Azka udah bisa ngomong...

Alhamdulillah, semakin banyak celotehan azka..mulai dari "ada..da..da...", "mam..mam....", kalo mo minta mik bunda bilang..."ngeng..ngeng..." sambil narikin baju bunda..
Nah yang terbaru, azka udah bisa ngomong namanya sendiri tiap kali abi dan bunda manggilin dia...misal bun manggil.."Azka....."
dijawab azka..."Aka.....aka....."
"kak... kak..."
gitu celotehnya azka.

wiihh bun seneng banget deh, hepi bin cepi *ih,apaan coba?!* denger anak dah mulai belajar ngomong.


Nah, barusan bun ngrekam azka pas lagi teriak2 di pinggir jendela kamar belajar abi *naah, yang ini juga hobi baru azka,jadi... azkanya dipegangin abi, sambil bergelantungan ama teralis jendela,sambil ngeliat ke arah luar yang penampakannya flat2nya org2 lain, teriak dehh*...nah serunya kalo teriak,suaranya jadi bergema gitu..mangkanya, mungkin azkanya suka n keasikan jadinya..

Yuuk nonton kayak apa sih azka kalo ngomong namanya sendiri...upsss, tapi maap ya om tante, eyang,n temen2nya azka..nontonnya kudu miringin kepala kekiri atawa laptopnya aja diangkat ke kanan*bukan bermaksud ngerjain niihh*...hihii, soalnya bundazka pas ngrekam posisinya vertikal, kirain bakalan bisa diedit..eh tnyt ga bisa..*hmm,apa bun yg ga bisa ya?* auk ahh...tapi ga ngurangin kenikmatan menonton kok...*katabunda.com*..taraaaa......





Kalo Azka Lagi Joget........

Sebenarnya kebiasaan Azka yang satu ini udah agak lama,cuma bun baru nyadar karena ternyata Azka cuma melakukannya dengan lagu tertentu...apa sih kebiasaaan Azka itu...? itu lo..Azka tuh, tiap kali dengerin dvd lagu "ABC Song"-nya distelin, pasti..ga mungkin enggak,...langsung spontan ngangkatin kedua tangannya keatas, n gerakin keatas kebawah kayak si om Addi Ms lagi mimpin orkestranya gitu..semangat banget,....tau ndiri kan lagu ABC song kan ritmenya cepet..coba deh pada nyanyiin sebentar..
" A,B,C,D E,F,G....
H,I,J,K,L,M,O,P....
Q,R,S,T,U,V...
W,X,Y,Z..."
Tuuhh kan...naaah, mana Azka tuh yang heroik banget naikin dan nurunin kedua tangannya...hihiii,lucu dehh..mo ngeliat kayak apa sih heroiknya Azka kalo lagi dengerin "ABC Song"nya? yuuukk kita intip bareng disini ...dijamin ketawa deehhhh:) Mana pas Bun rekam, Azka malah ngeliat ke kamera sambil gaya gitu, serasa lagi diatas panggung pertunjukan..hihihii, Azka..Azka....tiap hari ada aja kreatifitasmu,Nak...:)


ps: ati2 ya, tahan badan anda untuk tidak ikut bergoyang bersama azka:)

gimana..?yahud kan goyangannya azka....kasi rating duungggg.....:)

Akhirnya....azka makan garam..

Akhirnya, setelah ampir 11 bulan Azka makannya tanpa tambahan garam dan gula, mulai 2 hari yang lalu, azka mulai merasakan nikmatnya makan ditambahin garam.. Proyek idealis Bun gagal deh, pengennya kalo Azka udah diatas setaun baru ditambahin garam barang secuil ke makanannya, maklum, ibu baru, textbook banget, namanya juga pengen ngasih yang terbaik buat anak, biar anaknya sehat, biar si garem ga ngerusak ginjalnya..hmm, tapi apa daya, saatnya utk berhadapan dengan realita...

So, buntut dari azka rewel semaleman adalah ternyata azka kelaparan....!!! gara-garanya BUnda perhatiin azka kok belakangan ini makannya jadi ga napsu..hmm, biasanya, ga disuruh "akk" buka mulut aja, Azka nyamperin sendiri tuh piring makanannya..Bun pikir emang ada kan masanya anak tuh lebih pengen maen daripada makan jadi awalnya Bun ga ngeh..hmm, tapi aneh," azkaku ga kayak gitu deh...", pikir Bun lama-lama. Tumben-tumbenan gitu loh ga doyan makan..padahal udah Bun bikinin pasta, bikinin sup ayam, bikinin soto yang notabene kesukaan azka..eh tetep aja makannya lamaaaaaa banget..tiap makan pasti 1 jaman lebih, disambi maen lah,nonton lah, jalan2 ngiterin rumahlah*sambil merangkak*, hehe..tapi ada hikmahnya juga, BUn juga jadi bisa nyambi utak-utik di depan komputer..hehehehe..*ga mo rugi nih BUnda!*

Nah, 2 hari yang lalu, pas bun masak soto ayam, pas bun lagi laper kan bun makan di depan azka, tiba-tiba si krucil datengin Bun, ngelongok-longok apa yang ada dimangkok BUn, sambil encap-encap gitu mulutnya.."napa...? mau..?", tawar Bun ke Azka. Dibales senyuman malu-malu maunya azka. "nih cobain...enak deeh..", sodor Bun ke azka. "ammm...", azka membuka mulutnya lebar-lebar. "enak kan..?", kata Bun. Eh ga nyampe semenit, abis ngunyah makanannya, azka udah nyowel-nyowel sendok Bun lagi.." Napa..? pengen lagii...?", tanya Bun. Langsung deh sambil ngeluarin senyum mautnya azka nyodorin mulutnya lebar2..wiiih dasar, doyan ya nak...?! walhasil, tadinya jatah soto buat bun diabisin ama azka..hmm, ternyata dia doyan, soalnya kan enak gurih, berasa gitu loo..suwer, makannya azka jadi banyak dan cepet, ga lama kayak biasanya..yang mengejutkan, bobo malemnya jadi pules banget, cuma sesekali aja bangun buat mik Bunda..ga ada rewel2 nya blass...!

Setelah ngadu ke utinya azka, kata uti,"ya udahlah BUnda, dikasi dikit lah garem dimakanannya,kasian... dia kan juga pengen enak-enak!", hmm,..ungkapan seorang nenek yg sayang bgt ama cucunya..."tapi ti, ini kan utk kebaikan azka juga...", balas Bun. "ya, secuil aja...kita aja kan kalo makan kurang garam ga enak", gitu kata utinya azka. "Nah, itulah, karena kesalahan orang jaman dulu begitu lahir anaknya udah dikasi garem makanannya", debat Bun ke uti."Jadinya, ada anak yang punya hobi nge-gadoin garem karena saking suka rasa asinnya"...Utinya azka cuma menghela nafas panjang mendengar putrinya yang keras kepala berdebat via telpon." ya udah deh Bunda, terserah Bunda. tapi daripada azka ga mau makan lho...", jawab uti dengan sabar. "hmm, iya juga yaa..ya wislah, niatan kan Bun pengen azka setaun dulu baru dikasi garem makanannya, ya korting sebulan lah..lagian kan juga secuil aja kan yaa..insyAllah ga papa..", ujar Bun."iya bunda...", kata utiazka.

Naahh, jadi deh, mulai 2 hari yang lalu, azka makannya udah ngikutin menu kita...bunda masak rawon, azka juga ikut makan rawon, tapi sengaja bun pisahin yang buat azka less salt, kalo yg buat abi bunda agak berasa gitu loh..wwaah, azka langsung kembali napsu makannya kayak dulu lagi, jadi yg nyuapain seneng, ga perlu lama-lama.hmm, mungkin bun memang ga boleh egois kali yaa, oke memang bagus punya idealisme utk membesarkan anak, tapi kan kita jg harus bersahabat dengan realita yang ada...oke deh azka, Bun juga udh salut kok nak, azka selama ni ga rewel kalo bun kasi makanan yang pure rasa aslinya, kayak kentang, brokoli, wortel, beras merah, ubi, pumpkin, seledri,kaldu ayam,kaldu daging, ikan...*hihi,azka udah mau makan yang ga berasa*, tapi nak,.. besok kalo azka dah gede, azka pasti berterimakasih ama bun utk itu...cieee....:).

Btw, sekarang azka bener2 ga ada pantangan makannya, apapun pengen dicobain ama dia, liat bunda makan buah pir yang langsung digigit, eh azka juga pgn gigit pirnya.ampe-ampe jeruk aja dia ambil sendiri dari kulkas n langsung digigit..*waaks, kan kudu dikupas dulu, sayang....*.hmm..azka..azka..ternyata kau sekarang sudah beranjak besar anakku..

mau dimasakin apa lagi nak sama bunda...?


Azka rewel semaleman....:(

Sabtu dini hari(25/11) tadi, azka reweeeeeeeeeeeeeeel banget. bener-bener yang bangun-bangun terus ga bisa tidur..nangis terus...seakan ada yang sakit, tapi BUnda gatau kenapa..cuma main kira-kira aja..hmm, apa karena perutnya sakit karena kebanyakan makan jeruk yang notabene ga terlalu manis *tapi azka suka banget, ga ada ekpresi muka kecut blas saat dia makan jeruknya*, hmm...ato apa karena nyeri mo tumbuh gigi ke 7 dan 8 nya yaa yang berbarengan..? tapi ya anehnya cuma malem aja, kalo pas pagi ampe sore dia hepi-hepi aja ga pnh nangis secuil pun...Waah, bun semalem ampe begadang, karena bun pikir dia ga enak perutnya, bun olesin minyak telon badannya semua, sambil Bun pijitin, lumayan terlena dengan pijitan BUnda, azak sempet memejamkan mata...eh tapi sesaat kemudian nangis lagi, merengik,....seperti kesakitan....
Yaa Allah, kenapa ya azka, biasanya malam-malam sebelumnya dia hanya bangun saat mau minta mik bunda aja, kok ini tiba-tiba reweeell ga berhenti sepanjang malam..nangisnya itu loh yang bikin sedih, kejer-kejer gitu..Bun coba gendong sambil senandungin sholawat..terus terakhir BUn sambil bacain al fatihah terus, lumayan ngefek, perlahan-lahan matanya mulai mengecil, tangisnya pun reda...tapi tetep, saat bun coba taruh di kasur, tangisnya menggelegar lagii...
akhirnya, sambil tiduran, bun gendong diatas badan bun, hmm, nyaman,,..itu mgkn yg dirasakan azka, dan tangisnya pun berhenti dilanjutkan ama matanya yg terpejam..
Lumayan bertahan agak lama tidurnya, tapi lagi-lagi saat bun coba letakkan dia disamping Bun di kasur...azka terbangun dan merengik lagii...
Bun kasih mik lagi aja, eh alhamdulillah, setelah itu dia bener2-bener bisa tidur...hmm, jangan-jangan azka laper yaa..soalnya semalem makannya cuma dikit banget....*&**^%%^^, ahh ga tau deh, apa penyebabnya,,,yang penting dia udah bisa tidur lagi, pikir BUn.
Menjelang shubuh tadi, akhirnya azka bisa tidur pules, sampe sekarang BUn nulis postingan ini, azka pun masih terlelap..alhamdulillah ya Allah..sehatkan anakku azka ya Allah....

belajar jalan...

Kamis sore (23/11), sehabis mandi sore, Azka tiba-tiba bunda mau ajarin jalan..biasanya azka agak males2an kalo bunda tetah ajak dia jalan, pasti langsung nglendot dan maunya jalan merangkak..nah ga tau ada angin apa, tiba2 Bun ajakin azka"Azka, yuuk belajar jalan yuuk....nih gini nih kayak bunda..", sambil meragain dorongin truk mainan azka yg emg fungsinya buat belajar jalan."satu dua...satu dua....", gitu seloroh Bun sambil nyontohin azka..Lumayan, azka yang tadinya lagi utak-atik buku, tertarik juga dgn gerakan yg Bunda lakuin..Azka mendekat.."yuuk azka yukk..sini deh,...push..push....", sambil nunjukin truk mainannya.Azka mulai duduk n pasang posisi kuda-kuda utk berdiri.."ayoo..sini deh..pegangan sini..trus azka push..push...*hehehe, bahasa bun campur-campur*".Azka mulai pegangan truk nya. posisi udah tegak berdiri."ok, now u push...push....", suara nyaring bunda ke azka."yuuk, satu dua..satu dua....satu dua..satu dua...", instruksi bun ke azka diikuti kaki mungilnya yang mulai melangkah...

Cihhuuuyy...waah, berhasil..azka pun seneng.."ah coba lagi ah..", ujar Bun.
"ayo azka, lagi...push ..push....".
Ga sadar azka mulai mendorong truknya dgn hepi, waah terang dong, Bunda tambah semangat 45 ngajarinnya..so volume suara dan keriangan Bun ditambah...
"ayooo..satu dua...satu dua...yeaaahh, good boy...smart boy...", puji Bun ke azka.
Tambah semangat tuh azka dipuji gitu..dia coba lagi sendiri..
Bun langsung tangkas, "o ya...direkaaamm..", teriak Bun pada diri sendiri.
Untungnya videonya ada dideket Bun, so keambil deh kenangan belajar jalan azka utk pertama kalinya...:)

Saking semangatnya, Bun kan ngitung satu-dua-satu-duanya sambil hentak-hentakin kaki di lantai gitu *waah heroik banget deh pokoknya*, gimana ga..bangga banget liat progress anak..eh ga sadar, smkn kenceng..abiazka langsung ngingetin kalo bun suruh pelan2, ntar dikomplain ama tetangga yg apartemennya persis di bwh kita..hihiii.......Bun lupa diri....

Sore itu, Bun bahagia banget...mudahan pas di hari ultah azka yang pertama bulan Desember besok, azka dah bisa jalan....amien.....
yuukk nonton bareng2 gimana sih azka belajar jalan.....niiih dia
DISINI...eng ing eng....

ahh..ajarin azka jalan lagi ah..lumayan buat temen jalan-jalan besok...hihihi:).

Berenang n BBQ party

Photobucket - Video and Image Hosting Minggu sore (19/11) kemarin, Bunda dan azka diajakin acara ulangtahunnya kak Adelia, tetangga next door temen maennya Azka. Tempatnya di kolam renang sebuah condo punyanya temennya mommynya kak Adelia...wuiih, jelas aja duung, Bunda ga mau nglewatin acara ini, karena selain tema pestanya barbeque party, alasan lain karena tempatnya ada kolam renangnya...hihihihi...pengen nyenengin azka aja coz abiazka pas lagi konsen ama tugas2 kuliahnya jadi ga bisa nemenin azka berenang.

So, nyampe disana, wuiihh, bagus banget kolam renangnya, gede pisan! ada dua kolam, satu buat anak2, satunya yg lebih luas buat org dewasa. naaah yang lebih enaknya lagi, sepiiii bgt, so cuma kita2 aja yg diundang yg ada di kolamrenang itu..kebayang kan, serasa kolam renang pribadi...Nyampe tempat BBQ party, azkanya malah bobo, sementara kak Adelia*yang ultah* lagi asik mainan air di kolam...kesempatan duung, Bunda yg dari pergi dah laper bgt*maklum ibu menyusui* bawaanya laper mulu..lagsung deh ga nolak pas ada tawaran udang bakar ama daging bakar yang fresh dari bakaran...udangnya mana gede2..kan jarang2 nih makan udang beginian kalo ga ada yang nraktirin..hihi..biasanya makan udangnye udang ebi...hiks..engga ding hiberbola!!:)..

Puas deh Bunda makannya...Pas selesai makan, azka bangun....hehehe, mata azka langsung bening gitu ngeliat kolam renang....dengan senyum khasnya, dia nunjuk2 ke kolam, hepi banget..langsung aja Bun gantiin kostumnya..Nah kan bun ga ada niatan mo ikutan terjun, abisnya ga ada yg pada mo berenang sih yg gede2, yg berenang anak2 aja..so walhasil Bun agak deg2an gitu gmn caranya jagain azka tapi bunnya ga basah..walhasil, celana disingsingkan, awalnya masih ga basah, tapi kmd azkanya jalan sendiri ama pelampungnya ke tengah,,oow...mana dia pede banget lagi sambil ngepak2in tangannya, serasa lupa bunda gitu posenya...Bunda yg kebingungan takut kalo knp2..tp alhamdulillah gapapa, malah Azka pinter bisa ketepi sendiri lagi deketin bunda..

Seneng banget deh ngeliat raut wajah azka yang ceria, nih liat deh gayanya kalo lagi berenang sendirian..ga ada takut2nya,,,yg ada BUndanya yg udah pasang kuda2 siap terjun kalo ada apa2* serasa jadi anggota baywatch gitu dehhh....hihiii*


Photobucket - Video and Image Hosting

ini Bun potonya dari tepi kolam lhoo..pdhl azka di tengah2..berani ya azka..pede aja dia berenang sendiri...awas,jgn meleng lho bun..anak tuh jagain!*tuing..tuing..*

45 menit cukup utk azka berenang, utg bunda angkat utk udahan dia ga nangis, biasanya nolak tuuhh, keukeuh pengen maen air terus..
acara selanjutnya makan2..selain bbq, ada menu burger Ramli juga, yang spesial ada kue ulangtahun bertema Pooh* karena kak adelia suka bgt ama Pooh*, ternyata kuenya itu es krim lhoo....nyamm...nyam...enak banget..azka suka banget, bunda apalagi..ada alesan buat nambah nih..bilangnya azka yang mau lagii..hihii..padahal...:)


Photobucket - Video and Image Hosting


bagus ya kue eskrim pooh-nya?


Seeruuu deh acara bbq partynya, ga kerasa udah jam 9 malem, jadi inget abiazka yang kasian lagi belajar dirumah, mana cuma bunda tinggalin sambel pete goreng ama tempe*pavorit abiazka*, hmm jadi kecian, walhasil request deh Bunda minta dibungkusin ayam bakar buat abiazka...hmmm...abi pasti seneng deehh:).
waah..pengalaman yang seru hari itu..besok kalo berenang lagi, bun mo ikutan nyemplung ahh:)

Arti senyummu...



Bunda capek, Bunda lelah anakku,
kenapa kau belum juga mau memejamkan matamu...
tidurlah...segeralah tidur walau untuk sejenak..
ijinkan Bundamu hela nafas dan isi perut yang meronta..
jujur rasa kesal sempat mampir menggoda hati Bunda..
hati Bunda semakin tak menentu..
Bunda tahu,, kau pun rasakan itu.....
Rasakan perubahan akan Bundamu...
Panas tangan Bunda kala menggendongmu,..
Debaran hati Bunda yang sedang digoda oleh rasa kesal..
Kaupun pasti tak nyaman dibuatnya, anakku..
Dan segeralah kau sunggingkan senyum manismu tuk Bunda
Senyum yang sangat tulus...ikhlas.....
Seakan berkata..."bunda capek yaaa? maafin azka ya bunda....."
"Azka ga rewel lagi Bunda, Azka akan segera tidur...."
"Azka ingin Bunda bisa istirahat....", suara hati anakku terdengar melalui senyumannya yang begitu tulus.
Dan benar, sedetik kemudian dia telah pejamkan matanya..
dan lagi lagi....sambil menyunggingkan senyum untukku...
Subhanallah..maafkan aku ya Rab,
maafkan Bunda anakku...
Bunda menyesal telah mengeluh bunda capek, bunda lelah..
Semua itu telah terbayar dengan senyummu anakku...
Tak ada artinya semua kelelahan yang ada..
Asalkan Kau selalu ijinkan-ku tuk selalu melihat senyum tulus anakku, ya Rab.

wiiihhh.....dingiiinnnnn!

Dapur. Sekarang- sekarang ini, Azka pawliiiiiing suka kalo maen ke dapur..
Pasti deh kalo Bunda jalan ke dapur, Azka pasti langsung dengan cekatan ngikutin Bunda jalan sambil merangkak timik-timik sambil megal-megol bokongnya..hihihii. Naah, kalo Bunda udah stop di depan kompor, Azka masih aja melenggang kangkung nerusin merangkaknya sampei pas di depan kulkas...kalo udah gitu, tandanya dia nyuruh Bunda untuk bukain kulkasnya buat dia...Nah kalo Bunda udah bukain kulkasnya, ekspresi pertama Azka pasti mengerutkan bibirnya sambil mengeluarkan suara "wuff..wuff..wuuff" kayak orang kepedesan (maksudnya dia "dingiiiiinnn") sambil jejingkrakan girang gituuu..Kalo udah gitu, ditinggal ama Bunda masak juga dia ga rewel..

Kenapa kok Azka suka banget ama kulkas...?
Yaaa...karena benda gede dingin bernama kulkas ini penuh dengan barang warna-warni, beraneka bentuk, mule dari botol2 bumbu, buah2an, sayur2an, dan teman2nya yang mengusik keingintahuan Azka...waah pokoknya kalo dah didepan situ, tangan mungilnya sibuk kutak-katik barang..Bun cuma ngingetin ke Azka kalo Azka boleh maen n pegang2 barang, tapi ga boleh dimakan...Azkanya sih kayaknya "ngeh" Bun bilang gituuu, tapi pas Bun meleng dikit ternyata timun kecil udah cuil di gigit Azka....trus Bun larang, dia patuh..timunnya ditaro lagii..Ditinggal bentar, giliran wortel yang bercokol di mulut Azka....waaakkksss...belum bisa dipercaya berarti Azka yaa* yaiyalah, Azka kan masih bayiii, Bun...*-hooh ya, la wong orang dewasa aja byk yg ga bisa dipercayaa..- lhoo kok....?:)

Photobucket - Video and Image Hosting

"Azka bantuin ambil merica bubuknya, yaa Bun..", Azka said.








Abi kecil dan Azka sekarang

Minggu siang.Bun lagi santai berdua maen ama Azka sambil ngeliatin kamera digital hasil jepretan acara Lebaran bersama teman-teman kampus Abiazka di rumah Auntie Jelita- melayu Singaporean- semalam. Pas liat bagian poto keluarga*abi bunda azka*...hmm, tiba-tiba Bun teringat sangat familiar dengan muka Azka saat itu...hmmm, Bun pikir lagi, kapan yaa pernah liat poto kayak giniiii....tiba-tiba "o iya....ini kan foto azka mirip banget ama muka abinya waktu kecil dulu"
"foto yang bareng Mbah Amien dan eyang Kus( eyangnya Azka orangtuanya Abi)"
"hmm...tapi dimana ya bunda ngeliatnya..?" pikir Bun sambil berusaha mengingat-ngingat.
"Ya..ya,..di buku biografi itu....!", sahut Bun dengan yakin sambil berusaha mencari dimana buku itu.

"yaak ini diaaa........", sambil buka bukunya dengan ga sabar.
"tuuuuhh kan bener...mirip bangettttttt....Abi kecil ama azka sekarang.....!', ujar Bun.

Langsung deh Bun teriak ke ABi yang saat itu lagi sibuk ngerjain tugas statistiknya.
" Bi..abi...sini deh.....!', teriak Bun.
" apaan....?", jawab Abi sambil ga lepas matanya manatap tugas2nya.
" sini deh Bi....liat deh...foto Abi dulu mirip banget ama Azka sekarang.....", jawab BUn.

Sambil males-malesan beranjak dari kursinya, abi jalan menuju buku dan kamera yang dipegang Bunda.
" Ini nih bi...liat deeeh..abi liat ini *sambil nunjukin foto bidikan acara semalem* ama ini nii bii...*sambil bukain buku biografi Mbah Amien*...tuuuhh kan, mirip kan biiii...", kata Bunda dgn semangat.
" iya yaa...mirip...tapi masih gantengan Azka..", gitu pengakuannya Abiazka.:)
" waaah bener-bener deeh...pantesan setiap kali Mbah Amien dan Eyang Kus ngeliat Azka pasti selalu nyeletuk..." wis ....Azka ki bener2 podho karo bapake mbiyen....persiss..sis.....", gitu kalo Mbah Amien ngomong.
"hihhiii...lucu yaa biii..kok bisa ya biiii....", gumam Bun yang masih takjub ngeliatin kesamaan antara Abi kecil dan Azka sekarang.
" ahh..mo Bun taro di blognya Azka ahh..buat kenang-kenangan besok kalo Azka liat", spontan bun langsung motoin foto mbah Amien, Eyang, dan Abi dari buku itu.
" hmm...lumayan juga hasilnya...", seloroh Bun lagi.

Penasaran ngeliat kayak apa sih kemiripan Abiazka kecil dengan Azka yang sekarang....yuukk kita tengok bareng-bareng...coba kasi rate berapa persen kemiripannya..gantengan siapa cobaaaa....hihihihiii..

Bunda, Azka, Abi di Singapura November 2006



Mbah Amien, Eyang Kus, Abiazka di Chicago, USA 27 tahun yang lalu

Gimana...? mirip kan yaaa.....? hehehee...

Bun jadi mikir, kadang Azka nih banyak yang bilang mirip Bun, tapi ga sedikit juga yang bilang mirip Abiazka. Ya intinya mirip kita berdualah...hihii kalo gitu ngapain Bun mikir yaak..? kalo dikatain mirip ama tetangga tuuuhh..baru deh mikir! hihihiiii..

Besok lagi deh Bun liatin foto kecilnya Bundazka dulu *kudu bongkar-bongkar lemari dulu niih*, ada deh yang mirip banget ama Azka sekarang...Nah lhoo......:)

Sementara pas Bun nulis postingan ini, Azka terbengong-bengong ngeliatin Bundanya yang sibuk ngatain dia mirip ama Abinya waktu kecil....hihiii...." Bundaku nih..ngapain sssiiihhhhhh.....?"!.

Azka dan Pepaya

Pepaya. Buah yang menjadi kegemaran Azka sejak Azka mulai makan makanan padat. Waah pokoknya ga pernah ketinggalan setiap hari pasti kudu wajib hukumnya makan pepaya. Alhamdulillah ya Azka doyan pepaya, secara udah murah* bantu orangtua boo...* khasiatnya kan juga bagus banget. Bisa membantu pencernaan dan bagus untuk asupan tubuh. Yang jelas Azka jadi ngedennya gampang, waah pokoknya bersyukur deh Bunda Azka doyan pepaya.

Silsilah dari mana Azka doyan banget pepaya nurun dari Eyang2nya Azka, beliau2 semua suka pepaya. Nah jadilah kebiasaan itu nurun ke Bunda, Bunda kalo udah disodorin ama pepaya*tapi kudu yang manis lho yaa..* waah pasti ludes deh dimakan Bunda. Sampe-sampe sekarang aja kalo ngupasin buat Azka semangkuk, pasti satu gigit buat Azka 3 gigit buat Bunda. Azka suka bengong ngeliatin jatah pepayanya dimakan Bundanya.

Kadang malah kita berdua suka rebutan mangkuk isi pepaya, siapa cepat dia dapat, walhasil Azka kadang belum abis nelen yang ada di dalam mulutnya udah nyimpen satu di tangannya, tuuh kayak gambar disebelah...Dia takut banget keduluan ama Bundanya..hihihihii....So kadang Bunda malah seneng ngeliatin ekspresi Azka dengan mulut penuh pepayanya ngunyah-ngunyah ampe dimonyong-monyongin gitu mulutnya..So, pepaya ga pernah telat Bunda belinya. Sehari pasti satu buah pepaya bangkok. Untungnya deket supermarketnya bisa jalan kaki so udah jadi rutinitas Bunda dan Azka pergi beli pepaya...Ga ada kata lelah, secara emang kita berdua pepaya's Lovers :).

Kalo Abiazka ga doyan ama yang namanya pepaya..kalo ga kepaksa ga bisa kebelakang...baru deeeh dia mau disodorin makan pepaya..ga tau tuuh kenapa ga suka pepaya, sukanya malah anggur *gubraaak...itu kan mahal bii...* padahal anggur kan bikin serek kalo banyak2.

Hmmmm, Bunda mo pergi ke supermarket lagi niih ama Azka beli pepaya...bye!:). Ada yang nitip ga..?

What colour is Bunda's Aura?...

Iseng-iseng Bunda pengen tau wana auranya Bunda apa...
hmm...ini dia hasilnya...

Your Aura is Blue
Spiritual and calm, you tend to live a quiet but enriching life.You are very giving of yourself. And it's hard for you to let go of relationships.
The purpose of your life: showing love to other people
Famous blues include: Angelina Jolie, the Dali Lama, Oprah
Careers for you to try: Psychic, Peace Corps Volunteer, Counselor
What Color Is Your Aura?


hmm...stelah ditimbang-timbang....ada benernya jugaa...Bunda Azka tuh emang orang yang penuh cintaa.....*cuit-cuit..*, hmm tapi Bunda ga calm, coz Bunda tuh orangnya panikan, betul kan nak..?:D

What a sunny day....


"Pada hari minggu kuturut Abi berenang...

Naek bis kota istimewa kududuk di muka...
disamping pak supir yang sedang bekerja...
mengendarai bis kota supaya lancar jalannya..
brum...brum...brum...brum...
brum..brum..brum...suara roda bis kota..."

Senandung riang bunda mengiringi perjalanan di bis menuju kolam renang yang diikuti senyum sumringah Azka yang pagi itu riang banget karena ingin diajak berenang oleh Abinya. Minggu pagi yang cerah, tadinya ga ada niatan utk berenang, tapi kemudian tiba2 Abi ngajakin berenang..waah, spontan Bun meng-iyakan dgn cepat ajakan Abi karena Bun tau Azka pasti seneng bgt kalo diajakin berenang..Jadi deh jam 10.30 pagi kita berangkat, hihii..sebenarnya cuaca panas bgt jam segitu, Bun agak kuatir Azka jadi belang..soalnya berenang yang sebelumnya ceritanya Azka jadi belang...ahh, tapi apalah artinya belang dikit dibandingin ngeliat senyum bahagia di muka Azka...:).


Alhamdulillah, nyampe kolam renang,cuaca berubah jadi mendung..yippee..jadi enak kan untuk berenang! Langsung deh Azka ganti kostum, hihi gemes deh liat Azka pake baju renang, kayak anak udah gede aja..Azka tuh emang suka bgt renang, ini udah kali keempat Azka berenang, Azak mulei berenang pas dia umur 5 bulan, awalnya takut dan nangis, karena salah bunda juga sih, Bunda nyelupin kaki Azka duluan, dan Bunda ga ikutan nyemplung, terang aja dia takut dan mgkn kedinginan juga..sempet khawatir juga kalo2 Azka malah jadi trauma gara2 itu, eh tapi alhamdulillah, renang yang kedua pas dia 6 bulan, Azka hepi bgt, karena caranya adalah Abi nyemplung ke kolam dulu udah gitu Azkanya digendong..jadi dia ga takut..Alhamdulillah, sekarang malah Azka udah berani pake pelampung sendiri, dilepas juga berani, tuuuh...liat aja gayanya....serasa menikmati kebebasannya sambil menghirup udara segar...brrrr....!

Azka seneng banget maenan tepuk-tepuk air, kalo lihat airnya bisa nyipratin ke Abi dia ketawa, tapi kalo giliran Azka yang kecipratan, dia kayak gelagapan gituu..hihhihi..Abi juga menikmati banget renang bareng Azka, malah Abi gayanya dah kayak pelatih gitu, Azka diajarin ngepak2in kakinya kayak gaya katak, dan lucunya Azka bisa! waah, bagus juga kalo Azka jadi atlet renang, ngikutin jejak Richard Sambera ngarumin nama bangsa..kan Bunda juga yang bangga..hihihihii!

Mo liat kayak apa sih serunya Azka berenang...? Niihh, klik disini Bunda sengaja ngrekam biar buat kenang-kenangan..!

VIVO CITY...

Hari Jumat kemaren seru banget, Bunda dan Azka untuk yang pertama kalinya "jalan jauh" berdua di Singapur ini setelah kurang lebih 4 bulanan disini. Bukan berarti Bunda dan Azka ga pernah jalan2, tapi kan biasanya jalan2nya selalu sama Abi..Naah, makanya setelah akhirnya Azka dah punya pram baru yang lebih enteng dan bisa dilipet jadi simpel, Bunda memberanikan diri untuk memulai petualangan berdua sama Azka. Rutenya adalah ke Vivo City, mal terbesar di Singapur yang baru buka sebulan yang lalu. Bunda janjian ketemuan ama Bundanya Shabira disana..ya itung2 penuhin janji yang udah dari jaman kapan ga pernah terwujud, sekalian tes "keberanian" untuk jalan ama Azka sambil bawa "perlengkapan perang" yang terdiri dari pram dan tas Azka di pundak kiri, ama Azka dengan gendongan di pundak kanan...
Waaah, bener2 deh, dari mo berangkat aja, persiapannya 1 jam sendiri. Mule dari nyiapin makanannya Azka buat makan disana, tas isi perabotan Azka, pokoknya hari itu Bun bener2 kayak orang yang mo punya hajatan, hebooh....Azka aja ampe bengong ngeliatin bundanya mondar-mandir ga jelas...:D

Yang bikin Bun semangat dan berani karena Vivo City ini letaknya di Harbourfront yang walopun jauh dari rumah tapi deket dengan kampus Abi, jadinya Bun bisa ketemuan ama Abi juga di sana abis Abi selesai kuliah, hmm lagian itung2 refreshing pengen tau kayak apa sih Vivo City yang jadi omongan orang2.

Jadi deh, Bun naek bis 43 dulu turun di Serangoon MRT, trus lanjut naek MRT jurusan Harbourfront. Alhamdulillah, semuanya lancar, bisnya ga penuh jadi Bun bisa leluasa nempatin pramnya di kursi sebelah, alhamdulillahnya lagi....Azka ga rewel..dia sangat manis sekali siang itu..seakan ngerasain Bundanya yang deg2an sama petualangan baru ini. Sepanjang perjalanan di MRT, Azka juga seneng banget, sambil Bun nyanyi2in dia tepok2 tangannya...ga kerasa nyampe deeehh di Harbourfront dijemput ama Bunda Shabira dan kak Shabiranya. Bunda seneng banget rasanya akhirnya nyampe, bangga aja ama diri sendiri.."tuuhh kan, kamu bisa....", Bun ngomong sendiri.

Langsung deh kita menuju VivO City, sumprit mal nya
guedeeeee banget..serasa takjub euy..yakin, kalo pertama kali kesana bingung mo jalan kemana dulu...bener2 kayak kota kayak namanya. Naah makanya biar ga bingung,kita langsung nyari bagian informasi untuk minta peta vivo city ini..wuiiih sama aja ternyata, udah dapet petanya tetep aja mumet ngeliat daftar toko2nya yang bejibun banyaknya...akhirnya kita decide utk ke Toys 'r Us aja biar menghibur anak2. Waaaah, bagus banget deeeh...bener2 surganya anak2..tapi mgkn ga buat ortunya hihii, soalnya harga2nya bikin jebol kantong..hihiii...jadilah Azka dan Kak Shabira maen2*catet...cuma maen* disana, hihihii.



Photobucket - Video and Image Hosting


Udah capek maen2 kita langsung ke BAnQuet, abisnya laper. Bun pesen makan Barbeque chicken, enak deh..kita janjian ama Abinya disini. Ga lama Abi dateng, waah Azka surprise bgt ketemu Abinya, seneeng pol! walhasil jadilah kita foto keluarga dulu :)


Photobucket - Video and Image Hosting


Waah ternyata rame juga, selain ketemuan ama Abi dan Ayahnya Shabira, ada juga tante Dee *temen kuliah Abi*dan temen2nya..jadilah Azka tiba2 punya banyak baby sitter secara mereka semua pada mo gendong Azka,hihihii...


Abis dinner, kita misah sama Bundanya Shabira, terus lanjutin muterin Vivo city ama Abi dan Azka...tiba2 nemuin jalan menuju harbour..wuiiih kereen abis, jadi dari sisi luar Vivo city bisa liat langsung harbournya, mana saat itu ada cruise yang lagi bertengger disitu jadi indaaah banget ..apalagi kan malem, jadi bertaburan lampu2 gitu deh...*romantissss.......*, jadi di Vivo City bener2 memanjakan customer, seeeemuaaaa ada! tempat maen anak yang luaasss bgt*ada tempat buat maen air*, tempat buat yg pengen berduaan di pinggir dermaga ada* asik banget, sambil liat laut*, waah lengkap deeh..Nih, liat deh, Bunda poto berdua ama Azka dengan penampakan kapal besarnya...keren kaaann?

Photobucket - Video and Image Hosting


Waah alhamdulillah..pokoknya seneng deh hari itu...Bunda udah mulai bisa mandiri pergi berdua aja ama Azka, hmm, jadi kan enak, kalo pas Abi kuliah bisa tetep ajakin Azka jalan2.., trus ngeliat laut..wuiihh, Bunda kan paling demen apalagi kmrn pas malem jadi romantis jadi inget masa2 pacaran dulu ama Abi *emang pernah..?diajakin ama abi ketempat beginian..?hmmm, kayaknya belum pernaahhh....hihihihi*
Nyampe rumah, baru deehhh kerasaaa....pegel semua kakinya...terang aja, la wong ngiterin mal seluas ituuuuu!So acara selanjutnya adala ngegantungin kaki ke atas biar pegel ilang!:)



Korban hari ini..

Dan inilah korban kertas untuk hari ini...tarraaaaaaaaaa.....banyak kan....? keliatan kan bagian yang cuil-cuil bekas gigitan Azka, sebagian terselamatkan keluar lagi dari mulut Azka, sisanya lagi asyik berenang ketemu cacing-cacing genit di perut Azka..
Pokoknya ga tau kenapa, sensor Azka terhadap kertas kuat banget, masyaAllah nak...Bunda ga kurang kan kasi makannya....?

Photobucket - Video and Image Hosting


Weitss.....masih ada lagi korban yang berjatuhan rupanya. Kali ini buku Azka yang baru bun beliin di Borders ..wah wah padahal hard cover lho..tapi dengan gigitan Azka *ya emang sih kalo lagi teething jadi tambah banyak ludahnya* berhasil melunakkan buku hard cover ituuu..walhasil jadi begini deh penampakannya...hikkssss....:(

Photobucket - Video and Image Hosting

Nak,..nak...udah dong ahhh...Bun senewen niihhh..



Makan Kertas

Sejak mo numbuh gigi yang ke 6 dan 7-nya-udah keliatan putih-putih nongol- *azka termasuk cepet pertumbuhan giginya*, kebiasaannya gigit-menggigit azka semakin menjadi. Apaaaa aja digigitin mulei dari kabel, pulpen, sampul dvd, bola,sepatu, sandal jepit, wuiih... walopun Bunda udah kasi Azka biskuit yang untuk teething, teteup aja keinginannya utk mengurangi rasa gatel dan nyeri gigi yang mo numbuh itu ga tersalurkan..walhasil barang2 tadilah jadi sasarannya.

Yang bikin Bunda sebel tuh, Azka tuh juga suka makanin kertas..waah, suka banget! Pokoknya Bunda meleng dikit, pasti Azka udah makanin kertas..mo udah disingkirin kayak apa, pinter aja dia nyari targetnya yang namanya kertas. Yang kasian Abi, baru pulang capek2 dari kampus, pas giliran jagain Azka, Abi mergokin Azka makan kertas yang agak gede, waah, langsung heboh tuhh abi..mulutnya Azka langsung dipaksa mangap, eehh...Azkanya malah nangis...terus dipaksa hingga akhirnya terselamatkan juga tuh si kertas dari lumatan Azka. eh dua kali kejadian lagi, abi spontan nyletuk," waah, bikin stress nih kalo gini....Abi yang bentar aja udah stress, apalagi Bunda yaak...?" hihihihi, Abi..abi..kalo Bun mah sekarang udah ikhlas gapapalah si kertas msuk ke pencernaannya..ya itung2 wisata kuliner, hihihihiii....

Gemes pengen liat Azka makanin kertas, nih gayanya kalo lagi gigitin kertas..

Photobucket - Video and Image Hosting


Photobucket - Video and Image Hosting

berasa nikmat banget kan....?
"Azka...Azka....ono- ono wae tho, mas.....".

10 bulan anakku

Photobucket - Video and Image Hosting


Nak, alhamdulillah usiamu sudah 10 bulan..
Bukan waktu yang singkat, tapi bukan juga waktu yang lama..
Hari- harimu terisi dengan gelak tawa, isakan tangis, bahagia, sedih, semua ada..
kau pasti sudah mulai bisa menilai seperti apakah orang tuamu ini..
terutama Bundamu..

Bunda yang penuh sayang,
Bunda yang penuh kasih,
Bunda yang lucu,
Bunda yang ceria,
Bunda yang kreatif,
itu pasti termasuk dalam penilaianmu..

Tapi, hal ini pun terekam dalam memorimu..
Bunda yang kadang ga sabaran,
Bunda yang kadang kesel,
Bunda yang kadang suka marah,
Bunda yang kadang tiba-tiba suka nangis sendiri,
Bunda yang kadang kayak orang kelelahan,
Bunda yang kadang suka mengeluh,
Bunda yang kadang pura-pura nyuekin kamu tapi tetep aja ga bisa,

MasyaAllah nak,
ternyata Bundamu hanyalah manusia biasa,
penuh dgn kekurangan,
tapi yakinlah nak,
setiap saat,
bundamu ingin menjadi lebih dan lebih baik lagi untukmu,

Jika hari ini Bunda msih ga sabar nungguin Azka makannya yg lama banget,
insyAllah besok Bunda kan berusaha lebih sabar lagi,
Jika hari ini Bunda masih ada perasaan mengeluh,
Bunda akan berusaha utk lebih ikhlas,

Nak,
di usiamu 10 bulan ini,
Bunda sudah semakin bisa merasakan arti hadirmu,
pesan yang kau sampaikan lewat senyummu,
tatapan tajam matamu,
tangisan di wajahmu,
pandangan sayangmu ke Bunda,
semua semakin jelas

Kau bukan lagi seseorang yang tidak bisa apa-apa,
kau telah menjadi seseorang yang memiliki perasaan yang sangat halus,
kau bahkan bisa membaca setiap degup jantung Bundamu,

Nak,
tetaplah menjadi cahaya hidup Bunda,
tetaplah menjadi pengingat untuk Bunda,
tetaplah menjadi penyejuk hati abi dan bundamu,
tetaplah menjadi pengikat cinta abi dan bundamu,

Ijinkan kami menjadi orangtua yang sholeh/a untuk anak-anak kami, Ya Rab..