2 jagoan Bundazka

Kangen abiazka nihhh....Makanya pengen posting tentang abi dan azka ahh...2 jagoan bundazka!.

Abiazka kebetulan lagi berada di Jerman. Udah seminggu ini Abiazka ada acara konferensi para mahasiswa public policy di Berlin.

Untungnya, bunda dan azka ga kesepian, karena ada utiakung azka yang nemenin di sini *hehehe, udah di buking jauh2 hari dong buat nemenin bunda n azka.....* Makasih yaa utiakung...

Abi dan azka tuh kompaaaaaaaaaakk banget. Kadang bunda ngiri deh kalo liat kemesraan mereka. Azka itu kan engga' nangis kalo ditinggalin bunda pergi, tapi jangan tanya...Azka bakalan nangis tersedu-sedu tiap kali ditinggal abinya ke kampus ato ga pergi kemana gituuu...

Begitu juga kalo Abiazka dateng dari kampus, baru kedengeran bunyi Abi buka pintu aja, sontak Azka pasti dah lari menuju pintu sambil tereak, "Abi ataaangggg....." , sambil lonjak-lonjak sumringah gitu..

Kalo dah gitu, Abi dah buru-buru aja cuci tangan pengen segera meluk Azka *bunda gilirannya ada sendiri....hahahhaa..*.


Cinta banget tuh Azka ama Abinya..
Abiazka keknya bener2 idolanya Azka...

Gimana ga cinta, kalo Abiazka tiap paginya selalu mandiin azka dulu sebelum berangkat ke kampus..?

Gimana ga sayang, kalo Abiazka selalu bikin Azka terpingkal2 karena guyonan serta gerak-gerik Abiazka yang lucu...?

Gimana ga jadi idola, kalo tiap kali Abi ngelakuin apa aja, selalu saja pengen ditiru ama Azka...?

Seperti poto di atas, pas Abiazka lagi pake dasi karena ada acara di kampusnya, eh tiba-tiba Azka nya pengen jugaa di pasangin dasi....

Setelah berhasil dipasangin, gini nih celetuknya azka..."like abi ake aciii...."(seperti abi pake dasi...).

Kalo dah gitu...langsung deh senyum bangganya Azka keluar...*ting*!.

Waktu Azka sakit..........

Azka sempat sakit sehari setelah lebaran..
Ceritanya, ga ada angin ga ada ujan, tiba2 azka demam tinggi(38,9 c),yang langsung bikin panik bunda dan abi.

Karena, hari itu juga, sbelumnya, azka bnr2 ga nunjukin tanda2 kalo dia panas,
malah sejam sebelumnya dia masih seger buger nemenin abiazka ke supermarket deket rumah.

Nah, pulang dari situ, pas bunda lagi asik telpon2an ama utiazka, azka kan bunda peluk,loh loh..tiba2 kok azka anget badannya..

Stres dong langsung..BUnda buru2 kompres azka sambil bunda nenenin.Alhamdulillah, azka bobo pas bunda nenenin, sembari ngompresin azka terus,bunda sengaja ga mo langsung kasi azka obat turun panas. Dan pas di kompres anget, lambat laun mule berkurang.

Tapi kemudian, 1,5 jam azka kebangun dari tidur.
BUnda dan abi ada disamping azka, sambil berusaha menyapanya.."kenapa nak? azka sakit yaaa....?

Baru nyadar, bunda ngeliat azka ga ngerespon omongan bunda. BUnda ngeliat tatapan mata azka kosong dan lemaaaaaaaaaaasssssss sekali.

Astagfirullah.......... Ada apa dengan anak bunda? BUnda tepuk-tepuk pipi azka, sambil teriak,"azka..azka...kamu kenapa nak?"!

Panik banget..Ga ada respon diikuti badan azka kembali panas lagii..
Langsung abi gendong azka sambil histeris, teriak2 "azka..azka...astagfirullahaladziem...".

BUnda tanya azka lagi, "azka mau muntah yaaa...?" Kemudian dijawab azka dengan anggukan,tetap dgn pandangan matanya yang super lemas. Langsung sehabis itu, azka muntah dalam gendongan abi. Muntahnya ga hanya keluar dari mulut, tapi juga lewat hidungnya...

"Astagfirullahhhhhhhhhhhh.................", histeris bunda dan abi.
"gapapa nak..azka sehat nak..udah muntah udah lega nanti nak..", hibur bunda ke azka.
Tapi azka tampak lemas ga berdaya, malah azka seperti tidak sadarkan diri, bibir azka pun membiru.... Allahuakbar...... "azka..azka....kamu kenapaaaaaaaa nakkkk?" teriak bunda.

Waah, subhanallaaaaahh,benar2 seperti mendapatkan musibah bunda dan abi saat itu.
Saat digendong abi, azka sampai2 tidak bisa menahan leher dan badannya..lemaaaaaaaas sekali.

Lari keluar!!, itu yang ada di benak abi dan bunda saat itu.. Kami berdua panik, super hebatnya..Tapi kemudian, Azka muntah lagi, dan diikuti dengan pecah tangisnya...

Sambil berusaha menenangkan azka*dan menenangkan diri kami masing-masing tentunya*, bunda sampe bingung megang henpon mau ngubungin sapa. Sekujur tubuh bunda pun bergetar saking panik dan histerisnya. Bawaannya pengen segera melarikan azka ke emergency rumahsakit..

Langsung bunda raih dompet abi, dan tas isi baju2 azka dan bergegas kami pergi menuju ke rumahsakit... MasyaAllah, telpon taksi aja lamaaaa bgt, pdhl rumah sakitnya cuma beberapa ratus meter dari asrama kampus kita.

Pengen rasanya berlari menuju rumah sakit, tapi kan ga mungkin dgn kondisi azka sperti itu. Alhamdulillahnya, azka setelah muntah, badannya mendadak normal lagi... Dan azka pun sudah tidak nangis histeris lagiiii..Malahan sembari menunggu taksi, dia sudah bisa kembali bermain dan merespon apa2 yg bunda tanya*sengaja,bunda soalnya kawatir banget dgn kondisi azka*.

15 menitan taksi yang kita telpon baru dateng, ga ada 5 menit,dah nyampe ke emergency rumahsakit NUH,dicek suhu azka 38,9 C. MAsyaALlah, demam lagi anak bunda!.

WIIihh, nunggunya lmyn lama, delalahnya banyak jg pasien emergency lain saat itu. Bunda ga henti2nya dzikir dan istigfar sambil menggendong azka erat. Azka bunda nenenin terus..

Sampai pas pemeriksaan, alhamdulillah dokter bilang kondisi azka spt jantung, paru2 sehat. Azka dikasi Ibuprofen buat nurunin demamnya..Beberapa saat kemudian,panas azka pun turun menjadi 37,3 C.

Naaaaaah, masalahnya, bunda bnr2 syok dgn peristiwa "azka sempat seperti tak sadarkan diri "tersebut, bilang ama dokternya, ditanyain apakah azka seperti kejang? sambil jelasin definisi kejang sperti apa.

BUnda bilang, azka ga seperti yg dijelaskan dokter tadi, cuma yg jadi pertanyaan besar bunda, kenapa azka sampai seperti tidak sadarkan diri saat badannya panas tinggi itu, pandangannya kosong...itu yg bunda bener2 cemaskan..

Nah, si dokter UGD ini malah ikutan cemas juga..katanya, ada tanda tanya besar nih knp kok azka ampe "spt mo pingsan itu". Waaks..spontan bunda jadi ikutan keder kan..Karena penjelasan bunda ke dokter itu, diagnosa dokter itu malah mengarah ke infeksi virus dan dugaan adanya first febril seizures alias kejang...*waduuhhhhh!!!!*.

BUnda yakin dia akhirnya nulis gitu karena kecemasan bunda yg berlebihan ttg sempet "blanknya azka itu". Terus terang, bunda dan abi masih syok bgt kalo mngingat saat"beberapa detik azka seperti tak sadarkan diri" tersebut.

Akhirnya, melihat kecemasan kita, dokter nawarin utk rawat inap selama 24 jam supaya dibantu memantau kondisi azka. Pikir punya pikir, karena bunda masih keder takut kejadian itu terulang lagi bunda dan abi mutusin utk rawat inap azka.

Tapi kemudian tiba2 bunda nanya masalah biayanya, pas dikasi tau, kaget juga bunda.. Utk rawat inap disitu, kita kudu deposit 5000 dolar*sekitar 30 juta rupiah*..masyaALlah..duit darimana segitu pikir bunda!.

Karena saat itu, duit yang tersedia cuma duit beasiswa bulanan abi yang ga nyampe sgitu tentunya...MO tuker duit tabungan kita dulu, ribet karena harus ke money changer bt nuker...

Wahhh,rasanya saat itu kita sediiiiiiihh banget..Betapa mahalnya biaya rumkit si singapur ini. Mana bunda n azka ga ada asuransi kesehatan lagi yang mencover, cuma abiazka aja yg dapet dari beasiswa sekolahnya.

Sperti mo teriakkkkkk......Ya ALLahhh..anugrahkan kami kemudahan... Kemudian dgn tekad yg bulat, abi dan bunda mutusin utk merawat azka di rumah saja. Dokternya sih boleh2in aja, karena katanya, sbenarnya kondisi azka OK, cuma orangtuanya aja yg kepalang cemas *yaa gimana enggak,ngeliat azka yg biasanya ceria gt, tiba2 terkulai lemas....*

Azkanya juga slama di emergency ga nyaman, selalu saja bilang "nda..go home..."

Ya udah..bismillah mantep deh bawa pulang azka.. Sampe dirumah, azka masih muntah 2 kali tiap dimasukin makanan...Waduuhh, panik lagi deh bunda..Telpon utiakungazka,mbah amien serta eyangkus, minta tolong didoain..

Akhirnya semalaman abi dan bunda ga tidur ngompresin azka terus..Panasnya naik turun. Bener2 deh, saat2 mengukur pake termometer, bener2 saat yang menegangkan. Tiap kali liat angka digital termometer dah nyampe 37 derajat, bunda n abi langsung ciut...dan berlanjut dgn dzikir dan istigfar terus.

Allahuakbar...anugrahkan kami dan azka keikhlasan atas cobaan sakit ini..smg menjadikan pahala jika kami sabar dan ihklas menerimanya.

2 hari panas azka masih naik turun, kalo diminumin parasetamol, langsung turun, tapi setelah 4 jam efek obat ilang, mule anget lagi. Utiakungazka dan pakdeAzka hari kedua azka sakit langsung terbang ke singapur.

Mereka juga sangat kawatir, malah bunda sempet mutusin utk pulang aja ke jakarta kalo kondisi azka memburuk.Karena biar bagaimanapun, sakit di negeri sendiri, rasanya lebih tenang..
Tapi setelah melihat kondisi azka yang berangsur2 membaik, akhirnya diputuskan utiakung azka aja yg ke singapur.

Ternyata benar....Obat dari Jakarta
alias utiakung dan pakde azka mujarab. Azka senaaaaaaaang sekali saat utiakung dan pakde dateng. Jingkrak-jingkrak seakan lupa kalo dia pernah sakit.

Alhamdulillah...setelah 3 hari,Azka sudah ga demam lagiiii...*terimakasih ya Rab*. Benar2 cobaan yaa melihat anak sakit..Tapi semua ini ada hikmahnya..dan insyallah abibunda bisa memetik hikmah dari sakitnya azka, menjadikan kami lebih dan lebih dekat lagi dgn Allah Sang Maha Pencipta...

Dan benar, kecemasan bunda terjawab sudah, pas kontrol ke dokter langganan bunda, bunda jadi tau, kalo "efek seperti tidak sadarkan diri azka itu" disebabkan karena saat demam tinggi dan azka ingin muntah, kondisi oksigen dalam tubuhnya tidak mengalir sampai ke otak, jadinya sempet membuat azka pucat dan sperti tidak sadarkan diri...

Dan azka terkena
infeksi virus yang tertular lewat udara,ato ga makanan kotor.. Hmm..iya juga yaa..azka kan bermain bareng2 anak2 yang lain yg mgkn saat itu ada yg sdg sakit..

Dan memang benar juga, sehari sebelumnya azka sempet keujanan dikit saat ikutan acara makan2 lebaranan bersama2 org2 indonesia lainnya, jadi mungkin azka tertular virusnya saat kondisinya tidak fit.

YA Allah, As Syifa,..terimakasih kau anugerahkan kesembuhan untuk anak bunda, azka..

Dan Alhamdulillah...saat ini azka sudah kembali ceria lagiiii....joget lagiii..dan yang jelas sekarang azka tambah lancar ngomongnya...dah bnr2 pinter merangkai kata...
Alhamdulillahhhhhhhhh.....

Cerita Lebaran tahun ini....

Assalamualaikum bloggers......

Maaf lahir dan bathin yaaaaaaa.....
selamat Idul Fitri 1428 H......


Udah 2 minggu lebih nih bundazka ga ngeblog. Alesannya banyak, mule sibuk persiapan lebaran *ciee, kek apaan ajaa, padal cuma masak opor ayam doang n bikin kue kering 1 macem*.Sampe pas sehari setelah lebaran, Azka malah dianugrahkan sakit oleh ALLah yang sempet bikin abi dan bunda panik berat.

Diterusin lagi, utiakung Azka dateng nengokin azka di singapur...
Kumplitlah, kenapa bunda ampe ga ngeblog lama...

LEBARAN KEDUA DI SINGAPURA

Udah 2 kali lebaran nih bundazka sekel jalanin di singapur."Ga berasa lebaran......" kalo
bunda boleh nyebut.Kenapa ga berasa..karena bunda ga dapetin kemeriahan menyambut bulan kemenangan umat muslim seperti di Indonesia terutama di kampung halaman Jogja. Hmm, sebenarnya mungkin kalo kita ke daerah2 kampung melayunya gitu, mgkn berasa, cuma gara2 bunda ga kemana2 alias di rumah aja jadi ga berasa...:).

Ga ada tuh pawai obor keliling para anak2 kecil yang ngelilingin jalan, ga ada gema takbir mengumandang, hmm...tambah ga berasa, karena kan bunda lebarannya waktu itu ikut yang tgl 12 oktober, sdgkan di singapur baru lebaran tgl 13 oktober.

Jadinya, pas tgl 12 nya, malah abiazka masih kuliah mpe malam:((. Walhasil, opor ayam bunda*dalam rangka lebaran*, ya....yang makan yaa... cuma azka n bunda aja banyaknya.

Baru tgl 13 nya, kita ikutan sholat idul fitri di masjid terdekat, bareng2 sama tmn2 indonesia yang jg penghuni asrama kampus.

Yang menghibur, karena abis sholat ied, ada acara lebaranan bersama orang indonesia
yang tinggal di singapur, kumpul2, ini yang cukup mengobati akan rindu mudik lebaran.

Makan-makan deh....ada opor ayam, ketupat, siomay, pempek, es palubutung, bakmi,
dan banyak lagiii makanan khas indonesia...

Terbayar deh rasanya berlebaran di negeri orang...:)

Ramadhan Spesial


Indahnya ramadhan kali ini...Bisa menjalankannya bersama keluarga besar terkasih. Mulai dari ramadhan hari pertama sampai minggu ketiga bulan ramadhan,MbahAmien,Eyangkus,Tante Jasmine,dan Om haqi*adek2nya abiazka*, berada di tengah keluarga kecil kami*abibundazka*.

Kehadiran Mbah Amien di Singapura ini dalam rangka nerusin nulis buku,yang konon kalo tetep di Indonesia bakalan lama ga publish-publish gara-gara kesibukan Mbah Amien di bidang akademis maupun politik.

Kebayang deh kalo inget agenda Mbah Amien kalo di Indonesia. Padet merayap acaranya, mule
ngisi seminar di kota ini, siangnya dah terbang lagi ke kota lain untuk ngisi acara itu, besoknya lanjut lagi dengan acara-acara yang lain.

Makanya,berkah juga bagi kami sekeluarga dan Mbah Amien sendiri tentunya, diberi kesempatan untuk "beristirahat sejenak" dari aktifitas2 rutin yang cukup menguras waktu tersebut dan menggantinya dengan waktu yang penuh untuk konsentrasi nulis dan bercengkrama dengan keluarga.

Selama Mbah Amien dan Eyangkus berada di Singapura, kita tinggal di apartemen yang dipinjamkan oleh sahabat Mbah Amien.Jadinya, bundazka sekel hijrah dari apartemen kampus nan mungil kami ke rumah yg gedean.

Ngumpul bareng bersama Mbah, Eyang, Tante Jasmine*yang kebetulan lagi liburan dari
kuliahnya di Jepang*, dan ada juga Om HAqi yang baru memulai kuliah di Singapur.

Waaaaah pokoknyaaaaaaa, semuaaaaaaaaa hepi. BUnda apalagi, bebas masak!! Semua Eyangkus yang masakin..Eyangkus sengaja bawa bumbu2 dari Indo buat masak selama ramadhan ini. Menu masakan Eyangkus dasyat2 lagi, mule dari sop buntut, rawon, asem2, ampe ala western juga ikut tersaji.Walhasil berat badan bunda sukses naek 3 kg selama Eyang disini *horayyyy!*.

Yang ga kalah hepinya adalah Azka. Wahh, senang banget azka, dapet perhatian dari seluruh keluarga. Efeknya Azka agak sedikit manja. Dikit-dikit kalo ada yang sakit langsung ngelendot ke mbah Amien sambil bilang "akit...." dan direspon mbah Amien dengan "yang mana yang sakit..?" sambil mengelus bagian yang diadukan Azka sakit dan berakhir dengan menciumnya. *dasaaaar, azka!...*.

Perkembangan Azka pun pesat banget selama Mbah Amien, Eyangkus serta om dan tantenya berada disana. MUle dari ngomongnya, dah bener2 bisa merangkai kalimatnya sendiri, misalnya "kakak akit kena door..", "abi skul naek bus","kakak ple gitar", "kakak take a bath.." hehe bahasanya emang jadinya campur2 *Emang diajarin bunda 2 bahasa, abisnya kalo cuma enggres doang, ntar pulang2 Azka ga bs bahasa indonesia lagiii...hhehhe..*

Intinya, Azka dah bisa dijakin komunikasi2 arah dan bisa menyampaikan apa yg menjadi keinginannya. Mbah Amien dan eyangkus benar2 terlihat bahagia bisa momong cucu yang baru semata wayang.

Kalo Mbah
Amien dah selesai baca, pasti diajakin AZka utk nemenin maen di plegron... Kadang juga Mbah Amien lagi khusyuk2nya nyari data di internet, eh si Azka ngegangguin minta dipangkusambil minta distelin lagu Wheels on the bus via Youtube.Kalo dah gini, mBah Amien ga bisa nolak,walhasil ada acara nyanyi dan joget bareng dehhh..:).

Kata Eyangkus, Azka inilah satu-satunya yang bisa gangguin mbah AMiennya disela-sela konsentrasi baca n nulis..dan Azka merupakan penggangu yang diharapkan!:)

Berasa banget deh pokoknya lebaran ini, sholat traweh bareng, buka dan saur bareng, jalan2 bareng,berkesan deh...

Sampai saatnya Mbah Amien dan EYangkus, serta tante Jasmine harus kembali ke tempat masing2, Azka mengantarkan
ke airport sambil tidak begitu ceria seperti biasanya *mgkn ngrasa satu2 bakal pergi*.

Pas dadah-dadahan ama Mbah Amien dan Eyangkus di airport, AZka tiba-tiba nyeletuk,"kakak ikut.....".
hiks, kecian Azka...

Akhirnyaa.....azka nongol..:)


Yuhuuuuu frens,
Pyuuffffffff....akhirnya, bisa apdet lagiiiii nih bundazka.."Kangen ngeblogggggggggggg..........!".

Mo tahu kenapa bunda sampe lama banget ga apdet?
Yak betul, kehadiran Mbah Amien dan EyangKus serta om Haqi dan tante Jasmine di singapura selama kurleb 3 minggu di bulan ramadhan ini bener2 bikin bunda terhipnotis sejenak utk meninggalkan "rumah maya" bunda n azKa untuk bener2 ngerasain rumah sebenarnya...:).

Rumah yang penuh canda tawa riang kakek, nenek, beserta cucunya...
Rumah yang ga kalah hebohnya pula dgn tangisan dan berbagai ulah Azka yang kadang bikin kita semua geleng2 kepala...

Sekarang rumah bundazka kembali sepi, semua dah pada pulang....Tinggallah bunda dan azka yang berusaha keras untuk mengatur ritme langkah harian seperti sedia kalanya...
Mule masak lagii, mule pinter2 bagi waktu lagii, yang jelas mule berjuang lagii....
Terasa berat...tapi dgn begitulah hidup menjadi lebih berwarnaa.....

Penasaran apa aja sih yg dilakuin azka selama ada mbah amien dan eyang disini....?
Siap2 yaaaaa...bundazka lagiii ngumpulin tenaga nih utk saling bebagi kebahagiaan teruntuk sahabat2 bundazka....