Azka dan Kursi kebesaran

Walopun masih kecil, Azka doyan banget nih kalo disuruh duduk di kursi gede ini. Mana kalo dah duduk busyet dah gayanya dah kek Pak Bos ajah..

Apalagi yang sambil megang pinggir kursi, dah kek Bapak Pimpinan kan yaaa?
Semoga besok Azka bisa menjadi Rais (Pemimpin) yang bersih, suci (Azka) pengikut Nabi Mohammad SAW seperti doa dan harapan berupa nama yang abibundazka beri kepadamu, ya Nak!:).
Amiennnnnn.................

kemesraan uti-akung-azka



abis boboin azka malam ini, bunda tiba2 kangennnnnnnnnn banget ama utiakungazka. Tambah kangen karena ingat jaman dulu, saat2 ramadhan masih bareng2 dgn utiakung azka. Trawehan bareng diimamin ama akungazka yang juga sekalian sebagai imam di masjid dekat rumah.

Kangen bantuin utiazka nyiapin buka puasa*bukan bantuin masak tapi lho* karena saat itu, bunda bnr2 blm bisa masak.Kangen dengan balapan ngaji bareng utiazka di ruang tamu.

Kangen dengan obrolan malam yg panjang dibawah temaram lampu taman bertigaan aja dengan utiakung, dgn posisi bunda duduk ditengah2 blio bergelayutan manja di pundak uti ato ga akungazka.

Kangen saat2 jalan pagi bareng sesudah shubuh keliling komplek nemenin akung..

Kangen suara akung, kangen suara utiazka.........kangen bercengkrama bareng-bareng saling
bertukar cerita.

hubungan bunda-uti-akung selain hubungan antara anak dan ortu, lebih seperti hubungan antara sahabat sejati...sangat eraaaat sekali. Hampir tidak ada rahasia pun di antara kami.

Susah senang pasti kami rasakan bersama...Apalagi semenjak mas agung*kakak bunda* udah mulai sekolah di bandung dan akhirnya kerja di jakarta mpe sekarang. Otomatis di rumah yaa cuma kita bertiga seringnya..
Utiakung adalah teman curhat yang paling setia mendegarkan tiap letupan emosi jika bunda sedang mengadu.

Blio berdua juga adalah sahabat yang selalu mendukung tiap langkah bunda, dan selalu ada disamping bunda saat bunda terpuruk.

sampai2, kehangatan dan kedekatan ini tidak berakhir saat bunda akhirnya resmi menjadi istri abiazka.

Utiakung bagaikan kekuatan bagi bunda, selain abiazka dan ALLah tentunya sebagai penerang hati..
KAdang terbersit di benak bunda, kapan yaaa bunda bisa membalas sedikiiiiiiiit saja kasih sayang yang telah dan sampai skrg masih utiakung berikan kepada bunda?

Yang ada, hingga detik ini, bunda masih merasa selalu merepotkan utiakung...Yang walopun, bunda pun tahu, utiakung tidak pernah merasa direpotkan oleh bunda...

Benar2 yaaa kasih orangtua sepanjang masa....hal ini benar2 mengajarkan bunda juga utk benar2 mencurahkan seluruh kasih sayang bunda kepada azka dgn tulus...Apalagi kalo sudah ingat bahwa anak adalah titipan Allah...wahh, bener2 deh...hubungannya adalah langsung dgn Allah..bgmn nantinya kita mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah.

Utiakung, abibunda dan azka sayaaaaaaaaaaaaaaaang deh ama utiakung.
Walopun kita jarang bertemu, insyaAllah doa bunda selalu utk keselamatan serta kebahagiaan utiakung.
Hmm....kapan yaaa bisa sahur bareng lagiii......? insyaALlah taun depan yaaa...abis abiazka selese kuliahnya dan kita bertiga balik lagi ke jogja tercinta....

big hugs.

Marhaban Yaa Ramadhan & Ultah Abiazka


Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW di akhir bulan Sya’ban mempersiapkan kaum muslimin untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Rasulullah menyampaikan sebuah nasehat yang amat indah sebagai berikut:
“Wahai kaum muslimin, bulan Allah telah datang dengan membawa berkah, rahmat, dan ampunan bagi kita semua. Bulan ini merupakan bulan yang paling baik di sisi Allah.

Hari-hari di bulan ini merupakan hari-hari terbaik, malam-malamnya merupakan malam-malam
yang terbaik, serta detik-detiknya merupakan detik-detik terbaik.Dalam bulan ini, Allah mengundang tamu-tamu-Nya dan Allah menganugerahi mereka kasih sayang dan rahmat-Nya.

Di bulan ini, setiap tarikan nafas memiliki pahala
yang setara dengan dzikir kepada Allah dan tidur pun dinilai sebagai ibadah. Di bulan ini, setiap kali kalian bermunajat kepada Allah, Allah akan mengabulkan doa-doa kalian.

Oleh karena itu, dengan kejujuran, ketenangan,
dan hati yang bersih, mintalah kepada Alalh agar memberikan taufik kepada kalian untuk berpuasa dan membaca Al-Quran. Orang yang celaka adalah orang yang di bulan agung dan penuh berkah ini, tidak mendapatkan rahmat dari Allah.”(diambil dari sini).

alhamdulillah yaa, kita semua masih diberi kesempatan untuk bertemu lagi dengan ramadhan tahun ini.
Bundazka sekeluarga juga mohon maaf lahir dan bathin yaaa,
Semoga ramadhan kali ini membawa keberkahan bagi kita semua yaaaaaaaa....amiennn...

---------------------------------

Oya, alhamdulillah juga abiazka kemaren tanggal 10 sept bertambah usia. Yang bahagianya, di hari itu berkumpul juga bareng kami bertiga Mbah amien, eyangkus, dan om haqi yang sedang berada di singapura.

Eyangkus spesial masakin ikan bawal goreng dan sambel terasi serta lalapan yang kita santap bareng2..

Selamat hari kelahiran yaaaa abiazka..
Semoga hidup abi selalu mendapatkan berkah Allah,
dianugrahkan kesehatan, murah rejeki dan keberhasilan dalam tiap langkah perjuangan abi.
dikuatkan iman dan taqwanya...

tambah sayang sama bunda dan azka, dan Allah tentunyaaaa....amien....

sayang abi,
azka n bunda

20 bulan azka


DI usia azka yang 20 bulan ini,azka sng banget bereksplorasi dan kepengen tahu apaaa aja yang terjadi di sekitarnya. Azka skrg udah tumbuh jadi anak yang aktif banget. azka seakan ga ada capeknya, lari sana, jalan sini, manjat,ngedorong strolernya, naek mobil2annya yang dikayuh dgn mnggunakan kedua kakinya, dan lainnya.

Udah gitu, bunda juga skrg dah mule diberondong azka dgn pertanyaan "adiz...?(what's this?)", "apa tuh?"untuk setiap benda yang baru azka liat. Sekarang, azka udah tampak menikmati bermain bersama teman seumurannya bahkan yg lebih tua dari dia.HObinya yaa ngikutin apa yang sdg dilakukan teman2nya.

MUlei dari naik turun tangga, manjat2, lari2an, maen prosotan, maen ayunan, ampe
naek maenan yang manjat2 yang ada di plegron yang buat anak 3 thn keatas*n azka can do it perfectly, yay!!*. Awalnya bunda sempet deg2an ngeliat jagoan bunda beraksi manjat maenan di plegron dgn keras kepalanya menolak dipegangin ama bunda*ngerasa udah big boy..* tapi bunda juga bangga juga ngeliat azka bisa ngelakuinnya*waah anakku udah bs manjat sendiri.........*.

BUnda baca, di usia se azka ini, yang terpenting adalah ngasi lingkungan yang aman bt anak supaya bisa bereksplorasi tanpa kekhawatiran ortu. Dan juga, anak kudu dikasi kesempatan, dorongan, serta pujian atas setiap upaya anak utk belajar mandiri.

Nah ini rangkuman perkembangan azka mule dari motorik, bahasa, kognitif, sosial serta kemandiriannya *mumpung bunda lagi mood nulis nihh....*:

Perkembangan motorik kasar azka di usia 20 bulan:

  • dah bisa nendang bola kenceng saat disuruh.
  • dah bisa naek turun tangga sendiri, sukanya megangin pinggirannya.
  • dah lari2an di tempat yang luas.
  • dah bisa disuruh lompat.
  • dah naik dan turun dari kursi sendiri.
  • dah bisa naek ke tempat tidur dan turun sendiri*pdhl tinggi lho tempat tidurnya*.
  • dah bisa manjat* waks, kudu lebih hati2 nih jaganya*.
  • dah bisa disuruh ngelempar*lumayan jauh jaraknya...maklum kebiasaan ngelemparin makanan ikan:)*.
  • dah bisa ngayuh mobil2annya dgn kedua kakinya.
Perkembangan motorik halus azka di usia 20 bulan:
  • dah pinter balikin halaman buku, lembar per lembar sendiri.
  • dah bisa numpukin balok ampe 4 balok.
  • minum dengan satu tangan *tapi seringnya disuruh 2 tgn ama bunda megangnya*.
  • makan sendiri dan pegang sendoknya dah bener*mana sukanya sendok yang gede lagii...*.
  • dah bisa buka tutup botol minuman.
  • dah bisa nuang dari gelas ke gelas yang lain, dari ember ke gayung.
  • suka banget ngisi air dari pancuran, ditampung pake gayung sambil ngomong, "kakak pil.....(fill the water)*".
  • suka banget kalo disuruh buangin sampah ke tempat sampah, sbg rewardnya, kita pasti muji azka dan sambil tepuk tangan,kalo dah gitu, azka pasti senyum bangga dan ikut tepuk tangan juga.
Perkembangan bahasa azka di usia 20 bulan:

Nah ini nih yang paling seru bagi bunda dan abi, terlebih bunda, yang setiap detik bareng ama azka, menyaksikan azka
bisa ngomong macem2, dah bisa ngungkapin keinginannya, dah bisa diajakin komunikasi, dan yang pasti bunda paham maksudnya*kalo orang lain kadang kudu nanya ke bunda dulu maksud omongannya azka:)*. Sekarang ini azka udah mampu:
  • nyebut namanya sendiri tiap kali ditanya "what's ur name?" yang dijawab dgn azka "kakak...".Awal mulanya bunda suka manggil azka dgn ulangan nama belakangnya "kaka" biar mudah gitu lho.Tapi kesininya jadi "kakak" deh:)! *biar cepet punya adek* hehehe.
  • nyebut dirinya dengan "kakak" tiap kali berbicara.
  • dah bisa bercerita dgn cepat hal2 yang baru saja dialaminya, misalnya "kakak mamam....", "kakak andi..bath..(mandi)","kakak drink...", "kakak pipis..","kakak ee'..", "kakak ebok...(cebok)", "bus aming"...(mo bilang kalo bus is coming...tiap kali bus nya dateng dan kita mo naek bus),"fish mamam..", "kakak mau bobo..", dan lumayan banyak lagi yang azka omongin..
  • dah bisa bikin kalimat perintah, "nda, take car...", "nda, nenen"....kadang sambil tereak ngomongnya, kalo dah gitu pasti ama bunda langsung dibilangin gini, "azka, ngomongnya yang baek gimana?" dijawab azka, "ndaaaa, nenen please...." dengan suara yang lembut dan baik *alhamdulillah*.
  • Kalo ditanya,"azka, abinya namanya sapa?" dijawab azka, "abi api"...(hanafi kok jadi api sih nak..) hehehe.
  • "kalo bunda azka siapa namanya? jawab azka" ndaa atii.".(maksudnya astri), wakakak.
  • "kalo eyang sapa?" "akus."..(gitu kalo azka manggil eyangkusnya..)
  • "kalo mbah azka sapa?" "mbah amiim".....(nah lo, kok jadi mbah amim sih nak, dulu dah bisa bilang mbah amien.
  • "kalo azka cucunya sapa?" "utiakunggg ...", jawab azka lantang.
  • "trus om nya azka sapa?" "Om haqi", "sapa lagi?" tanya bunda"om taz", trus sapa lagi, "om aji..", trus? "om gaga" panggilan untuk om rangga.
  • "kalo auntienya azka sapa?" "anti nyum (hanum)" trus? "jasmim"...(blm bisa bilang jasmine).
  • "kalo pakdenya azka? " , jawab azka"Ade agung...." (pakde agung..).
Yak..biasanya selesailah pertanyaan beruntun bunda yang ditujukan ke azka..bener2 nanyanya dengan cepat lo, ga berenti2 dan alhamdulillah juga dijawab ama azka kek diluar kepala:).
Ampe2 azka masih suka "ngabsen" orang2 yag pernah ditemuinya selama mudik 2 bulan kemaren...hihiii.

Perkembangan sosial azka di usia 20 bulan:
  • dah bisa bilang "its mine.." utk barang miliknya sambil ngomong gitu, sambil ngekepin di kelek tuh barang:).
  • paling suka ngaca di cermin tiap kali dipakein sesuatu yang baru, kyk topi, kacamata, celana ato baju baru...sambil bilang, "yeeeee.....kakak baju...", "kakak agis...(glasses maksudnya!! jauh yak?)"Kakak hat..opi..(topi)".
  • paling suka nyapa orang yang lewat dihadapannya...(seperti postingan sebelumnya yg bunda ceritain), sampe2 tiap turun dari bus umum, pasti ngomong gini nih azka, "bye akel..(uncle), siyu egem..(c u again...)!! gubrakzzz...anakku..anakku...ramah sekali dikau..*good boy*.
  • Dah ngerti kalo ada bayi, pasti disayang ama azka.
  • Tiap mo pergi, azka pasti yang bantuin bunda utk matiin tipi yang kadang suka bunda biarin nyala.
  • JUga suka nutupin pintu lemari yang bunda males banget nutupnya...hehehehe..
  • Suka banget niru hal yg terlihat oleh matanya. Liat bunda nyapu pengen nyapu juga, liat bunda motongin sayur, pgn ikutan.
  • Merasa bahagia tiap kali bertemu teman, walopun maen sendiri2.
  • Sukanya ngasihin atawa minjemin maenannya ke teman yg lain...
  • Kadang suka rebutan mainan ama yg lain, tapi kalo ga dapet yaa ngalah azkanya:).
  • Dah bisa nolak dgn bilang,"No..".
  • Suka minta perhatian bunda ato abi ato org gede lainnya, tiap kali melakukan suatu hal yg baginya istimewa.
Perkembangan kemandirian azka di usia 20 bulan:
  • dah bisa sikat gigi sendiri*sambil ngasi pasta giginya ke sikat giginya* walopun yg ada acara ngemut pasta gigi hehehe.
  • paling seneng disuruh makan dan nyuapin sendiri* wah porsinya bs lebih byk ketimbang disuapin!!*, walopun bundanya siap2 deh ngepel lantai yg berceceran tumpahan makanannya.
  • pegang sendoknya dah bener, masukin ke mulut juga dah ga salah masuk.
  • dah paham bedanya kalo mo ee' ama mo pipis, jadi bilangnya kalo mo pipis, "nda...pipis..." kalo ee',"nda...eek".
  • dah jarang banget ngompol saat tidur malam jika dibangunin utk pipis*ditatur*.
  • dah ga pake diapers seharian, tapi kalo pergi masih dipakein*daripada kena denda krn pipis sembarangan, hehehe...
ALHAMDULILLAH, kelar juga bunda nulis perkembangan azka sampai sekarang ini... CUma ada rasa syukur tak henti2nya terucap kepada Allah SWT atas segala rahmat dan berkah yang bundazka terima atas karunia berupa keluarga ini...

Smg bundazka sll dianugrahkan kesabaran dan kekuatan, serta ketelatenan dalam mendidik dan membimbing azka, menjadikannya anak yg sholeh pengikut Nabi MUhammad SAW, yg dapat mengucapkan La illa Ha ilallah hanya kepadaMU, RAb..amien..