apa kabar azka sekarang...?


RockYou PhotoFX - Get Your Own

Di usia azka yang udah pake itungan tahun ini, alhamdulillah kemajuan azka smakin bundazka rasakan...mule dari perkembangan motorik kasar-nya azka..
1. azka dah bisa jalan dengan lancar..
azka dulu mule bisa melangkah tanpa dipegangin pertama kali pas usia 11 bulan,mule dari selangkah,dua langkah,jatuh..terus berdiri..jalan lagi..trus tmbh lancar pas pulang ke jogja, myambut hari ultahnya yang setaun,smkn lancar..nah,balik ke singapur,malah udah bisa ngejar si gukguknya orang yang lagi berkeliaran di plegron..:))
2.udah bisa naro barang2 ke keranjang maenannya..
hobi banget masukin n ngeluarin mainannya..tergantung instruksi bundazka..kalo bun suruh ambil mobil2annya..diambil ama azka, suruh ambil telpon2nya..diambilin ama azka..
3.udah bisa naro baju kotornya abis mandi ke bak cucian..
nah ini yg bun bangga banget ama azka,..ga sengaja kan pas bun capek,bun suruh azka.."azka, please put ur clothes into the laundry basket...there..there..*sambil bun nunjukin tempat londry warna kuning..*, eh tiba2,bajunya diambil ama azka terus dia jalan kearah keranjang cuciannya n masukin ke dalamnya.."waaah,good boy!!", kata bunda..
Jadinya tiap kali abis mandi,azka pasti bun suruh masukin baju kotornya ke keranjang cucian... Azka tampak bangga banget loh bisa ngelakuin perintah bunda..hehehe,walo kadang juga suka ada benda nyasar masuk ke bak cucian,kayak maenannya dia..lawong disuruh masukin ke keranjang maenan,malah masuk keranjang cucian..hehe...
4. suka banget ndorongin dan narik maenan yang gede2 ato ga barang2 lain kayak troli belanjaannya bunda..
5. udah bisa nendang bola..
tiap kali bun bilang,"azka,kick...","kick the ball..." sambil nyontohin jga bundanya..eh azka juga ikutan deh nendang si bola..*wadoww atit...kata si bola...*.
6.suka naek turun tangga..
awalnya nemu tangga tuh di rumah utiakungnya azka pas mudik..dari situlah tiap kali liat tangga, bawaannya pgn naek mulu,yg ada gempor deh si boyok kalo nurutin kemauan azka naek ampe tingkat tangga yang paling atas..mending cuma sekali naek,ini mah bisa ampe 3kali bulak-balik..*toweng..toweng..* tapi alhamdulillah,hasilnya sekarang,azka dah bisa naek sendiri 3 anak tangga*tapi sambil crawling*yang ada di plegron..

Itulah sbagian dari perkembangan motorik kasar azka..klo perkembangan motorik halus-nya lmyn juga niih..
1.udah bisa buat coret2an walo ga ada bentuknya..
Wah azka kalo dah liat 1 kotak krayonnya,pasti langsung disodorin ke bunda minta tolong dibukain..kalo bunda udah bukain niih,pasti reaksinya lgsg ngibas2in tangannya ke depan*kayak org kegirangan gitu* langsung deh,bun kasi kertas kosong,mule deh azkanya bikin2 coret2an..kalo dah gitu,semua blepotan,si krayon bisa mampir ke bajunya, ke celananya, nyrempet dikit ke lantai, ato kalo bunda meleng malah parkir bentar di mulut azka..patah dehh si krayon...ama mulut azka jadi bergincu gitu kena krayon merah:))

2.genggaman tangan azka lumayan kuat..
udah jago banget minum pake cangkir sendiri..*soal tumpah..hmm,jgn salah,bundazka mknya sll
siap sedia lap ditangan buat langsung ngelap tumpahan air minumnya azka..soalnya telat dikit,
bisa kepleset deh si abang..*
3.suka banget megang sendok n udah bisa makan sendiri..
malah sekarang maunya sendok yg gede*kayak yang dipake abi dan bunda*,hehe,walhasil makanannya bukan masuk mulut malah meluncur ke lantai..
4. udah bisa buka tutup buku..
tiap kali bunda kasi intruksi"azka, open the book....!",langsung dia buka bukunya.."close the book...",sambil ngomong "cloo...",azka nutup bukunya..diakhiri dgn pujian dari bunda dan senyum bangganya azka..
hmmm,apalagi yaaaaaa.....

Nah kalo soal perkembangan Kognitif nya azka..
1.oyaa,azka udah mulai bisa numpukin kubus diatas kubus yang lain..,juga bisa balikin botol utk numpahin isinya*waah,kalo ini mah hobi..bundanya yang mabok ngepelnya:((*,
2.udah sedikit demi sedikit ngerti bentuk..terutama buletan..
3. udah bs bawa benda dari ruangan lain kalo bunda suruh..misalnya maenannya, ambil baju kotornya..
4.dah bisa nunjukin benda2 yang dia kenal saat bunda sebutin,contohnya.."azka,where is the butterfly?...*trus bun sambil nyanyi fly..fly...the butterfly...*,hmm spontan azka tersenyum sambil matanya nyari gambar si butterfly yg nemplok di kasur bermainnya azka dan langsung nunjukin
dgn telunjuknya..."yes..gud boy...",puji bunda. "the train where..?",tanya bunda sambil membuka kedua tangan bun*ekspresi nanya dimana benda itu* yang langsung dibales dgn reaksi yang sama ama azka sambil clingak-clinguk cari trainnya..dan pas nemuin langsung dgn smgt reformasi nunjuk pake tlunjuknya smbil ngomong" de..de...",maksudnya there!..waah..
alhamdulillah ye ibu-ibu...seneng n bangga bgt yaa bisa ngajarin anak n anaknya paham..cihuyy..ga sia2 jadi stay-at-home-mom...:))
5.oyaaaa,ada satu lagi,yang bundazka sndiri ampe sekarang terharu banget..jadi,tiap kali kita*abi,bunda* bilang "azka,allahuakbar...",nah azka pasti langsung nyedakepin kedua tangannya ke dadanya dgn cepat..ampe bunyi "makplek"gitu loh..tanda kalo dia sdg meragain posisi kalo lagi sholat...subhanallah yaa...
jadinya,skrg kalo bun mo sholat,bun bilangnya"azka,bun mo allahuakbar dulu yaa..".
6.yang terbaru,azka dah bisa nunjukin ke dadanya sendiri tiap kali bunda bilang"my name is azka..kaka..".

hihii...ga da abis2nya deh kalo ngomongin anak ye ibu2....ampe mulut berbuih2 juga eh salah kalo ini mah ampe jari2 tangan bun gempor ngetikin ini mah jg ga kerasa capeknya:)), yg ada baru besok pagi bgn2 kaku2 semua jari2 tangannya:((..

waaaakss....blm lagi kemampuan bahasa azka....hihii,jgn bosen ye tante2 cantik...soalnya nih mumpung bundazka lagi ga hilang ingatan*hiperbola*,soalnya biasanya bundazka tuh yg pelupa bgt orangnya..apa2 ga inget,baru kejadian aja suka lupa...nah ini ceritanya lg dapet wangsit berupa daya inget..hiiihii..
kembali ke kemampuan bahasa azka,sampe detik ini,azka udah lumayan vocabnya loo tante2 cantik..
contohnya niih..ngomong:
1."nana..",kalo nunjuk banana.
2."cloo...",kalo bilang close.
3."nen..nen..",tiap kali minta nenen bunda.
4."nen..nek..",kadang pas manggil utiazka,tp kadang juga suka ketuker ama nenen..:))
5."guk..guk..",kalo liat anjing.
6.""dada.."
7."mam..mam..",kalo mo minta makan.
8."mama..",kadang kalo bilang bunda..pasti langsung bunda bales.."bunnnn..ndaaaaaaaa...".
9."ka..kuung..",tiap dgr bun bilang akung*masudnya akungazka*
10."emmm..bahh..",tiap dgr bun sebut embah amien...
11."kaka..",nah yang ini faseh bgt..soalnya dia nyebut namanya dengan ka..kaa..
12."ka..ki.."
13."ka..ku.."
14."de..de..",tiap kali nunjukin benda yang bunda tanyain.
15."dii..',yang ini ga tau knp,tiap kali mencet tombol lift pasti ngomong gini..pdhl bun bilangnya"press..".
16.”eek..”,kalo mo bilang dia pengen eek ato ga malah udah kecolongan eek duluan
17.”eng..gak..”,kalo azka ga mau,ato ga suka,ato kadang bilang gitu pas dia ga suka bundanya malah sibuk sendiri ngerjain yang lainnya…
18.” Buuuu…k..”,kalo nunjuk buku..

19."wawah..", nah ini sebenarnya ajaran yang salah,tapi karena dah terlanjur,ya wislah..jadi gini,tiap kali ada benda jatuh,ato ga azkanya yang jatuh,bunda tuh sukanya ngomong"wawah...",yang diambil dari bhs jawa "dawah" yg artinya jatuh..nah,si azka nihh malah bisa ngikutin ngomong wawah terus..jadi kalo dianya jatoh ato benda lain jatoh dia lgsg bilang.."wawahh..." dgn ekpresi lucunya.
19. hmm..apaan lagi yaaa…penyakit lupa bun kambuh

ya sudahlah ibu2 sekalian..segini dulu aja apdetan perkembangan anak bunda sayang, AZKA,besok2 diterusin lagi kalo bundazka dah dapet wangsit lagii..hehehe..
bundazka ngucapin makasih sbesar2nya buat tante2 cantik yang dgn sabar ngebaca
tulisan bunda satu persatu,runut, ga ada yg keliwatan, ..hmm..salut iihhh..
tp bun makasih juga buat tante2 cantik yg ngebacanya sambil diloncat2in,hihii,bukan
karena bosen bacanya yaa tante..tapi karena dikejar deadline kudu ngumpulin laporan ke bos..*ayo ketauan yang pada sok serius mantengin kompie padahal laig ngeblog,hihihii..*,n terakhir bundazka jg makasih buat tante2 cantik yang cuma baca nglirik bentar ke postingan bundazka n langsung nulis di shoutbox aja tanda dah mampir...hahahhaaa.......bebas2 aja lagi yaaa......:))
oke dee..piyu padi….siyuuuuuuu lagiiiiiii.............

cerita mudik azka..


| View Show | Create Your Own


12 desember kemaren,bundazka sekel mudik ke jogja,pesawatnya kudu lwt jakarta dulu, sowalnya sejak november penerbangan direct singapura-jogja diapus..bete kan yaa..biasanya
mah enak aja cuma 1 jam 50 menitan dah nyampe jogja,ini pake acara transit segala.
tapi itu malah yg justru bikin tmbh greget acara mudiknya..mana nyampe jakarta pesawat ke jogjanya ke delay 40 menitan lagi..hehe, serasa kangen ini kudu diempet2 gitu deh..
tiba di bandara adisucipto jogja,,,pyuffff,akhirnya...nyampe juga di jogja tercintaku..
deg2an abis rasanya, mo ketemu ama uti akung, embah Amien, dan sodara2 yang laennya..


di bandara udah ada utiakung yg jemput,masi keinget banget gimana ekspresi akungnya azka pas liat azka pertama kali...bundazka ngeliat raut muka berkaca-kaca dari wajah akung,serasa kangennnnnnn bgt ama azka...langsung deh cipika-cipiki, dan azka langsung diambil alih ama utiazka :0). Azka juga keliatan seneng bgt, kayak masih keinget suara2 yang dulu sering banget mengisi hari2nya, buat informasi,dulu ampir tiap hari utiakungnya azka maen ke rumah azka, untungnya rumah kita ga jauh ama utiakung,so ampir tiap hari deh utiakungnya azka nemenin azka..

Langsung deh abis itu ke rumah mbah amien, disitu mbah amien sudah nungguin kedatangan cucu kesayangannya..semua bahagia hari itu..azka langsung dateng2 pamer kalo dah bisa jalan walo baru beberapa langkah..yang lucunya lagi,hikmah mudik ke jogja bwanyak banget, mule dari azka yang tambah lancar jalannya*bener2 udah lupa merangkak lagdi lho...*, bisa ngerayain ultah azka bareng2 keluarga besar, bunda bisa turun mesin alias bundazka tiap hari kerjaannya pijeeeeeett ajahh...hehehe...maklum,keinginan yang terpendam lama sejak 6 bulan di singapur, badan udah kayak mati rasa*hiperbola*, hihii kerja sendiri tanpa asisten,mule dari masak, nyuci, ngepel,momong anak,ngurus suami,dll. ..makanya Alhamdulillah bgt, keinginan bundazka kesampean, ndelalahnya bundazka punya tukang pijet langganan yang bs dipanggil kerumah dan enaknya lagi,selain bisa pijet, si ibu ini bisa juga ngelulurin seluruh badan...waaahh,nikmat lah pokoknya! ga perlu capek2 ke spa,udah lebih mahal, ga marem pula..sowalnya ama si ibu lulur ini, bisa nyediain juga fasilitas kayak ratus badan..dan semuanya tradisional bahan2nya dia bikin sendiri..

Dan yang lebih nyenengin lagi, kalo ternyata sekarang disamping rumah mbah amien ada buka salon kecil2an,ini proyeknya om mumz*adeknya abiazka* yang pengen mraktekin ilmu bisnis yang dipelajarinnya.tapi dia cuma owner doang loh,bukan kapsternya hihiii....lumayan juga lho omsetnya, soalnya target pasarannya ibu2 tk depan rumah persis, yang lagi pada nungguin anaknya sekolah..makanya tiap kali bundazka maen krumah mbah amien, pasti deh bundazka mampir ke salon"savilla" nama salon itu.hihii, mule dari ngecat rambut"hehe,skrg merah maron bo!", krembat, hair spa, hair mask,ampe pijet di kursi pijet listrik yang juga tersedia di salon itu..hihi,lumayan ngirit banget jadinya,soalnya harganya masih harga promosi...*untung...*


hmm,apalagi yaa..o ya,slm di jogja bundazka juga ngadain reuni ama tmn2 bundazka dulu pas kuliah bhs inggris di eec-nya sadhar,ada sari yg lagi hamil gede, ada yuli yg dah punya anak3 tahun, ada mamacencen,hihi lucu ajah,kita tuh kan dulu kuliahnya dah 5 thn yang lalu,ktmu2 dah pada punya anak smua...pdhl,kalo emak2nya kayaknya pada ga berubah..hihii..
dah gitu,bundazka jg reunian ama tmn2 bun sejawat dokter gigi,wah mereka dah pada praktek semuaskrg,ada yg lagi ptt di daerah pelosok, ada yg lagi ngambil spesialis,ada yg kerja di rumah sakit...lha bunda...hihii, kerja juga...jadi dokter gigi pribadi abiazka dan azka:))


seruuu dehh pokoknya..oya,kan waktu itu bertepatan dgn idul adha,so kita juga kurban disana,nah azka jadi punya pengalamand eh pas mo cari2 kambing buat kurban, kita ampe ke desa2 yang masih banyak sawahnya,azka jadi tau deh ama yg namanya embek,sapi dan sawah...hihi,soalnya,selama ini dia kan taunya embek ama sapi dari buku doang..:)


Nah,pas pulang mudik kemaren itu,di joglo,belakang rumah bundazka lagi panen rambutan,bwanyak bgt azka seneng bgt deh ama rambutan,mungkin geli dgn bentuknya yang berambut..dan tau ga bu,azka tuh ya paling seneng giliran mbah amiennya manjatin puun rambutan buat nyonggrokin*waduh,itu bhs indonesiannya apa yaaaaa*,ya itulah metikin rambutan tapi pake galah..nah kan si rambutan pada berjatuhan tuh ke bawah, waaah si azka histeris teriak2...hihii,karena liat cucunya seneng, mbah amien tmbah smgt deh metikin rambutannya*ati2 lo,mbah...*, hihi emang bener yaa.buat cucu apapun dilakukan:))


kalo dirumah utiakungazka, juga lagi panen rambutan,mangga, ama jeruk bali..so ampir tiap hari dehkita disajikan mangga hasil kebunnya uti yang manis banget,mana uti punya ampe 5 jenis:)).
mudik 3 minggu di jogja,bener2 bikin kita udah terlanjur keenakan hidup di jogja..tau ga, rasanya jadi beraaaaaaat banget mo kembali ke singapur..apalagi bundazka, di jogja tuh yaa bundazka tuh yg bener2 ongkang2 kaki alias bisa berleha2 secara bundazka jadi punya dayang2 banyak disana..ada uti,mbak mini*asisten bun yang nungguin rumah bun*, dan sodara2 yang laen yang ga henti2nya pgn jagain azka....wah pokoknya bundazka dibiarkan utk memanjakan diri deh...ampe2 bundazka tuh ngerasa bun cuma ketemu ama azka kalo pas azka mo nenen ajah:)),kejam ihh bunda..


makanya,pas deket hari2 mo pulang,bundazka sempet stress(hehe), mikirin waah bisa lagi ga ya bun kerja semuanya apa2 sendiri..? la wong utiazka ampe ngerasain gimana capeknya bundazka disana sndiri,kan ngurus anak aja udh makan tenaga banyak,blm masih kudu masak,ngepel,nyuci,dll,*hihi,mungkin utiazka ngerasain sendiri gimna gempornyajagain azka,soalnya azka tuh yaa,ga pnh diem kalo lagi melek...gerak mulu..mana kan dia lg bljrjalan jadi kudu disatronin bener2 kalo ga mau bibir atawa kepalanya ciuman ama lantai:)*
tapi kemudian bundazka yakin,org lain juga pada bisa ngurus anak sndiri masak bun ga bs, lagian yang bikinbun tenang, karena ada abiazka yang sangat ngebantu bun banget..bun bersyukur deh punya suami kayak abiazka..bnr2 bantuin bun dlm hal urusan rumah, apalgi dlm hal urusin azka, ibaratnya,abiazka ini bisa ngelakuin semua yg kayak bundazka lakuin kecuali nenenin..hihii...jadi kita bs shift2an jagain azkanya:))makasih yaa sayang..dah ngeringanin kerjaan bunda..i love u...ntar bundazka pijetin deh pas sambil abi belajar:).


Mo tau gimana bundazka ngerayain malam taon baru...?hihi, bundazka terkapar dengan pipi tembem kecapekan abis niupin balon2 buat acara syukuran ultah azka yang diadain tgl 1 januari. bun dan abiazka sengaja milih tanggal 1 untuk syukurannya,soalnya kan pas tgl 31 des nya bertepatan dgn lebaran idul adha..pasti org2 pada pgn nyate n nongseng bareng keluarga mereka masing2..tul kan yaaa...?*tukul kali....hihihi*
kembali ke lap....tooopppp....ya gitulah cerita mudik azka, diisi dengan canda dan raut wajah bahagia dari semua keluarga..kita semua menikmati mudik ke jogja kali ini..hmm,kapan lagi yaa mudik..mesti nunggu abiazka liburan semesteran lagi nihhh...oh jogjaku, bener2 jogja berhati nyaman.....:)




ultah pertama Azka..


| View Show | Create Your Own

Alhamdulillah, 31 desember 2006 kemaren, Azka akhirnya setahun juga umurnya..nah berhubung bundazka sekeluarga saat itu lagi mudik ke jogja, ya udah deh kebeneran sekalian ngadain syukuran ultah azka yang pertama..
waah seru deh syukuran ultah azka, bundazka ngundangin temen2 bundazka yang udah pada punya anak, temen2 abiazka, dan juga para kerabat deket..niatannya ya cuma kumpul2 kangen, mumpung ada eyang2nya azka di jogja walopun sedih juga eyangKus (eyang putrinya azka dari abiazka) ga bisa ikutan hadir sowalnya pas lagi ibadah haji..tapi doa eyangkus utk azka bnr2 sbg obat kangen....

Acaranya diadain di joglo,belakang rumah bundazka. Bundazka bersyukur banget acara syukuran ultah azka ini ada-ada aja rejekinya..kerabat deket pada ikutan nyumbangin makanan dan minuman, mule dari makroni skutel, bika ambon, mpe es buah koktel ama es krim segala, selaen menu utama siang itu baksonya "yu mul" yang sweger dan nasi kuning ama buah2an segar.

Pokoknya semua pada turun tangan dehh...bundazka yang ngedekor ruangannya ampe lembur niupin balon semaleman(hehe..), abiazka yang urusan ngatur2 kursi ama plengkapan laen, uti dan akung azka urusan snack dan kue2 kecil, pakde dan om-nya azka urusan dokumentasi, auntie hanumnya azka urusan ngemsi, mbah amien nya azka urusan baca doa...hihihii....intinya semua pada hepi myambut setaunnya azka...kalo si Abang azka mah nyante2 ajah dianya,..udah kesenengan aja ngeliatin balon yg segitu byknya..suka banget dia kalo pas bunda niup balon tiba2 ada yg pecah...dooorr.....pasti lgsg diikutin gelegar tawa azka..

Nah pas hari H,alhmdulillah,tmn2 bundazka pada dateng semua,campur ama anak2 tetangga sekitar terkumpul juga 40an anak kalo ditambah ama bapak ibunya dan yg laen2 ada deh kali 90an orang....wuiiih, bundazka legaa banget...seneng bgt! kebayang kaan syukurannya azka jadinya meriah walo hanya dibuat sederhana...

Temen2 Azka yang pada dateng juga pada bahagia..mule dari yang masih bayi 6 bulan mpe kakaknya yg udah kelas 6 SD semua menikmati kumpul2 siang hari itu...semua santai bareng..ada yang lesehan dibawah pohon..ada yg sambil berdiri..ada yang sambil lari2an, sambil ngeliat ikan...Siang itu juga acara diisi ama pak JOko,seorang guru TK temen baik kita yang ngasi dongeng ke anak2,juga ada acara lomba anak2 kayak nyanyi, nyusun2 balok, pegang kelereng, yang semua anak yang ikutan dihadiahin door prize kecil2an kayak peralatan sekolah(tempat pensil,krayon,dan kawan2nya)..beruntungnya lagi,semua hadiah door prizenya itu bukan bundazka yg nyiapain,tapi itu hadiah ultah dari budenya azka...alhamdulillah ya kak..murah rejekimu,nak...:)

Ga kalah serunya, biar bukan hanya jadi ajang kumpul bocah, buat para orangtuanya juga diadain lomba lukis anak..yaitu para anak kudu ngedandanin wajah bapaknya..waaaaah,kocak kan...jadi siang itu,tiba2 jadi banyak "waria" berkeliaran di tengah acara..hehehehhee....trus ada juga lomba para ibu ngedandanin para bapak..hahaha,semua itu idenya si auntie hanum-nya azka!!dasaaaaaar...:)

Alhamdulillah,semua tampak menikmati acara siang itu, azka apalagi...., ngeh kalo dia yang jadi bintangnya siang itu,semakin tebar pesona kemana2..hihihiii...

Selamat hari kelahiran ya anakku,Mohammad Azka Rais..jadilah anak yang sholeh,cerdas, berprestasi, ramah,dan selalu berada di jalan Allah...

Doa abi dan bunda selalu iringi langkahmu,nak....






met taun baru 2007 yaaa......



hai halloo bloggers,
bundazka sekeluarga mo ngucapin met taon baru 2007, semoga di taon ini semua citacita dapat tercapai dan semuanya dimudahkan oleh Allah..amien...
sabar yaaa..cerita mudik ke jogja masih belum sempet bundazka apdet,sowalnya saking buanyakknya cerita dan poto2 kudu di upload dulu..kan ga seru kalo asal2an nyajiinnya cieeeeee....namanya juga mo ngasi oleh2..kan kudu yang bagus tul ga..:)
Lagian bundazka juga lagi sibuk mo pindahan apartemen nihhh..yang deket kampus abiazka..so,maapin ye mpok,jeng,tante blm sempet apdet..bundazka makasiihh banget buat temen2 yang ga capek2nya nengokin rumahnya azka tapi kok belum ada kabar baru dari azka....

jangan males2 mampir ke blognya azka yaaaa.....:))

ps: yang diatas itu ada sedikit "bocoran" poto pas azka ultah setaun di jogja..hehe..cerita lengkapnya nyusul yaa:)
salam,

bundazka