Beginikah rasanya berpisah...??

Mulai siang kemaren, tiap kali Azka minta nenen BUnda, selalu dijawab Bunda "nenennya nanti aja yaa Azka kalo mo bobok malem, kalo udah gelap, tuh masih terang*sambil nunjuk jendela luar*". Dan sepertinya alesan itu disepakati oleh Azka.

Sebagai gantinya, bunda alihkan perhatian Azka dengan kegiatan lainnya seperti menemani bermain, baca buku, nonton dvd,dan jalan-jalan keluar.

Dan alhamdulillah, cukup berhasil, hingga hari mulai malem*terdengar burung hantu, suaranya merdu, lahh kokk malah nyanyiii....?*.
Giliran Azka yang nagih janji bundanya, kalo bole nenen kalo mo bobo malem.

Azka : "Bunda, Azka mo bobo nihh...!"*padahal masih jam 7 mlm, tanda-tanda deh minta nenen*.
BUnda : " yuuk, baca buku yukk Azka..", sambil berusaha ngalihin perhatian Azka.
Azka : *spontan sambil dengan nada protes* " katanya tadi udah gewap boweh nenen...tuh udah gewap tuh, bunda.."*sambil nunjuk ke arah jendela luar yang emang udah gelap*.

MasyaAllah anakku...inget ternyata udah dijanjiin Bunda.

Tapi tetep, bunda berusaha alihin dengan bacain buku sambil kasih Azka minum susu 1 gelas, alhamdulillah, sembari bunda bacain buku, Azka dengerin sambil menghabiskan susunya.

Pikir Bunda, Azka mau bunda bikin kenyang, biar ga inget ama nenen. Abis minum susu, Bunda ajak sikat gigi sebelom bobo, dah gitu balik lagi naek ke tempat tidur nerusin bacain buku ceritanya.

Aiiihhh, ga berasa, ada tuh 6 buku disodorin Azka suruh dibacain ama bunda*kok belum ngantuk2 sihhh, nak!*.

Akhirnya bunda tawarin untuk pijetin azka, yang emang kebiasaan azka sebelum bobo selalu bunda pijetin...Masih resah tuh azka, balik sana balik sini, ngoceh sana ngoceh sini, nguap sana nguap sini,berasa ada yg kurang karena belum ne**n bunda.

AZka : "bunda, azka mau nenen...."
Bunda : "hmm, azka kan udah gede, udah two years,....udah tiup lilinn..., udah mo sekolah.", seloroh bunda.
Azka : *tersenyum malu-malu, mengurungkan niatnya untuk nenen*.

Bagi BUnda, ajaib aja nihh respon azka, biasanya kalo bunda ngomong gini, Azkanya pasti ngambek deh dan diakhiri dgn tangisan yang bikin bunda luluh lagi. Dan kali ini, respon azka beda banget!.

Jam udah diangka 11.30 malem, masih belum mo bobo juga Azka. Dari mule bunda pijetin, baca doa mo tidur bareng, bunda sholawatin...., mata azka tak urung mau terpejam.

*hihiii, gini nih resiko mau nyapih, kudu siap sedia nemenin anak sampe bobo, biasanya kalo dikasi ne**n, langsung bobo*.

Yang bikin bunda terharu, adalah dengan jawaban azka saat dia[lagi-lagi] meminta ne**n bunda,di detik-detik terakhir Azka sudah terlihat ngantuk sekali..
AZka : "bunda, azka mau bobo....."*maksudnya minta nenen*.
Bunda : "eits....azka kan udah two years..., udah gede yaaa...."*dengan ekspresi riang*.
Azka : "engga nenen lagi donggg............!", jawab azka dengan senyum mantapnya, sambil berusaha memejamkan matanya...........
Bunda : " Azka, walo bunda udah ga nenenin azka lagi, tapi bunda tetep sayaaaaaaaaaaaaang banget ama azka...Azka tau ga kalo bunda sayang?".
Azka : "tau, bunda.....", jawab Azka lirih sambil tersenyum.

Dan sambil bunda senandung, ternyata Azka lama-lama pun tertidur dalam dekapan bunda.Tanpa bunda sadari, tiba-tiba ne**n bunda mengalir membasahi baju yang bunda pake malam itu.

Subhanallah, udah lama banget bunda ga ngalamin ne**n ampe basah gini, ini pasti karena efek bunda juga merasa sedih karena akhirnya tiba saatnya harus mule mengikhlaskan menyapih Azka.

HUhuhuhuhu.......ga terasa, dah basah aja deh air mata bunda, langsung bunda bisikin ke telinga Azka pelan " I love U, Azka...!".

Ya Allah, terimakasih kau anugrahkanku kesempatan untuk menyusui anakku dan menyapihnya pun dengan cinta...
Dan semoga Azka tumbuh menjadi anak yang sholeh, cerdas, sehat dan berakhlak baik..Amien ya rabbal alamien...

Kunci utama menyapih dengan cinta adalah membina komunikasi yang baik dengan anak, sabar dan ikhlas karena pasti kan ada saat yang tepat yang kadang tidak kita duga-duga.
Diawali dengan rasa cinta dan ketulusan, dan diakhiri pun dengan cinta dan keikhlasan....






[Masih] Menyapih dengan cinta....

1. Lagi berduaan di kamar ama Azka.
Bunda: "AZka, nenen bunda abis nih..battery off! "*itu sebutan kalo maenan AZka mati keabisan batre*. "AzKa ga bisa nenen lagii nihhh...."*sambil pura-pura pasang muka sedih..*.
Azka: "Azka beli batrenya dulu yaaa, bundaaa....!"*sambil ngeloyor pergi pura2 lagi beli batre*.
Azka: "nih bunda.."*sambil pura-pura nyerahin batrenya ke arah bunda....*.
"Azka pasang batrenya yaaa bunda......klik..klik..."
*sambil pura-puranya masang kearah ne**n bunda*.
BUnda
: *lemes ga berdaya, siap-siap dinenenin Azka lagiii....*.


2. Masih berduaan ama Azka.
AZka
:
"Bunda, Azka mau bobo...." *sambil ngelendot manja deketin bunda.
Bunda
:
"Ya udah, bobo yukk...."* ngajakin Azka ke tempat tidur*.
Azka : *narik-narik baju bunda*. "Azka mau nenen, bunda...." (asli, lembuuuuut banget ngomongnya).
Bunda:" Nenen bunda sakit nih Azka...aduuhh..aduhhh...." *sambil merintih kesakitan megangin ne**n bunda yang kanan.
Azka : *ngernyitin dahinya, sambil ikut empati* "yang ini sakiiittttt.........*sambil nunjuk ne**n bunda yang sakit*, yang ini bowehh......!!!!"*nunjuk ne**n bunda satunya lagi*..
Bunda: *terkapar tak berdaya.....*!

3. Masih ..dan tetep berdua ama Azka.
Bunda
:
"Azka, nenen bunda kan bau.....huwek.....", *manteb bgt nih ekspresi bunda kek nyium bau yang ga enak banget*.
Azka :*dengan tenangnya* "Azka clean first yaa....., bunda!".
Bunda :*lagi-lagi pasrah....*.

4.Masih banyak trik-trik yang udah bunda pake*yang belum yang pake cara dioles2in di ne***nya, karena bunda pengen pake cara pengertian dulu, baru ntar kalo dah ga mempan kali yaa,hihihi*, dan tetep...gagal maning...gagal maning..,yang terbaru tadi sore...

Bunda : "Azka, nenen bunda berdarah lo....hiks...sakiiittttttt.....".
Azka : " kenapa bunda?" *pasang muka sedih*.
BUnda
: *spontan* "kena pisau tadi...." *pasang muka lebih sedih...walo sebenarnya agak ngenes juga kok kasi jawaban gitu ke azka...kyknya ga pas aja ..*.

Azka : *langsung ga mo nenen...kasian sama bunda dia sepertinya..*.

Tiba-tiba Abiazka telpon, bunda ngabarin, "nih lo Bi, Azka pinter, dah ga nenen bunda...".
Dibalas Abiazka " oyaaa, waahhh hebat..".
Azka langsung ngerebut telpon bunda n ngomong ke Abi, "nenen bunda adawah, bi.."*berdarah*." kena pisau...".

Langsung abi bilang ke bunda kalo jangan gitu bilang ke Azka, kasian nanti Azka imajinasinya jelek, masak nenen kena pisau..!.

Bener jugaa yaaa, pikir bunda. Langsung abis itu bunda bilang ke Azka, kalo Azka bole nenen lagiii, nenen bunda udah sembuh....

Eh si Azka spontan jawab gini," yeeeeaaaaaaahhh......Azka boweh nenen lagiiiiiiiiiiiiiiiii!" *sambil tereak gembira kedua tangannya diangkat keatas dan dengan sorot mata yang berbinar-binar*.

Subhanallah cah bagus, ini lo yang bunda seneng kalo nenenin kamuu.....rasanya Azka butuuuuuuuuuuuhhhhhhhhh banget sama bundaaaaaaaaaaaaa.....

Yaaaa, memang bunda ternyata belum siap juga nihh mo lepasin nenen dari Azka....:).

InsyaALlah akan datang saat yang tepat bagi bunda dan Azka untuk dapat saling melepas ketergantungan ini*huhuhuhu, jadi sedihhh kek ga rela gituu*.

....dan semoga dapat menjadi kenangan terindah baik untuk Bunda n Azka nantinya...yaa..semoga,... diawali dengan rasa cinta dan ketulusan, dan diakhiri pun dengan cinta dan keikhlasan....


Amiennn...............i love u, my beloved son!

Menyapih dengan cinta....??

Usia Azka sekarang udah mau 2 tahun 2 bulan. Alhamdulillah, kalo menurut milis ASiforbaby yang bunda ikutin, Azka udah lulus S3, istilah kalo anak sudah berhasil mendapatkan hak ASI- nya selama 2 tahun...*hihii,jagoan yaa Azka, abibundanya aja belum S3*.

Memberikan ASI(nenenin) Azka memang kegiatan yang sangat menyenangkan buat Bunda dan alhamdulillahnya, Azka juga menikmati banget nenen sama BUnda.

Apalagi dulu pas bayi, Azka juga dapetin ASI Ekslusif dari Bunda, dan diterusin ampe sekarang, ASI bener-bener minuman utama buat Azka selain air putih, yogurt, jus buah dll.

Sempet berkali-kali n
yobain kasi susu formula buat Azka, tapi hasilnya bukannya Azka ga doyan, tapi ga bisa banyak aja minumnya, so walhasil kadang udah keburu kadaluwarsa deh tuh sufor lupa keminum*kan sayang yaa,mahal..!*.

Lagian memang Azka ga ngenal yang namanya ngedot botol dari kecil, dia make gelas ato sedotan buat minumnya.*hehehe, kalo ini karena bundazka ribet aja kalo kudu nyeterilin botol n cuci botol terus2an, enakan langsung "makleB.." alias susu cap gantung! :)).Toh kan BUnda selalu bareng ama Azka terus alias stay-at-home mom.

Naaaaaaaahhhh, kembali ke judul diatas, sekarang yang menjadi masalah adalah, kayaknya Azka dah kudu mulai disapih nihhh....

Memang sihh, komunikasi dua arah antara bunda dan azka sudah berlangsung pada saat azka belum menginjak usia 2 thn. BUnda dah sering bilang, "kalo besok Azka udah 2 thn,udah tiup lilin.., Azka udah ga nenen bunda lagiii....Azka dah mo sekolahh...Nenen Azka buat Adek yaaaaaa....".

Obrolan bunda dan azka itu kadang bisa di mengerti oleh Azka, dimule dengan dikuranginya frekuensi nenen Azka, menjadi kalo nenen cuma di tempat tidur aja *biasanya kan dimana saja, kapan saja, mo di bis kek, train kek, mo tiap stengah jam kek,tuh pabrik susu selalu tersedia buat Azka..:))*.

Nah program itu sempet berhasil, Azka bisa nahan keinginannya untuk nenen, terutama kalo misalnya seharian bunda ajak pergi, jalan-jalan, ketemu temen2 Azka yang seusianya, waaah...bisa lupaa tuh si Azka ama nenen bunda.

Tapiiiiiiiiii....tetep ajaaaaaa,kalo dah sampe rumah, bundanya langsung aja diajakin ke tempat tidur* hihii, karena dia tau nenen hanya bole di tempat tidur aja....*.

Yang jadi masalah jg, ternyata Azka intoleransi laktosa,jadi sempet kemaren, Azka sakit agak lama pas mudik ke jogja, dikarenakan Azka ga cocok ama susu UHT*dulu pdhl sempat ga papa lo minum UHT*. Jadi efeknya langsung diare, dan azka jadi ga bisa mencerna makanan dgn baik *aiiihh..refot kan..!*. Sebagai gantinya, Azka disaranin minum sus
u yg free laktosa, ato ga susu kedelai, naaahhh...ini diaaaaa...Azka ga doyan!!:(.

Belakangan ini, BUnda kasi Azka tambahan susu Pediasur* rasa vanila, yang ini alhamdulilahnya Azka doyan. Efeknya juga oke tuhh, nafsu makan Azka bertambah banget, padahal kan Azka ga punya masalah dgn nafsu Makan alias pemakan segala*yang halal2* ;). Kebayang kan.....?? Makan terusssssssssssss...............!.

Anehnyaaaaaaaaaa.....walo dah dicekokin pediasur* yang menurut iklannya bisa mengenyangkan walo ga perlu makan*ah..masa sihhh...*, teteup sureuteup ga mengurangi minat Azka utk nenen ama BUnda...

Kadang bunda sengaja tuh kasi dia minum susu porsi banyak dgn harapan dia lupa n kekenyangan n ga minta nenen...........apa mo dikata...salah totaaal pemirsa.....!!Sukses menghabiskan segelas susunya, kata yang pertama diucapin Azka adalah "bunda...nenen yukkk....!" *&^&%&**^pingsan bunda&^%&**.

Sempet sebulan kemaren, bunda kondisikan kalo ada adek di perut bunda*baru dikondisikan lo, doain beneran yaa
a....amien....*, Waaah, azka sumringah banget tuhh, sayang banget dia ama adeknya, perut bunda dielus2, adek beibinya diajakin ngomong..

Sampe-sampe giliran mo nenen, walo dah dikasi tau kalo nenen buat adek, eh Azka nyeletuk "adek...,*dengan muka mengarah ke perut bunda* Azka minta nenennya yaaa??...boweh yaaa.....???".

Giliran dah selesai nenennya, eh Azka nya ngomong gini, "adek..., nenennya abis.. *sambil pasang muka sedihh....*". Wuahhahahaha.....Azka..azka..bisa aja sihh kamu nak...!.

Asli deh, kalo liat penampakan si beibi bongsor Azka, dengan tinggi 95 cm, berat 15 kg,dengan keceriwisannya ngomong, tingkahnya yang sudah berulah,udah mandiri*dah bisa lepas n pake celana sndiri, buka n pake sepatu sendiri, mandi sendiri,makan sendiri* waaahh.. udah ga pantes banget deh kaloo masih nenen...hihihiihii....

Akhir kata, ya udah deh bunda mah ikhlas-ikhlasin aja, mo kapan Azka brenti nenen, yang jelas kan ga bakal amp
e gede*maluuuu donggggggggg Azkanya juga...*.BUnda juga ga bakal capek2nya untuk ngasi tau Azka untuk mule ga nenen lagi.

MUdahan seperti yang dibilangin Eyangkus-nya Azka, "santai aja bunda...nanti kan kalo ada adeknya dia berenti sendiri nenennya! nenennya jadi ga enak..".

Yaa..semoga saja..Wallahu alam bi shawab.
* bunda ngetik postingan ini dgn posisi Azkanya nenen dan tertidur di pangkuan bunda...hahahaha.....saking terbiasanya :)*.




Pagi hari di East Coast Park

Pagi-pagi banget Azka udah bangun dengan semangatnya, karena Azka tau pagi itu abibunda bakal mengajak Azka ke pantai.. Langsung tuh, Azka pegang tas isi peralatan main pasirnya sambil bersenandung ria...

Setelah nyiapin bekel untuk di makan di pantai, kita bertiga berangkat deh tanpa harus mandi dulu, hehehe. Nyampe sana, suasana udah meriah..


Ternyata, banyak yang berpikiran sama untuk menghabiskan liburan Chinese New Year ke pantai, rekreasi bersama keluarga.

Ga kalah banyaknya juga orang-orang yang menginap di pinggiran pantai dengan me
ndirikan tenda-tenda lengkap dengan peralatan masak-memasak yang pastinya rencana menginap di pinggir pantai ini sudah menjadi agenda yang disiapkan mereka jauh-jauh hari sebelumnya.

yang paling berkesan sepedaan bertiga niiihhh.....seruuuu

Karena baru pertama kali kesana, kita masih agak-agak bingung dengan kondisi lapangan. Akhirnya kita putusin untuk nyantep bekel sandwich yang bunda bawa dari rumah. Dan akhirnya, kita mutusin untuk nyewa sepeda buat nyusurin pantai yang luas banget itu, dengan niat bisa tau seperti apa sih pemandangan semuanya.

Senangnyaaaaaa...ternyata ada sepeda yang
buat kita bertiga barengan. Jadi Abi didepan, bunda di tengah, azka di belakang lengkap dengan sabuk pengamannya. Sewa sepedanya juga ga mahal, 9 dolar untuk 2 jam.

Asliiiiiiii....seneng banget
ttttttttttt.........mungkin karena naek sepedanya bertiga kali yaaaa...;).

Sepanjang pantai yang kita susurin, Bunda dan Azka ga henti-hentinya nyanyi, azka kelihatan enjoy banget deh, Abiazka juga tuh khusyuk mengayuh sepedanya sambil sesekali kami mengomentari para pe-jogging dan pengu
njung pantai pagi itu yang memang bermacam-macam gayanya.

Separuh jalan, kami pun putuskan untuk mampir sebentar ke pinggiran pantai untuk bermain pasir dan air. Awalnya agak males, cuma karena faktor Azka, masak nanti dia mikirnya "ohh, kalo ke pantai itu sepedaan to?....", kan refot...hihihiihi...Soalnya dia udah tau, kalo di pantai, nanti bisa maen pasir dan air.


Yaaa biar afdooooooollllllll....gitu looooo...;)

Jadi deh, ciprat-cipratan air, sambil aduk-aduk pasir, tampak abi dan azka menikmati banget permainan pagi hari itu, kalo Bunda memang bagian jeprat-jepret.

Seneng banget deh liat tawa lepas Azka saat bermain dengan ombak di pantai....

Sudah cukup kencan ama si matahari, alias penampakan kulit yang sudah mule terlihat belang, acara maen air disudahin deh..Mandiin Azka, dan lanjut ngegoes sepeda lagii...

Nyampe di tempat penyewaan sepeda, pas bange
t waktu sewanya. Masih belum puas, kita jalan-jalan sekitar Mc Don*ldnya, ternyata banyak banget kios-kios makanan dan juga arena bermain untuk anak-anak....

Langsung dehhhhh.......si Azka nyobain satu-satu maenannyaaaaaaa....

masih kurang puas maen di pantai nihh Azkanya...

Hmmmmm, alhamdulillahhh....., senang juga liburan ke pantai sekeluarga, ketimbang nge-mol mlulu,hehehe *gaya euy Bunda ngomong gini secara mol-molnya pada tutup gara2 CNY,wekekek...*.

3 tahun yang lalu...


Poto jadul Abi dan Bunda sebelum ada Azka


Tepat 3 tahun yang lalu, terucapkan Doa cinta sang Pengantin..

Ya Allah,
Andai Kau berkenan, limpahkanlah rasa cinta kepada kami,
Yang Kau jadikan pengikat rindu Rasulullah dan Khadijah Al Qubro
Yang Kau jadikan mata air kasih sayang
Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra
Yang Kau jadikan penghias keluarga Nabi-Mu yang suci.

Ya Allah,
Andai semua itu tak layak bagi kami,
Maka cukupkanlah permohonan kami dengan ridlo-Mu
Jadikanlah kami Suami & Istri yang saling mencintai di kala dekat,
Saling menjaga kehormatan dikala jauh,
Saling menghibur dikala duka,
Saling mengingatkan dikala bahagia,
Saling mendoakan dalam kebaikan dan ketaqwaan,
Serta saling menyempurnakan dalam peribadatan.

Ya Allah,
Sempurnakanlah kebahagiaan kami
Dengan menjadikan perkawinan kami ini sebagai ibadah kepada-Mu
Dan bukti ketaatan kami kepada sunnah Rasul-Mu.
Amien....


Semoga kami selalu dapat menjaga amanah-Mu ,Ya Rabb.....
Semoga rahmat dan hidayah-Mu slalu hadir dalam tiap hembusan nafas kami ,Ya Rabb...

"Cat rumah baru" dan 2008 friendship contract

Halooo....

Wiihhh..berasa seger deh cat rumah AZka baru niiihh...;), jadi buat temen-temen yang mampir kesini jangan pangling yaaa...bener kok, ga salah...ini emang rumah Azka,.....cuma abis dicat baruu niiihh...

Spesial makasih banget buat mb emma, sobat ngeblog di Singapura yang sekarang sudah pindah ke Malaysia, yang udah nge-design rumah baru buat Azka...Makasiihh yaa mama Ben!. Salut deh ama mb emma ini, inget banget dulu, mb emma yang belum bisa utak-atik blog awalnya, eh dengan smangat gigihnya, belajar otodidak tentang ngedesign blog dan banner, dan sekarang temen-temen pasti dah tau sendiri kan karya-karyanya mb emma yang kreatif dan juga tutorial cara bikin scrapbook yang pasti sangat berguna banget buat temen-temen blogger yang pada mo blajar...Thx a bunch, fren!.

Ga lupa juga bunda mo makasiiiihhh banget buat Mama Ay yang udah buatin rumah Azka yang keren banget sebelumnya, yang udah ditempatin Azka sejak buLan Juni 2007 lalu..Makasihhh yaaaa mama ay, udah bikin rumah yang buat bunda dan temen-temen betah mampir lama-lama ;).

Oyaaa bundazka juga mo makasih buat mbu'Azka yang udah nyerahin 2008 friendship contract buat bunda...langsung nihhh di teken kontraknya ama bunda.. Smg kita selalu dapat mejaga tali silahturahmi di dunia maya ini yaaaa mbu'.;)

Dan tentunya bundazka juga pengen berbagi kebahagian dengan nyerahin 2008 friendship contract ini ke temen-temen maya bundazka lainnya, supaya diterusin ke blogger2 yang lain, agar jalinan silahturahmi kita smakin bertambah dan bertambah....

Ini nih isi kontraknya :


After serious and cautious consideration...your contract of friendship has been renewed for the New Year 2008! It was a very hard decision to make. So try not to screw it up!!!

My Wish for You in 2008

"May peace break into your house and may thieves come to steal your debts. May the pockets of your jeans become a magnet of $100 bills. May love stick to your face like Vaseline and may laughter assault your lips! May your clothes smell of success like smoking tires! May happiness slap you across the face and may your tears be that of joy. May the problems you had forget your home address! In simple words ...May 2008 be the best year of your life!"

diterima yaaaa kontraknya, buat mama ben, mama ay, bunda najwa, bune salma, mamarya, nyi iteung, gege, mama akbar, bunda aura,mama malel, mama Ega, bunda Fia,mama Valisha,bunda key, mama Raul, ibu KEi, mama Calys, Mama Safa n Rafif,Mommy Rayna, Ibu Ais, bunda Alif ba, bunda Fyto, ibu aldien,tante ello, bunda Aqis,

Hmmmmm....dan masih banyak lagii benernya..:)
Tapi segini dulu aja deh, biar kontrak persahabatan ini terus berantai ke temen-temen blogger yang lainnya...dan membuat persahabatan maya kita semakin erat...