlotot, ngeyakinin aja beneran ga nih ada garis 2. Ternyata bener ya Allah, langsung deh bunda samperin abi yg saat itu lg di meja kerjanya.

Subhanallah,abi jg takjub, langsung deh, kita bareng2 sujud syukur. Karena bnr2, diluar dugaan kita ternyata malah hamil.

Besoknya langsung kontrol dr Hasto, SpOG,malah kaget dia pas tau bunda datang karena hamil bukan malah mens.

Di USG, tnyt ada kantong kehamilan yg masih kecil sekali ukuran diameter 0,5 cm, diperkirakan
usia kehamilan 5-6 minggu, trus dikasi deh obat penguat janin premaston dan folic acid 1x1 selama 1 bulan.

Naaaaaah, selama hamil,bunda delalahnya batuk berdahak yang lumayan parah, tapi bunda ga minum obat,cuma
minum vitamin aja.

Asli, sempet kawatir juga, krn pernah punya temen, katanya dia keguguran cuma karena
dia batuk terus menerus :(.

Setelah tau hamil, bunda mulai jaga kehamilan bunda,kondisi bunda bisa dikatakan baik,ga muntah sama sekali, cuma sesekali aja mual,minum susu prenagen jg rajin, langsung semenjak hamil,supply makan dari Utiazka dan eyangkus terus berdatangan, jadi bunda ga usah repot-repot masak lagi.


Sempet seneng bgt, krn kehamilan kedua ini terasa mudah, ga kek waktu azka dulu, bunda benar-benar yang hiperemesis alias mual muntah berat sampe akhir trimester pertama.

Di usia kehamilan bunda 9-10 mg,Karena saat itu dah mo dekat lebaran, bunda kan beberes rumah,angkat-angkat kasur buat ganti sprei yg notabene tuh kasur berat banget, nah sorenya ketauan kalo bunda keluar dikit flek darah merah muda.

Paniiiiiiiik, asliii super panik.


Teriak manggil abi dan ngasi tau kalo bunda keluar flek sambil agak bercucur nih airmata.
Langsung bunda mutusin utk bedrest.


Alhamdulillah udah ga keluar lg, tapi krn cemas, malamnya bunda lgsg ke rumah sakit terdekat di JOgja international Hospital *ga ke dokter langganan,krn dia penuh bgt antriannya*, dan langsung di USG, kata dokter kandungannya hasil USG, ga tampak janinnya.

CUma ada kantong kehamilan aja, yang katanya kalo liat gini disesuaikan dgn usia kehamilannya, bunda di diagnosa Blighted Ovum (kehamilan kosong).

MasyaAllah.......lemes bunda, tapi saat itu bunda ditemani abi dan azka berusaha utk tabah.Mana tuh dokter asli ga punya simpati sama sekali, masa dgn santainya dia bilang" ibu, ini blighted ovum, janinnya ga ada, ya udah dikuret aja, kapan ibu mau kuret terserah aja....", tanpa ada empati sama sekali.

Sambil hela napas, bunda saat itu kuat bgt hadapinnya, abi jg, tapi bunda jg langsung nelpon ke dokter kandungan langganan bunda, dan dia bilang kalo besok pagi-pagi disuruh datang ke kliniknya ,dan bunda disuruh istirahat aja malam itu.

Kebayang kan sodara-sodara sekalian.......mendengar vonis kalo khamilan kita ternyata ga ada janinnya!
.

Saat itu, mbah amien, eyangkus, utiakung yg kemudian dikabarkan, menenangkan bunda, dan bilang bunda
jgn terlalu cemas.

Paginya, bunda diperiksa via USG TRansvaginal, jadi lewat*maaf* vagina,dan alhamdulillaaaaaaah,ternyata terdapat calon janin (fetal pull) di dalam kantong janinnya.

Tapi memang, melihat ukurannya,
lebih kecil dari ukuran janin seharusnya.saat itu ukuran janinnya 0,4 cm dan kantong janin diameter 2,8 cm.

Menurut dr Hasto, kalo melihat perkembangan dari bunda kontrol pertama,itu termasuk pesat perkembangannya.

Jadii, disuruh tunggu sampai 2 minggu lagi, sambil diberi penguat janin yg ditingkatin jadi 2x sehari dan tetap
konsumsi folic acid,juga dikasi antibiotik yg katanya aman utk ibu hamil amoksisilin 500 mg 20 tablet 3x1 untuk anti infeksi karena kemaren sempet keluar flek biar ga terjadi keputihan yg ktnya dapat menghambat kehamilan.

Sejak itu, bunda langsung deh hijrah ke rumah uti, krn saat itu pembantu bunda udah mudik, smpt keluar flek lagi,bunda putuskan utk bed rest total.

Semuanya bunda dilayanin sama abi, uti dan seisi rumah.
Jadi rasanya kayak orang engga sakit tapi ga boleh ngapa2in.

Selama 2 minggu itu, hari2 bunda diisi dgn baca alQuran di tempat tidur, baca buku, sambil sesekali maen
ama azka di tmpt tidur dan bacain dia buku cerita sblm dia bobo.

Subhanallah..selama kehamilan bunda,
Azka jadi mandiri dan dewasaaaaaaaa bgt. Dia alhamdulillah ngerti bgt, dikasi tau kalo di perut bunda ada adeazka,jadi azka ga bole gendong bunda lg, kalo mo gendong ama abi ato uti.

Saat bunda bed rest pun, dia selalu nyiumin perut bunda dan ajak ngomong adeknya di dlm perut,"dek,besok kalo udah keluar, maen ama azka yokk..." "dek, itu baju azka yg udah kecil buat adek yaa....", "dek, sepatu adek udah azka siapin tuhh." sambil nunjukin rak2 sepatunya azka yg udah kekecilan.

Dan Subhanallah..ga henti2nya Azka jg ikut doain adeazka tiap sholatnya*alhmdlh, slm bulan ramadhan, azka rajin bgt sholatnya*, doanya gini"ya Alloh..sembuhkan bunda dan adekku ya Alloh..Amienn.."sambil mengusapkan kedua tangannya ke wajahnya.

Lebaran tiba, alhamdulillah, abiazka dipercaya utk jadi imam dan khotib di T
aman Kuliner dekat rumah kami.

BUnda saat itu
ga ikut, tapi kata semua sodara yg turut menyaksikan, alhamdulilah abiazka bisa memimpin sholat iedul fitri dan memberi khotbah dgn bagus dan lancar*hihi, bunda deg2an euy, secara baru pertama abi didaulat suruh ajdi imam sholat ied*.

BUnda sempetin sungkeman kerumah eyangkus dan mbah amien, tapi cuma bntr kemudian istirahat lg. Beberapa hari kemudian, utiazka smpt sakit demam batpil, otomatis dong, bunda yg saat itu merasa sehat2 aja*alhamdulillah flek jg udah ga kluar2 lg*, gantian bantuin ngerawat uti, ampe kerajinan, bunda ikutan masak sgala.

Walhasil besoknya, tnyt
keluar flek lagi. Tibalah saat itu, tgl 11 oktober, keluar deh(maaf) darah segar banyak, seperti layaknya menstruasi, langsung bunda bed rest.

Trus berhenti lagi...ALlahuakbar, benar2 bunda dan keluarga
sedang di uji Allah,dan saat itu pulalah bunda udah mulai menata hati utk kemungkinan terburuk.

Besoknya, kontrol ke dokter, dan di USG, memang terdapat gambaran kantong kehamilan yg tidak disertai
perkembangan embrionya yg seharusnya sudah berusia kurleb 12 mg.

Jadi menurut penjelasan dokter,ibaratnya sebuah pohon mangga, skrg ini bunda telah terjadi pembuahan, dan dlm perjalanannya, bunga mangga itu bisa berkembang menjadi buah dan sampai matang, tapi banyak juga yang kemudian terhenti perkembangannya, dan kemudian tidak berkembang dan akhirnya gugur sendiri.

Dan itu merupakan seleksi alam. Jadi, sudah kodratnya yang tidak layak tampil,tidak tampil.

Begitu juga dengan kehamilan, bila misal ada 100 ibu hamil yang sama-sama memeriksakan urin dan hasilnya positif semua,dalam perjalanannya, yang bisa take-home baby*membawa pulang bayinya dengan selamat sampai ke rumah* hanya sekitar 70%, sisanya bisa gugur pada trimester awal, bisa juga saat sudah berkembang besar dalam perut ibu, atau terdapat komplikasi lainnya.

Nah kondisi kehamilan bunda seperti itu,janinnya tidak berkembang sesuai dgn usianya.Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi salah satu sel sperma atau sel ovum yang tidak bagus.

Secara teori, kehamilan yang sudah lebih
dari 8 minggu sebaiknya di kuret, untuk terjaminnya kebersihan rahim.

Allahuakbar
..mendengar harus dikuret itu yaNg bikin bunda malah deg-degan, karena terusterang, bunda sering dengar dari orang-orang kalo
dikuret itu sakit banget, sakitnya malah melebihi melahirkan..


Tapi kemudian dokternya bilang, kalo bakalan ga sakit, karena di bius total,dan pengerjaannya hanya memakan waktu maksimal 20 menit. waaaaaaks...di bius total...???

Apalagi nihhhhh...itu yg ada di benak bunda..langsung deh kebayang berita-berita orang yang alergi terhadap bius total,
ada yg abis di bius total ga bangun2,...masyaAllahhhhhhh....
bundaaaa takuuuuuttttttt..!!!


Bunda berusaha untuk tegar dan ikhlas menghadapi ujian dari Allah ini,ini pasti yg terbaik menurut Allah.

Malah, pikir bunda, biar segera keluar tuh mensnya, Siangnya malah bunda jalan2 ke mol ama abi dan azka,ngebakso, ke toko buku, wah rasanya kek bebas dari yg selama ini bed rest sekarang jalan2 puas.

Bener deh, malamnya keluar deh tuhh sperti mens, mules2 juga, bunda yang memang biasanya mensnya sll sakit,
jadi ga terlalu kaget dengan rasa sakit hebat itu, bunda cuma bs dzikir dan terus menerus nyebut nama Allah.

Ternyata pas lagi mules2nya itu, keluarlah(maaf) gumpalan2 darah kehitaman dgn ukuran yg agak besar,bunda masih aja tuh berdoa ada keajaiban, berharap mudah2an rahim bunda udah bisa bersih dgn keluarnya gumpalan2 itu dan bunda jadinya ga jadi di kuret*tetep takut euy di kuret*.

Tapi kemudian bunda telpon2an ama tmn2 bunda yg pnh riwayat di kuret dgn bius total, dan mrk bnr2 ngeyakinin, kalo bnr2 ga sakit,
dan tiba-tiba udah aja..cuma memang, di infus dulu, kemudian di bius total via infusnya.

Cuma memang ga bohong kata mereka,
suasana ruang tindakan bisa bikin jantung loncat2 didalam:).

TRus nelpon jg ama tmn lama yg punya riwayat kuret, dia tapi kuretnya ga pake bius total, wiiihh..katanya sakittt bgt, ngelebihin
melahirkan.

Maaf, katanya rasanya seperti disogok2 pake garpu..astagfirullahhh...Bersyukur jg bunda bakalan pake bius total.
Dan bunda jg baca2 di buku n internet, kalo kuret adalah jln tebaik utk terjaminnya kebersihan rahim.


Ya Udah, mantep deh, bismillah bunda tentuin harinya ama dokternya, krn cepet ato lambat toh bunda
jg kudu dikuret.pasrah aja!

Jujur, nunggu hari mo di eksekusi eh di kuret, deg2an bgt, abiazka jg tuh, walo berusaha utk tidak mnampakan kestresannya,bunda tau abi jg ikut prihatin.

Alhamdulillahnya, pas mo dikuret, bunda dlm kondisi yg sht, dah ga mules sama sekali, bener2 kek org normal aja dtg ke RS, ditemenin ama abi, bunda di tes dl darahnya, trus di infus, sama sebelumnya bunda rikues ke dokternya utk di USG transvaginal lagi, *berharap kali aja ada keajaiban, di USG ternyta rahim dah bersih ga perlu di kuret..* maunya!!!!,

ternyata hasil USG, kantong kehamilan udah pecah, dan keluar, dan kata dokter,"baik, jadi sisa ktia keluarkan ari2nya..", Gubrak....tetep aja yaa dok kudu dikuret berarti...sambil lemes deh bunda:).

BIsmillah,...masuk ke ruang tindakan, bunda ga bgitu panik, dah ihklas, lagipula ruangan tindakan itu familiar bagi bunda, karena dulu ngelahirin azka jg disitu dng dokter yg sama yg sangat baik hati.

Udah deh, saat dokter anestesinya ngajakin "berdoa yaa bu", langsung deh bunda berdoa menyebut asma Allah, dan bunda jg berdoa semoga bisa liat Azka, abi,dan keluarga terkasih bunda lainnya..*hiks, terus terang, masih takut juga cerita-cerita efek dari bius total!*.

Subhanallah, ternyata, belum kelar bunda berdoa, ga berasa, bunda langsung tertidur, dan seperti baru beberapa menit saja, bunda dibangunin deh ama susternya.."bu, udah selesai...". "haaaaaah, udah yaaa suster? Kok ga ada rasa apa2?".

Langsung sayup2 bunda denger suara azka dari luar ruang tindakan..."Alhamdulillah ya Allah..., aku bisa denger suara anakku lagiii...", dan
semuanya telah berlalu..., gumam bunda.

Disuruh menunggu sampai kesadaran bunda benar2 kembali, tapiunda yg saat itu alhamdulillah samasekali ga ngerasain pusing ato mual,
minta suster untuk di antar keluar nemuin Azka dan Abi...

Alhamdulilaaaaaaaaaaaahhhh..bunda bisa liat Azka, abi, utiakung disana...Eyangkus jg ikut nengokin bunda.

Terus kata dokternya, bunda sebaiknya nunggu 3 bulan lagi untuk merencanakan kehamilan. "Waaahh..3 bulan ya dok?", ujar bunda.
"Iyaa...tapii..kalo berhubungannnya boleh kok setelah 2 minggu...", balas dokternya cepat.

Wekekek....ada yang lega banget dengan jawaban dokternya ...!!::))

Yaaa..begitulahhhhhhhhh bloggers....Semua ini pasti ada hikmahnyaaaa...
Yang jelas, karena bunda kangeeeeenn bgt ga gendong Azka, bunda langsung gendong Azka bentar, diikuti kekagetan Azka dan bertanya,"
BUndaaaa..,bunda udah ga ada lagi adeknya yaaa....kok aku digendong?"!.

Subhanallah.....ternyata Azka benar2 paham yaa kalo dia mo punya adek, dan dia terpaksa "puasa" gendong.

Lucunya lagiii..dengan polosnya, saat bermain didepan rumah dgn teman2nya, Azka nyeletuk gini,
"Aku ga jadi punya adek....bundaku udah gendong aku lagiii...."!*gubrak...*,jadi tau deh seisi kampung...!!!:).

Yaa bismillah..mudahan Allah beri pengganti yang lebih baik, Amienn...... Mohon doanya yaa bloggers.......

Yang telah berlalu......

Mo dapet anugerah adek buat Azka, ternyata Allah punya rencana lain...
Ya sudah, diambil hikmahnyaaa saja, Allah Maha Tau Yang Terbaik..
Semoga nantinya diberi kepercayaan lagi oleh Allah SWT disaat yang terbaik..

Azka....ayuuk, boleh kok sesekali bunda gendong lagiiiiii...kan adeknya udah iwang*ilang, versi Azka*...:)

to be continued, bloggers.........

Salam,
Bundazka.

"Sekarang mampir yuuuuukk ke BUtikbundAzka, ada yang baruuuu lho....*hehehe*"

Azka, Abi dan Bunda

Assalamualaikum bloggers.......
Waaahh rumah maya bunda berdebu banget nihh.."maaf yaaa rumahku, tempat curhat bunda...jadi ga keurus ama bunda nih semenjak liburan idul fitri.."

Maklum bunda harus hijrah ke rumah Utiazka( ibu bunda) udah 3 mingguan ini, tapi alhamdulillah..sekarang bunda udah balik lagi ke rumah sendiri dan insyAlLah siap beraktivitas lagi..

Buat sobatz yang sering bulak-balik ke BUtik bundAzka buat nengokin koleksi batik terbaru, juga mohon maaf yaaa...jadi belum apdet koleksi baru nih pasca lebaran..

Seperti poto yang ada, alhamdulillah, keinginan Azka untuk punya drum terkabul juga, dan Alhamdulillah jg, Azka bisa maenin drum nya diajarin ama abiazka.

Masih di bulan syawal, abi bunda dan Azka mo ngucapin maaf lahir dan bathin yaaaa sobatz...
Semoga berkah Allah selalu tercurah untuk kita semua...

Segini dulu deh kabar dari bunda, masih mo nerusin beberes rumah dan lagi sibuk kursusin pembantu baru nihhh..jadi kudu banyak2 sabar..heehhehehe...

Miss U All.....