2 tahun 3 bulan Azka

Akhir bulan ini nambah lagi umur Azka jadi 2 tahun 3 bulan. ALhamdulillah, nambah lagi kemampuan Azka nih, yaitu udah bisa baca huruf A-Z dan juga udah bisa baca angka 1-10. Dan sekarang, lagi seneng-senengnya maen tebak-tebakan huruf dan kemudian di gabungin menjadi kata.

Ternyata ngefek banget tuh mainan flash cardnya, juga gambar tempel ABC nya, juga puzzle ABC, dan ga kalah ngefeknya juga kalo pas jalan-jalan, AZka suka bunda bilangin misalnya ada bus nomer berapa, nah dia berusaha untuk mengingat-ingat bentuk dan lama-lama jadi apal deh..

Apalagi karena tinggal di apartemen, tiap hari mau ga mau harus turun naik lift, nah kan mencetin tombol liftnya ketemu angka tuh, dari situ, bunda sukanya nyuruh AZka pencetin tombolnya, dan alhamdulillah, sekarang Azka udah bisa baca angka dan udah mulai ngerti konsep berhitung.

Sekarang yang jadi hobinya adalah mewarnai, walo memang belum bisa mewarnai didalam garis, tapi pelan-pelan dia mule bisa ngerti kalo gambarnya kudunya di dalam garis, tapi yaa memang belum saatnya ajaaa...bagi bunda sih udah mending banget lah...:)

Kalo menggambar,dari yang dulunya cuma urek-urekan benang kusut, sekarang udah mule berbentuk, udah bisa bentuk oval ato ga lingkaran, yang sering ga nguatin imajinasi terhadap gambar yang dia buat, suka pamer ke bunda ato abinya kalo dia abis gambar pesawatlah, bus lah, tapi yaa tetap bunda hargain dooong hasil karya Azka:).

Oyaa, Azka juga ada kalanya pas rewel wiihh... bener-bener ujian sabar buat ABi dan BUndanya. Karena sekarang ini, Azka benar-benar udah bisa ngungkapin marah, kesal, dan keinginannya dengan cara melontarkan argumentasinya.

Dan dia akan mencecar AbiBUnda mengenai alasan kenapa dia dilarang begini dan begitu, dan baru akan berhenti jika dirasa oleh Azka jawaban Abi ato bunda bisa dia terima *kalo engga, waaaahhhh, betah deh nangis meraung-raung bikin kuping tetangga apartemen panas dan bisa stress juga, hihihiihi*.

Bener-bener tiap hari AbiBunda selalu belajar dan belajar mengenal dan berusaha memahami karakter Azka. Karena Azka adalah Azka, bukan abi dan bunda,yang punya sifat dan karakternya sendiri yang harus abi dan bunda pun pahami dan hargai.

Banyak banget pelajaran dan hikmah sampai saat ini yang Abi dan BUnda dapatkan selama menjadi orangtua*dan akan terus dan terus belajar serta berusaha lebih baik tiap harinya*, untuk bisa menjadi tauladan bagi anak dan dianugrahkan kemampuan menjaga titipan dari ALLah agar tak sia-sia.

Maafkan kami ya Azka, jika sabar itu masih jauh dari sosok ABibundamu.
Maafkan kami juga atas segala khilaf dalam proses belajar menjadi orangtua yang baik untukmu.
Maafkan kami, akan keegoisan yang kadang tercipta.

Terimakasih Azka, untuk selalu ingatkan kami akan arti bersyukur.
Terimakasih Azka, untuk ajari AbidanBUnda rasa memiliki dan bertanggungjawab.
Terimakasih Azka, untuk segala bentuk keceriaan yang tercipta atas hadirmu.
Terimakasih Azka, telah jadi penghilang lelah dan penat dikala terpuruk kami.
Terimakasih Azka, untuk senyuman yang selalu ada kala menyaksikan tumbuh kembangmu.

Kita belajar bersama yaa nak, sebagai satu tim, yang solid, yang saling mendukung dikala sedih dan senang.
Terimakasih yaa Rabb, karenaMUlah semua bahagia ini tercipta.




Pasca Disapih...

Pada pengen tau kabar Azka pasca disapih alias dah ga nenen lagi? Alhamdulillah, Azka dari segi makan, jadi lebih lahap, sehari bisa makan ampe 4 kali, dan itu makan besar pula, alias makan dengan sayuran dan lauk pauk. Jadi makannya pagi,siang, sore menjelang malam, dan malam sebelum bobo:).

BUnda aja ampe terheran-heran dengan nafsu mak
an Azka yang meningkat ini, dan kabar gembiranya lagi, Azka sekarang udah bisa minum susu UHT lagi, dan udah ga mencr*t lagi akibat UHT, walo yaa 3 hari pertama ada efek mencr*tnya juga siihh..tapi bunda terusin aja, dan akhirnya udah ga lagi deh.

Jadi stop deh tuh sufor, abisnya Bunda juga ga sreg dengan sufornya Azka, terlalu manis....jadi kalo abis minum sufor,pasti Bunda suruh minum air putih, biar nyuci rongga mulutnya biar ga nempel di gigi kan bisa memicu karies gigi tuh. Nah kalo yang UHT nya kan yang plain minumnya, jadi yaaa lebih baik lah*walo ya tetep kudu sikat gigi pagi sesudah makan,ama malam sebelum bobo*.

Oyaa, semenjak ga nenen lagi, Azka rutin bunda kasih vitamin spirulina tiap harinya*efeknya sih katanya bagus buat anak, menguatkan daya tahan tubuh, untuk recovery sakit, dan yang jelas untuk nutrisi tambahan*.

Uniknya, Azka sekarang suka banget deh kalo disuruh minum vitaminnya* mungkin karena sering banget liat bunda dan abinya tiap pagi juga mengkonsumsi itu*. Nah karena bunda ampe sekarang paling ga bisa tuh namanya nelen obat langsung pake air gitu, bisanya nelennya pake pisang, ato nasi, ato apapun lah yang penting ga langsung obatnya*bisa sukses cuma muter-muter di dalam mulut aja tuh obat kalo ditelen ama air sama bunda*:), walhasil Bunda juga ngajarin Azka minum vitaminnya pake pisang.

BUnda tunjukin caranya,ceritanya pake adegan sula
p, vitaminnya tiba-tiba bisa raib sendiri*hihihi*, nah Azka seneng tuhh...langsung dicobain ama dia....dan BERHASIL...!*joget2 dong bunda*.

HAmpir seminggu pertama minum vitamin pake cara media pisang, lama2, karena liat Abiazka nelen vitaminnya langsung aja telen n didorong pake
air, ealah...sekarang Azka malah udah bisa nelen vitamin *ga gede2 amat sih,pil kecil* sekali 2 biji tanpa air..*takjub dong bunda, anak 2 thn gitu lo dah bisa nelen obat, dulu bundanya mo minum obat aja ampe diuber2 keliling rumah ama utiazka*.

Yaaaa alhamdulillahhh...tapi bukan berarti Azka dari awalnya mudah lo minum obatnya, ini baru2 aja dia pasrah mau minum obat dan buka mulutnya menikmati obat penurun panas ato ga puyer saat dia sakit.

Sebelumnya, wiiih...pake acara dikekep ama bunda, dibantuin pegangin tangan dan kakinya biar ga berontak, sampe dipencet idungnya bentar biar bisa buka mulut, jadi sajian yang cukup bikin bunda *dan azka jg kali yaa* stress ngadepinnya.

Nah kesulitan itu beralih jadi kemudahan, setelah sakit diare Azka yg agak lama pas abis mudik terakhir, tiba2 aja, Azka akhirnya patuh utk buka mulutnya d
an ngikhlasin bunda masukin obat ke mulutnya... dari situ, sampe sekarang Azka mudah bgt minum obatnya*mungkin akhirnya dia bisa ngerasain, kalo dia patuh dan ikhlas2 aja buka mulut n minum obat,ternyata enak juga*:).

Malah sekarang, minta tuh minum obat turun panas ama flu yang rasa stroberi, padahal ga sakit, kalo dibilangin "kan Azka ga sakit...?" trus dia langsung pura-pura batuk"uhukk-uhukk..."..dan bilang" tuh, azka batuk bunda...". Tole...tole.....:)

Hmm, kemajuannya lagi, sekarang bobonya udah mudah, bobo malam aja yang dulu awalnya bisa ampe jam 1/2 1 dini hari baru bobo, berangsur-angs
ur smkn cepat, dan alhamdulillah skrg jam 10 malam udah bobo dan udah ga minta nenen lagi* huhuhu, ga laku lagi nih bunda*...eitsss....sapa bilang...?*wink wink*.

Jadi Alhamdulillah banget lah...ternyata semuanya seakan dimudahkan oleh ALLah...Sekarang Azka udah ga bangun-bangun lagi ampe pagi*jam 9 pagi biasanya baru bangun*, udah gitu, udah jaraaaaang banget ngompol lagi...Wahh, berkah banget l
ahh buat bunda.

Dulu soalnya sempet mikir, sampe umur brapa yaa Azka bakal bisa bobo sendiri dan ga bangun2 lagi kalo malam bobonya, ternyata....masanya tiba...Ya m
emang benar, semua sudah ada waktu yang terbaik di saat yang terbaik juga.

Salam,
BUndAzka
Oyaaa, alhamdulillah juga, AbibundAzka hari ini bahagia banget, bisa ngirimin kue ultah perkawinan ke-30 buat utiakung Azka di Jogja,walo jauh dari Utiakung, tapi lewat bantuan mba Rhien, bunda bisa pesen deh blackforest spesial yang dianterin pagi-pagi kerumah utiakung Azka.

Surprise banget kata Utiakung, terharu katanya dengan perhatian dan kasih sayang anaknya....Alhamdulillah Ya Rabb, kami diberi kesempatan untuk membuat orangtua kami bahagia. Selamat Ultah perkawinan yang ke-30, Utiakung Azka. Semoga hidayah dan rahmat Allah selalu mudahkan langkah Utiakung, selalu berada dalam kasih sayang ALLah..Amien..


[ Akhir ] Menyapih dengan Cinta

Hai sobat-sobat Bunda dan Azka,

Masih inget kan proses menyapih dengan cinta yang sedang Bunda dan Azka perjuangkan? Nah AZka alhamdulillah per 10 maret 2008 alias udah 8 hari belakangan ini,di usianya ke 2 tahun 2 bulan sukses ga nenen bunda lagi.

Nah proses menyapih dengan cinta yang bunda pikir bakal memakan waktu lama, ternyata dALAm 13 hari bisa berhasil.


Azka yang dulunya nenen bunda sehari bisa ampe 9 kali bahkan lebih,perlahan-lahan berkurang nenen hanya malam hari hingga pagi lagi yang itupun masih kira-kira 4 kali*bangun malam bisa 2-3 kali nenen*.

Kemudian
mulai berkurang lagi nenennya benar-benar hanya mau bobo malam saja(1 kali), jadi kalo Azka terbangun malam hari dan nangis minta nenen, bunda berusaha membujuk dengan menggendongnya, mengelusnya, dan bahkan terkadang juga Azka tidak berhasil untuk tidur lagi hingga pagi, sebagai konsekwensinya yaa bunda harus menemani Azka bermain sampai akhirnya Azka mengantuk lagi.

Kebiasaan tidur siang yang selalu nenen pun, bunda alihkan dengan mengajak Azka keluar naik bis kampus untuk muterin kampus, dan alhamdulillah, Azka pasti berhasil tertidur sendiri di tengah2 rute perjalanan bis kampus itu.

Setelahnya,tugas Bunda adalah menggendong Azka dari terminal bis kembali ke asrama kampus.
Yaa, memang lumayan berat, tapi ini semua bagian dari perjuangan. BUnda juga salut dengan azka yang sudah mau "deal" untuk tidak nenen sebelum bobo siang.

Dan alhamdulillah, cuma butuh 6 hari kebiasaan muterin kampus naek bis tiap mau bobo siang. Selanjutnya, Azka bisa bobo siang dengan digendong jarek*hihii,tetap,masih membutuhkan ekstra tenaga lebih bagi bunda*, tapi lagi-lagi bunda lakuin dengan ihklas karena bunda tau, Azka pun sedang berjuang untuk bisa tidak nenen bunda lagi.

Yang bunda amati, dalam rangka proses menyapih ini,azka berubah menjadi lebih sensitif. Perasaannya halus sekali, dia jadi gampang tersinggung kalo Bunda atau Abi agak bernada tinggi dalam memberitahu sesuatu ke Azka.

Misalnya gini, Azka berbuat sesuatu yang mengakibatkan Bunda menegur Azka, yang dulunya
kalo Bunda tegur Azka, Azkanya diam ato ga meng-iyakan omongan Bunda, kali ini Azka
langsung berkaca-kaca matanya dan bilang gini, "bunda ngomong Azka apa tadiiii?" sambil
raut wajahnya sedih banget.

Begitu juga kalo malam mau tidur, kan bunda bacain buku, nah sesekali Azka minta untuk
nenen bunda, bunda bilang kalo Azka kan udah ga nenen lagi, Azka udah 2 tahun, dan saat hatinya lagi sensitif, Azka menjawabnya dengan merintih "kewapa, bunda?
hah...kewapaaaa?" Azka mau nenen,minta dikit aja bundaaaaa....",seakan menuntut haknya.

Kalo udah begitu, hati Bunda pun berasa sakit,kalo mau ikutin hati kecil, rasanya dengan senang hati Bunda mau aja sodorin nenen buat Azka, tapi demi kebaikan Azka juga Bunda kuatin dan Bunda berusaha alihkan perhatian Azka dengan menggendongnya, memeluk serta menciumnya dengan tulus, agar azka pun rasakan kehangatan kasih sayang Bunda yang tak beda dari biasanya walo tanpa nenen.

Dan bila akhirnya Azka berhasil tertidur dalam dekapan Bunda, Bunda pandangi wajah bersihnya itu, gurat-gurat kelelahan tampak jelas dari wajah mungilnya itu, yaa..betapa Azka pun benar2 berjuang untuk tidak nenen lagii...

Kalo udah gitu, airmata Bunda mengalir dan Bunda ciumi Azka dengan lembut sambil Bunda
bisikkan di telinganya, kalo Bunda sayang sama Azka.

Nah, semenjak Azka total ga nenen lagi, hari-hari Bunda dan Azka benar-benar lebih
intensif. BUnda selalu cari akal untuk menambah aktifitas Azka meski hanya di dalam rumah.

Jadi Bunda selalu melibatkan Azka dalam kegiatan sehari-hari bunda.
Mule dari masak bareng, tugas Azka sekarang yang memecahkan telur*azka sangat suka dgn humpty dumpty,
tokoh karakter film anak2 yg menggambarkan sosok telur itu*.Jadi sambil nyanyiin lagu "humpty dumpty" azka pun sudah fasih memecahkan telur2 itu:).

Juga dengan motongin batang sayuran kek bayam, kangkung, Bunda lakuin bersama Azka.
Gitu juga kalo pas Bunda lagi blender, nah itu juga tugas Azka tuh untuk mencetin tombol on and off nya.
Dan dari situ Bunda amati, kalo Azka sangat senang dilibatkan dalam kegiatan yang Bunda lakuin.

Belum lagi kalo pas nyuci baju, wah Azka antusias banget tuh masukin baju2 ke dalam mesin
cuci, begitu juga dengan jemurin baju, dengan telaten satu persatu baju Azka digantungin di jemuran.

Jadi, Bunda sekarang memperlakukan Azka benar2 Azka udah big boy, udah kek sahabat bunda,mitra kerjasama Bunda.

Azka pun sekarang udah bisa mengkoreksi bunda, misalnya Bunda suaranya terlalu berisik, eh azka bilang gini,"bunda, jangan berisik yaa, don't shout!", sambil jari telunjuknya diletakkan di mulutnya.

Oyaa, nafsu makan Azka setelah disapih jadi meningkat lho..Makannya jadi lebih lahap, suka ngemil, jadinya BUndanya sekarang harus lebih berkreasi di dapur nihh..:).

Yaa gitulah, semoga proses menyapih dengan cinta ini benar-benar sudah sukses, walopun Azka tetap meminta tiap kali dia mo bobo, tapi dengan diberikan alasan kenapa dia sudah tidak nenen lagi, azka mau mengerti.Dan kalo dah gitu, azka suka senyum sendiri sambil ngomong "Azka udah 2 tahun, 2 years, nenen for adek baby..." dan diakhiri dengan memeluk bundanya erat.

Hmm...mungkin inilah kenapa disebut menyapih dengan cinta yaaa...jadi walo anak sudah disapih, dan pelan-pelan paham kenapa dia sudah tidak nenen lagi, kenangan indahnya tentang menyusu dengan ibu sangat terpatri indah di hatinya, betapa nikmatnya berada di dekapan bunda, betapa tenangnya hati dan jiwa, tergambar jelas dalam memorinya.

Yaaa, semoga saja ini menjadi kenangan terindah bagi Azka dan Bunda.

Terimakasih Ya Rabb, telah anugrahkan BUnda kemampuan untuk menyusui Azka dan menyapihnya hingga 2 tahun.
Terimakasih yaaa nak, Azka udah mau nenen sama Bunda selama 2 tahun,2 bulan.

Selamat tinggal nenen,bye-bye nenen.....kulepas dikau dengan senyuman dan ikhlas.....*Allahu Akbar*.

Sekarang sisa usaha kasi adek buat Azka nihhh :).....Mudahkan Ya Rabb!

Pizza Time



Ke CHildren Garden

Ke kampus Abiazka..


Kangen Abi? hmm....datengin aja ke kampusnya...beres dehh...anak senang, bapak senang, bundanya ...? Ga usah ditanya...:)).

PS : Ini scrapbook hasil berguru ama suhu scrapbook mb Emma nihhh...*tengkiyuperimach yaa mba ampe dini hari nemenin aku online*, gimana oke gaa frens hasilnyaa?;)

2 tahun 2 bulan AZKA

Hai bloggers,BUnda dan azka masih dalam proses penyapihan niihh.. Udah lumayan banget nih, hari ini, azka bisa bobo malam tanpa nenen, tapi gantinya Azka minta dipijetin sambil disenandungin.

Oyaa, udah ampir seminggu ini, tiap mo bobo siang, bunda ajakin aja Azka naek bis kampus*bunda juga hepi nih, itung-itung hirup udara seger*, nah belum ada setengah
jalan, Azka biasanya dah tertidur tuh di kursi bis. Udah deh, bunda gotong pulang ke rumah lagi dan berhasil bobo tanpa nenen dulu:).

BUnda pengen nyatet perkembangan Azka nih di usia Azka yang ke 2 tahun 2 bulan ini, mumpung lagi bobo Azkanya..

Perkembangan motorik kasar azka :

  • nendang bola sesuai dengan arah yang diperintahkan
  • berlari
  • lompat-lompat di tempat
  • naik tangga tanpa bantuan
  • manjat kursi, trus duduk/berdiri diatasnya
  • goes sepeda roda tiga
Perkembangan motorik halus Azka:
  • bisa membalikkan halaman buku, lembar demi lembar
  • bisa menyusun menara dengan legonya.
  • suka banget maenan bongkar pasang puzzle ABC.
  • minum dengan satu tangan
  • megang sendok dgn benar
  • bisa pegang krayon dgn jari
  • lepas jaket dan baju yag berkancing sendiri
  • lepas celana sendiri
  • pake celana sendiri
  • memutar gagang pintu
  • membuka kulkas
Perkembangan bahasa Azka:
  • alhamdulillah vocabnya dah banyak banget, nama2 benda, nama buah, nama sayuran, anggota badan, nama2 bentuk. Ngefek banget lo poster yang bunda tempelin di dinding rumah, sambil bermain bisa sambil ngenalin Azka ke benda2 itu. Juga dengan flash card ttg nama2 benda beserta tulisannya, seneng banget azka maen tebak-tebakan itu sama bunda.
  • Udah bisa pake kata ganti "aku" untuk menyebutkan dirinya dan "kita" untuk nyebutin abi,bunda dan azka.
  • bisa nyebut nama untuk memanggil dirinya.
  • suka nyanyiiiii!!!l :)
  • udah bisa cerita dengan segera hal-hal yang baru saja dialamin, tapi kadang keterangan waktunya masih belum tepat.
  • udah bisa ngadu ke bunda dan abinya.
  • kalo telpon ke utiakung ato eyang dan mbahnya, udah ngobrol sendiri dan bisa saling tanya jawab.
  • pengucapan katanya lebih jelas dibanding sebelumnya.
  • Sering banget nanya "apa itu, bunda?" "kewapa?"*kenapa*, kalo nanya tentang sesuatu.
  • Alhamdulillah, ngomongnya udah berupa kalimat panjang dan bisa kombinasiin kata menjadi kalimat, jadi kadang suka seru dan kebengong-bengong dengerinnya*kok bisa sih ngomong gitu?*.
  • Yang bikin bunda terharu, Azka udah apal doa untuk orangtua sama artinya, doa mo bobo dan bangun tidur, doa mo pergi, doa abis belajar, doa abis makan. Tiap kali ngomong "bismillahirrahmanirrahim-nya" manteb banget dengan semangat reformasi,"bismiwwa hiwwohman niwwohiimm...." hihihii...
Perkembangan sosial Azka:
  • udah bisa bilang "it's mine" untuk tiap benda miliknya, apalagi giliran mo dipinjem ama temennya.
  • paling suka banget maen peran alias kalo bunda ajakin "let's pretend!". Waah, seru, daya imajinasinya cukup kuat.
  • Udah bisa sayang ama anak yg lebih kecil, kalo tiap ada baby, babynya disapa ama azka, malah seringnya azka pengen nyium, sayang maksudnya! ;).
  • Suka melakukan perilaku sederhana yag baik, contohnya: kalo bunda mo pergi, sepatu bunda diambilin, tiap kali abi abis mandi, diambilin handuk, tiap abi makan suka nemenin duduk di meja makan.
  • Seneng banget kalo ada teman.
  • Udah lumayan bisa share mainan kadang-kadang juga ngambek mainannya dipinjem.
  • Kalo ga suka dah bisa bilang "no".
Perkembangan kemandirian Azka :
  • buka dan pake sepatu sendiri
  • makan dan minum sendiri *walo bercecer kemana2 dan lama banget kelarnya*.
  • cuci tangan dan seka mulut sendiri.
  • seneng bgt mandi sendiri, bisa nyabunin bagian tubuhnya, dan bilas di pancuran. Asik maen air dan sibuk dgn perlengkapan mandi lainnya, bundanya di suruh keluar dari kamar mandi, ntar kalo dah kelar baru dia panggil minta handuk.
  • sikat gigi sendiri *walo ntar finishingnya bunda yg lap pake handuk kecil giginya*.
  • udah bisa pup sendiri*duduk di kloset sendiri* dan pipis sendiri*buka celananya,pipis, dan membasuh ti***nya :)*.
  • Udah ga pake diapers, kalo pergi yang kira-kira tempatnya ga ada toilet bersih, bunda masih pakein.
  • Jarang ngompol kalo bobo malam, dengan catetan sbelom bobo harus pipis dulu, kdg kalo pgn pipis mlmnya, kebangun dan minta pipis, dan langsung bobo lagi.
  • Suka banget kalo disuruh bayar ke kasir, pasti langsung ngomong ke kasirnya "auntie, how much is this?" yang disambut geleng-geleng kepala kasirnya.
Alhamdulillaaaaahhhhhhhhh............Segala puji bagiMu Ya Rabb telah karuniakan kami, AZKa .Semoga abi dan bunda diberi kemudahan dan kesabaran yang lebih untuk mengasuh dan mendidik Azka dengan penuh kasih sayang dan kecintaan hanya kepadaMu RAbb, Amien.

Perlahan, anakku....dan KITA pasti bisa!

Bunda sengaja pengen nyatet gimana perkembangan hari kehari Azka dalam proses "weaning with love" ini. Ya buat kenang-kenangan besok dan buat share ama temen-temen yang lain.

Hari pertama(26/2): Mule dari siang azka udah ga nenen, sampe bisa bobo sendiri malamnya, dgn dialihin bacain buku, diajak ngobrol, dipijitin.

Hari kedua(27/2) : Alhamdulillah, seharian ga nenen, karena bunda dan azka juga pergi seharian, tapi pas malemnya, minta nenen, nagih ke bunda, kalo katanya boleh nenen kalo dah malem*akhirnya bunda kasih, karena bunda juga pingin menjaga kpercayaan azka ke bunda *. Tapi nenennya cuma bentar, dan berhasil bobo tanpa nenen, dgn dipijetin, didongengin.

Hari Ketiga(28/2): bangun pagi, nangis minta nenen, langsung bunda alihin bikinin susu di gelas pake sedotan, alhamdulillah mau. Siangnya susah tidur, karena minta ga bunda kasih, sempet nangis sedih protes kenapa kok ga boleh nenen, tapi akhirnya bunda ajakin aja naek bis kampus muterin kampus, eh bobo deh sendiri azkanya di bis.

Karena terharu banget, dan saat itu ne**n bunda bengkak karena penuh, akhirnya bunda peresin deh ne**nnya bunda taro di mug-nya azka, Subhanallah, banyak juga hasil perahannya, seperti waktu azka masih bayi, mungkin krn pas meres bunda ngebayangin azka yaaa, jadi ngalir terus deh tuh ASI.

BUnda taro di kulkas, pas azka bangun, bunda kasi deh tuh ASi bunda yang di mug, reaksi azka sempet kaget, tapi kemudian langsung sroot…sroot….lancar banget nyedotnya, padahal biasanya kalo minum sufornya, dikit-dikit gitu.*hihii, tau dia kalo rasanya kek kenal nihh…..*.

Malemnya, dah pinter aja liat ke arah jendela luar, bilang “tuh bunda, udah gewap, boweh nenen dongggg…..!”. Bunda kasih, tapi itu pun Cuma bentar nenennya.

Hari keempat (29/2) : Udah sukses dari bangun pagi ampe malem lagi ga nenen, tapi emang konsekwensinya, bunda harus menemani azka setiap saat, jadi frekuensi bunda ngenet di depan laptop berkurang, azka bisa protes dengan ngomong” bunda, jangan duduk mwuwu dong di laptop….”.

Kalo bundanya ga tahan udah ngantuk banget pas siang-siang, azka ngomong” bunda, ayo bangun…wake up…jangan bobo mwuwu to....! Ayo maen sama azka..”.

Malemnya juga berhasil ga nenen, tapi sempet ada acara nangis2an bareng, karena bunda saat itu kan agak migren*kecapekan nih dalam rangka proses penyapihan*, bunda bilang ke azka kalo bunda sakit kepalanya.

Nah pertama-tama azka bisa ngerti, tapi pas puncak inginnya, dia nangis sesenggukan sambil ngomong gini,kan kepalanya yang sakit bunda,…..bukan nenennya……..huhuhuuhu…..”, tapi dengan dewasanya akhirnya azka tertidur dengan menyisakan airmata masih basah di pipinya… udah deh, azka bobo, gentian bunda yang nangis ,sedih banget harus ga nenenin azka.

Hari kelima(29/2) : Azka alhamdulillah sudah mule terbiasa untuk ga nenen saat pagi sampe malam hari. Azka tetep merajuk minta, tapi dengan penjelasan, bunda bilang kalo dia udah two years,ato ga bunda liatin ke luar jendela kalo hari masih terang, azka langsung paham dan tersenyum, dan kemudian beralih tidak menagih lagi.

Malemnya pun sukses ga nenen, sempet nangis, tapi alhamdulillah engga mpe sakau karena nenen*istilah bunda ke azka dulu pas minta nenen ga bunda kasih bisa mpe marah2, ngamuk2, gegulingan, nangis histeris bikin bangun orang seapartemen*.

Tapi pas bangun malem, nyari-nyari ne**n, yaa bunda kasih lahh...hihiihi..pas ne**n bunda penuh juga soalnya...langsung deh kek nemuin air di tengah padang pasir, azka minumnya sampe cleguk-cleguk.....nikmattt!:)

Hari keenam(1/3) : Sukses juga nih menyapih azka utk ga nenen seharian, kebayang yang biasanya tiap 3 jam sekali ne**n, tapi emang bobo siangnya jadi ga semudah dulu, skrg mesti diajak pergi dulu, ato ga digendong jarek baru deh bobo.

Semalem, SUKSES ga nenen lagi, karena bunda juga kondisinya lagi sakit banget, migren kumat, badan pegel linu, bunda bilang ke azka saat mule mo bobo di tempat tidur kalo bunda sakit, azka mukanya jadi ikutan sedih liat bundanya sakit, langsung deh bilang” bunda cakit...? Ya Awoh(Allah), cembuhkan bundaku...”, sambil kedua tangannya menengadah keatas berdoa sama Allah. Subhanallah, anakku.....terimakasih nak sudah mendoakan bunda.

Nah hari ini, memasuki minggu pertama proses menyapih, pelan-pelan bunda mo komunikasikan ke azka agar malam hari mo bobo pun ga usah ne**n bunda, sebagai gantinya bunda akan dongengin azka, becandaaan ama azka, baca doa bareng-bareng azka, dan pijetin azka yang enak!.

Dan yang jelas, kasih pemahaman ke azka, walopun bunda udah ga nenenin azka, sayang bunda ga berkurang, bunda insyaAllah selalu ada untuk azka..

Abiazka juga terharu banget deh liat azka bisa patuh dan pengertian banget dalam proses penyapihan ini. Makanya sekarang Abiazka pengennya selalu melukin Azka terus karena Abiazka ngerasa Azka sangat mau ”berkorban” untuk ga nenen lagi....

Bismillah yaaaa Azka ,anakku.........!Perlahan dan KITA pasti bisa!