[ Akhir ] Menyapih dengan Cinta

Hai sobat-sobat Bunda dan Azka,

Masih inget kan proses menyapih dengan cinta yang sedang Bunda dan Azka perjuangkan? Nah AZka alhamdulillah per 10 maret 2008 alias udah 8 hari belakangan ini,di usianya ke 2 tahun 2 bulan sukses ga nenen bunda lagi.

Nah proses menyapih dengan cinta yang bunda pikir bakal memakan waktu lama, ternyata dALAm 13 hari bisa berhasil.


Azka yang dulunya nenen bunda sehari bisa ampe 9 kali bahkan lebih,perlahan-lahan berkurang nenen hanya malam hari hingga pagi lagi yang itupun masih kira-kira 4 kali*bangun malam bisa 2-3 kali nenen*.

Kemudian
mulai berkurang lagi nenennya benar-benar hanya mau bobo malam saja(1 kali), jadi kalo Azka terbangun malam hari dan nangis minta nenen, bunda berusaha membujuk dengan menggendongnya, mengelusnya, dan bahkan terkadang juga Azka tidak berhasil untuk tidur lagi hingga pagi, sebagai konsekwensinya yaa bunda harus menemani Azka bermain sampai akhirnya Azka mengantuk lagi.

Kebiasaan tidur siang yang selalu nenen pun, bunda alihkan dengan mengajak Azka keluar naik bis kampus untuk muterin kampus, dan alhamdulillah, Azka pasti berhasil tertidur sendiri di tengah2 rute perjalanan bis kampus itu.

Setelahnya,tugas Bunda adalah menggendong Azka dari terminal bis kembali ke asrama kampus.
Yaa, memang lumayan berat, tapi ini semua bagian dari perjuangan. BUnda juga salut dengan azka yang sudah mau "deal" untuk tidak nenen sebelum bobo siang.

Dan alhamdulillah, cuma butuh 6 hari kebiasaan muterin kampus naek bis tiap mau bobo siang. Selanjutnya, Azka bisa bobo siang dengan digendong jarek*hihii,tetap,masih membutuhkan ekstra tenaga lebih bagi bunda*, tapi lagi-lagi bunda lakuin dengan ihklas karena bunda tau, Azka pun sedang berjuang untuk bisa tidak nenen bunda lagi.

Yang bunda amati, dalam rangka proses menyapih ini,azka berubah menjadi lebih sensitif. Perasaannya halus sekali, dia jadi gampang tersinggung kalo Bunda atau Abi agak bernada tinggi dalam memberitahu sesuatu ke Azka.

Misalnya gini, Azka berbuat sesuatu yang mengakibatkan Bunda menegur Azka, yang dulunya
kalo Bunda tegur Azka, Azkanya diam ato ga meng-iyakan omongan Bunda, kali ini Azka
langsung berkaca-kaca matanya dan bilang gini, "bunda ngomong Azka apa tadiiii?" sambil
raut wajahnya sedih banget.

Begitu juga kalo malam mau tidur, kan bunda bacain buku, nah sesekali Azka minta untuk
nenen bunda, bunda bilang kalo Azka kan udah ga nenen lagi, Azka udah 2 tahun, dan saat hatinya lagi sensitif, Azka menjawabnya dengan merintih "kewapa, bunda?
hah...kewapaaaa?" Azka mau nenen,minta dikit aja bundaaaaa....",seakan menuntut haknya.

Kalo udah begitu, hati Bunda pun berasa sakit,kalo mau ikutin hati kecil, rasanya dengan senang hati Bunda mau aja sodorin nenen buat Azka, tapi demi kebaikan Azka juga Bunda kuatin dan Bunda berusaha alihkan perhatian Azka dengan menggendongnya, memeluk serta menciumnya dengan tulus, agar azka pun rasakan kehangatan kasih sayang Bunda yang tak beda dari biasanya walo tanpa nenen.

Dan bila akhirnya Azka berhasil tertidur dalam dekapan Bunda, Bunda pandangi wajah bersihnya itu, gurat-gurat kelelahan tampak jelas dari wajah mungilnya itu, yaa..betapa Azka pun benar2 berjuang untuk tidak nenen lagii...

Kalo udah gitu, airmata Bunda mengalir dan Bunda ciumi Azka dengan lembut sambil Bunda
bisikkan di telinganya, kalo Bunda sayang sama Azka.

Nah, semenjak Azka total ga nenen lagi, hari-hari Bunda dan Azka benar-benar lebih
intensif. BUnda selalu cari akal untuk menambah aktifitas Azka meski hanya di dalam rumah.

Jadi Bunda selalu melibatkan Azka dalam kegiatan sehari-hari bunda.
Mule dari masak bareng, tugas Azka sekarang yang memecahkan telur*azka sangat suka dgn humpty dumpty,
tokoh karakter film anak2 yg menggambarkan sosok telur itu*.Jadi sambil nyanyiin lagu "humpty dumpty" azka pun sudah fasih memecahkan telur2 itu:).

Juga dengan motongin batang sayuran kek bayam, kangkung, Bunda lakuin bersama Azka.
Gitu juga kalo pas Bunda lagi blender, nah itu juga tugas Azka tuh untuk mencetin tombol on and off nya.
Dan dari situ Bunda amati, kalo Azka sangat senang dilibatkan dalam kegiatan yang Bunda lakuin.

Belum lagi kalo pas nyuci baju, wah Azka antusias banget tuh masukin baju2 ke dalam mesin
cuci, begitu juga dengan jemurin baju, dengan telaten satu persatu baju Azka digantungin di jemuran.

Jadi, Bunda sekarang memperlakukan Azka benar2 Azka udah big boy, udah kek sahabat bunda,mitra kerjasama Bunda.

Azka pun sekarang udah bisa mengkoreksi bunda, misalnya Bunda suaranya terlalu berisik, eh azka bilang gini,"bunda, jangan berisik yaa, don't shout!", sambil jari telunjuknya diletakkan di mulutnya.

Oyaa, nafsu makan Azka setelah disapih jadi meningkat lho..Makannya jadi lebih lahap, suka ngemil, jadinya BUndanya sekarang harus lebih berkreasi di dapur nihh..:).

Yaa gitulah, semoga proses menyapih dengan cinta ini benar-benar sudah sukses, walopun Azka tetap meminta tiap kali dia mo bobo, tapi dengan diberikan alasan kenapa dia sudah tidak nenen lagi, azka mau mengerti.Dan kalo dah gitu, azka suka senyum sendiri sambil ngomong "Azka udah 2 tahun, 2 years, nenen for adek baby..." dan diakhiri dengan memeluk bundanya erat.

Hmm...mungkin inilah kenapa disebut menyapih dengan cinta yaaa...jadi walo anak sudah disapih, dan pelan-pelan paham kenapa dia sudah tidak nenen lagi, kenangan indahnya tentang menyusu dengan ibu sangat terpatri indah di hatinya, betapa nikmatnya berada di dekapan bunda, betapa tenangnya hati dan jiwa, tergambar jelas dalam memorinya.

Yaaa, semoga saja ini menjadi kenangan terindah bagi Azka dan Bunda.

Terimakasih Ya Rabb, telah anugrahkan BUnda kemampuan untuk menyusui Azka dan menyapihnya hingga 2 tahun.
Terimakasih yaaa nak, Azka udah mau nenen sama Bunda selama 2 tahun,2 bulan.

Selamat tinggal nenen,bye-bye nenen.....kulepas dikau dengan senyuman dan ikhlas.....*Allahu Akbar*.

Sekarang sisa usaha kasi adek buat Azka nihhh :).....Mudahkan Ya Rabb!

42 comments:

mysparkling said...

ALhamdulillah ya ..

Selamat ya bundazka yg udah sukses menyapih dgn cinta'nya :-)

Azka jg pinter bgt nih, wah semoga kelak km tambah pintar & shaleh ya..

Semangaaaaaat!!
Bundazka & Abiazka 'semangat' yaaaa
mudah2an Azka bs cpt dpt adek bayi
huahahahaha

**kabuuuur!!

Mei Che said...

wah ... congrats yah ...
two thumbs up buat Azka dan Bunda ...

Mama Ben said...

duh tri aku bacanya mpe "doh!"
serasa aku yg baru ngelepas nenen nih terharunya...
nanti suatu saat azka baca ini pasti dia ikut menitikkn air mata nih...

owkeh...ntar pas abizka wisuda , azka ikutan ya nakkk...dah S# lulus cumlaude azka...hore..hebad...

met makan yg banyak azka...

Ibunya Pasha said...

Aaaaw so touchy, jadi ikutan menitikkan air mata nih, terharu bgt sm Azka mana pertanyaannya egitu pula, jd ngenes dengernya. Anyway congrats for both of you, what a wonderful cooperation from Mom and Son! Selamat ya Azka, maem yg banyak ya biar cepet gede dan siap kl ada adek baru ya ... hehe *ngibrit*

Nunik 'n Family said...

selamat ya bun...atas semua perjuangan bunda dan azka akhirnya semua berakhir dengan indah...

Ninie said...

Alhadulilah, perjuanganya berahsil dg lancar ya Tri, salut aku



Azka makan yg bnyk ya sayang

anisa said...

alhamdulillah, akhirnya sukses program menyapih, untuk program selanjutnya mudah2an berhasil juga ya te Astri...

BuNd4 N4jW4 said...

Alhamdullilah yah bun dan Selamat sekali lagi dengan perjuangan menyapih penuh dengan cinta...

Azka dah tamabh pinter dan dah besar yah sayang, makanya azka nunjukin kebunda kalow azka juga bisa berjuang bersama2 bunda :)

Bunda hebat dan azka jauh lebih hebat nih bunda kasih hadiah muahhhhhhhhhh

Moga bisa cepet kasih dede buat azka yah bun :)

Eucalyptus said...

Wah, udah bener2 lepas total ya nenennya? Aduh senengnya Azka punya bunda yg sabar kaya kamu.... Azka makin pinter ya sayang, jadi lebih mandiri neh Insya Allah...

yossy hamdan said...

Postingan ini favorit d buat saya...Gmn ya, secara waktu anak2 3bulanan terpaksa harus disapih...Aku aja sampe meriang krn kendinya bengkak...Bener buta informasi banget jaman itu...Makanya baca postingan ini jadi gmn gitu...hiks

primaningrum said...

Alhamdulillah ya azka pinter deh!!! semoga barokah ya tri... duh terharu biru bacanya....

BUndAzkA said...

buat sobat2 bunda n azka:

makasih yaaaa perhatiannyaaa...

alhamdulillah smua bisa dilalui dengan ridha-Nya.

buat sobat2 bunda yang lain, yg sdg mengandung, ato sdg baru menyusui, ayoo....luruskan niat, berikan ASI sbg makanan terbaik utk anak kita...

InsyaALlah dgn niat yg tulus dan keyakinan diri bahwa kita dapat memberikan asi yang cukup utk anak kita, akan diberi kmudahan dalam proses mnyusui nyaa..

thx sobat for making azka n bunda's day more meaningful.

lv,
bunda n azka

widie said...

Bye..bye..nenen...nennya buat adek lagi ya Azka....

Azka pinter ya bun..bangga pasti jd orang tuanya, kecil2 udah perhatian gt hehe...

Iya bun...azka kudu dicariin banyak kegiatan, dialihkan jd lupa sm nenennya..ga ppa kok wajar semua jg ngalamin begitu, emang seh capek banget kitanya kudu telaten...tp semua itu kan demi anak kita jg maluu kan kl nen terus hehe...

Bunda Zua said...

Alhamdulillah mbaak!!

Dari diskusi2 YM kita aku makin menghayati perjuangan bunda&Azka nih dan udah nunggu@ postingan ini dari kapan hari...

Semoga bunda dianugerahi kebahagiaan berikutnya dengan cepat yaa (menimang adiknya Azka)

*hugs4Azka*

Mutia&Rayga said...

Say,bgs banget postinganya.slamat ya,udah bener2lepas nenen.wah azka hebat,bantu2bunda d dapur.anak pinter

Hanif & Raihan said...

Alhamdulillah... kagum dech ma bunda dan Azka... Didoain biar Azka cepet dapet adek... (nyari temen nich... he he he....)

entik said...

selamat buat bunda dan azka. Menyapih emang kudu dengan cinta sama dengan menyusui ya kudu dengan cinta juga..

isma said...

selamat buat bunda, abi, juga azka... karena cinta penyapihan jd lebih mudah dan sukses... tinggal usaha kasih adik buat azka nih, semangat yak! ;)

fa said...

*masih terharu aja mbaca cerita penyapihan dg cinta ini*

...

rumah lina said...

congratz ya.. mom. Duh gimana resep jadi ibu hebat kayak bundaazka ni. Aku gak bisa sesabar dan sekuat itu kali...

kei & mum said...

selamat ya azka... berhasil berhasil hore! *dora mode on*

Cicha Mamanya Shaina said...

Seneng plus sedih dengernya..

Senang karena Azka dan bunda berhasil melewati proses penyapihan yang berat dan melibatkan perasaan-perasaan miris..

Sedih karena ngebayangin Azka yang harus sabar karena disapih dan bundanya yang tegar menghadapi Azka yang jadi sensitif..

Tapi alhamdulillah ya Azka dan Bunda udah berhasil :) Azka sekarang makan yang banyak biar tetep sehat yaa.. Hidup Bunda! Hidup Azka! (apa sih.. hihi)

evan said...

tiap baca tentang "menyapih" koq jd pen nangis yak..huhuhu! sukses ya say. Aku jg pen ngasi adek wat farrel tp pe skrg blm tega bnr2 nyapih. Azka makin pinter..muach2

Mama Ben said...

WOW keren banget sb yg ini....
mantab tri....duile...kamu cepet amat ya blajarnya....ikut suenennnnngggg...

Great Page

bye bye nenen hehe

MamaVian said...

Hebat Azka udah ga nenen. Udah big boy ya sekarang?!

sb-nya original banget kekekek judulnya itu loh.. bye bye nenen.

andrei-travellous said...

Hiks dari kemaren2 saya baca postingan ttg menyapih, pasti aku terharu. ternyata proses itu benar2 menyentuh sekali ya bagi seoarang ibu. hiks...ingat mamah ku! :(

andrei-travellous said...

Hiks dari kemaren2 saya baca postingan ttg menyapih, pasti aku terharu. ternyata proses itu benar2 menyentuh sekali ya bagi seoarang ibu. hiks...ingat mamah ku! :(

ninda said...

Selamat ya bunda & Azka... dua-duanya emang pinter kok...

Azka makin gede makin ganteng aja nih.

latree said...

selamat yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.........

latree said...

selamat yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.........

latree said...

selamat yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.........

latree said...

selamat yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.........

latree said...

selamat yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.........

Ayie said...

Bun, jujur Ayi tidak pernah tau sebelumnya kalau proses pemberian ASI akan sangat berdampak besar (meskipun dah sering baca artikel/buku mengenai ini). Tapi pengalaman langsung BundAzka sangat menginspirasi aku untuk tidak boleh melewatkan kesempatan "proses pemberian ASI" yang sangat berharga ini. Aku bener2 terharu baca postingan bundAzka yang ini. Thanks a lot for sharing your valuable experiences bun.

Chubby Family said...

waaahhhhh nyontekkk ahhh strateginya buat ntar kalo ical uda 2 tahun.... tapi btw niihh bun, program 'adeazka' udah goalll belon???

Gege said...

huihuhuhu....
sabarnya kamu Tri jadi bunda.. ngga salah kalo abi azka memilihmu...

selamat yah say, udah berjuang dengan penuh kelembutan apalagi anakmu itu pengertian banget.. such a very good boy..

semoga keinginan selanjutnya terkabulkan yah say.. doa selalu ada buat lo...

Ani said...

Betul2 penuh perjuangan ya Bund ! Selamat ya berhasil sapihnya.

Ryuta Ando said...

nenen sehari 9 kali? Duh duh kuat amat ya..

Syukur deh klo nenennya udah bisa lepas..

Ayo usaha yg giat biar Azka ada dedeknya..*yg cewek ya bun, biar sepasang*

Nia said...

Sip... akhirnya Azka ga nenen lg.

Ninis said...

Makasih tipsnya, Bunda Azka :)
Aku lagi siap2 menyapih Jessica soalnya. Bermanfaat banget tulisannya.

Good luck for the next plans :)

ARai said...

wah ini yg komen banyak banget yah..arai mo ikutan jg ga nyenyen lagi ah..

Anonymous said...

The first question many people have about links london one way links is why are they so important.If you links of london compared two websites that had exactly the links jewellery same content but one of them had one hundred one way links versus none on the other site links of london uk you would see that the site with one way links had a much better cheap links of london ranking with each search engine. links of london bracelet The primary reason for this is there is no reason for one site links of london charms to link to another without a reciprocating link other than that links of london watches site determines that the website is an authority on it's given niche links of london rings A one way link is when a website links to another site without links of london necklaces asking for a reciprocal link back.