Perlahan, anakku....dan KITA pasti bisa!

Bunda sengaja pengen nyatet gimana perkembangan hari kehari Azka dalam proses "weaning with love" ini. Ya buat kenang-kenangan besok dan buat share ama temen-temen yang lain.

Hari pertama(26/2): Mule dari siang azka udah ga nenen, sampe bisa bobo sendiri malamnya, dgn dialihin bacain buku, diajak ngobrol, dipijitin.

Hari kedua(27/2) : Alhamdulillah, seharian ga nenen, karena bunda dan azka juga pergi seharian, tapi pas malemnya, minta nenen, nagih ke bunda, kalo katanya boleh nenen kalo dah malem*akhirnya bunda kasih, karena bunda juga pingin menjaga kpercayaan azka ke bunda *. Tapi nenennya cuma bentar, dan berhasil bobo tanpa nenen, dgn dipijetin, didongengin.

Hari Ketiga(28/2): bangun pagi, nangis minta nenen, langsung bunda alihin bikinin susu di gelas pake sedotan, alhamdulillah mau. Siangnya susah tidur, karena minta ga bunda kasih, sempet nangis sedih protes kenapa kok ga boleh nenen, tapi akhirnya bunda ajakin aja naek bis kampus muterin kampus, eh bobo deh sendiri azkanya di bis.

Karena terharu banget, dan saat itu ne**n bunda bengkak karena penuh, akhirnya bunda peresin deh ne**nnya bunda taro di mug-nya azka, Subhanallah, banyak juga hasil perahannya, seperti waktu azka masih bayi, mungkin krn pas meres bunda ngebayangin azka yaaa, jadi ngalir terus deh tuh ASI.

BUnda taro di kulkas, pas azka bangun, bunda kasi deh tuh ASi bunda yang di mug, reaksi azka sempet kaget, tapi kemudian langsung sroot…sroot….lancar banget nyedotnya, padahal biasanya kalo minum sufornya, dikit-dikit gitu.*hihii, tau dia kalo rasanya kek kenal nihh…..*.

Malemnya, dah pinter aja liat ke arah jendela luar, bilang “tuh bunda, udah gewap, boweh nenen dongggg…..!”. Bunda kasih, tapi itu pun Cuma bentar nenennya.

Hari keempat (29/2) : Udah sukses dari bangun pagi ampe malem lagi ga nenen, tapi emang konsekwensinya, bunda harus menemani azka setiap saat, jadi frekuensi bunda ngenet di depan laptop berkurang, azka bisa protes dengan ngomong” bunda, jangan duduk mwuwu dong di laptop….”.

Kalo bundanya ga tahan udah ngantuk banget pas siang-siang, azka ngomong” bunda, ayo bangun…wake up…jangan bobo mwuwu to....! Ayo maen sama azka..”.

Malemnya juga berhasil ga nenen, tapi sempet ada acara nangis2an bareng, karena bunda saat itu kan agak migren*kecapekan nih dalam rangka proses penyapihan*, bunda bilang ke azka kalo bunda sakit kepalanya.

Nah pertama-tama azka bisa ngerti, tapi pas puncak inginnya, dia nangis sesenggukan sambil ngomong gini,kan kepalanya yang sakit bunda,…..bukan nenennya……..huhuhuuhu…..”, tapi dengan dewasanya akhirnya azka tertidur dengan menyisakan airmata masih basah di pipinya… udah deh, azka bobo, gentian bunda yang nangis ,sedih banget harus ga nenenin azka.

Hari kelima(29/2) : Azka alhamdulillah sudah mule terbiasa untuk ga nenen saat pagi sampe malam hari. Azka tetep merajuk minta, tapi dengan penjelasan, bunda bilang kalo dia udah two years,ato ga bunda liatin ke luar jendela kalo hari masih terang, azka langsung paham dan tersenyum, dan kemudian beralih tidak menagih lagi.

Malemnya pun sukses ga nenen, sempet nangis, tapi alhamdulillah engga mpe sakau karena nenen*istilah bunda ke azka dulu pas minta nenen ga bunda kasih bisa mpe marah2, ngamuk2, gegulingan, nangis histeris bikin bangun orang seapartemen*.

Tapi pas bangun malem, nyari-nyari ne**n, yaa bunda kasih lahh...hihiihi..pas ne**n bunda penuh juga soalnya...langsung deh kek nemuin air di tengah padang pasir, azka minumnya sampe cleguk-cleguk.....nikmattt!:)

Hari keenam(1/3) : Sukses juga nih menyapih azka utk ga nenen seharian, kebayang yang biasanya tiap 3 jam sekali ne**n, tapi emang bobo siangnya jadi ga semudah dulu, skrg mesti diajak pergi dulu, ato ga digendong jarek baru deh bobo.

Semalem, SUKSES ga nenen lagi, karena bunda juga kondisinya lagi sakit banget, migren kumat, badan pegel linu, bunda bilang ke azka saat mule mo bobo di tempat tidur kalo bunda sakit, azka mukanya jadi ikutan sedih liat bundanya sakit, langsung deh bilang” bunda cakit...? Ya Awoh(Allah), cembuhkan bundaku...”, sambil kedua tangannya menengadah keatas berdoa sama Allah. Subhanallah, anakku.....terimakasih nak sudah mendoakan bunda.

Nah hari ini, memasuki minggu pertama proses menyapih, pelan-pelan bunda mo komunikasikan ke azka agar malam hari mo bobo pun ga usah ne**n bunda, sebagai gantinya bunda akan dongengin azka, becandaaan ama azka, baca doa bareng-bareng azka, dan pijetin azka yang enak!.

Dan yang jelas, kasih pemahaman ke azka, walopun bunda udah ga nenenin azka, sayang bunda ga berkurang, bunda insyaAllah selalu ada untuk azka..

Abiazka juga terharu banget deh liat azka bisa patuh dan pengertian banget dalam proses penyapihan ini. Makanya sekarang Abiazka pengennya selalu melukin Azka terus karena Abiazka ngerasa Azka sangat mau ”berkorban” untuk ga nenen lagi....

Bismillah yaaaa Azka ,anakku.........!Perlahan dan KITA pasti bisa!

24 comments:

salma said...

Azka pinter kok & Azka pasti bisa!!!.

Terharu deh waktu Azka do`ain bundanya supaya sembuh...

widie said...

Horee...Azka lama-lama ngerti yaa..pelan-pelan aja..yg tadinya berapa jam sekali dikurangin sehari dua kali bangun tdr sm mau tdr malam, trus besoknya dikurangin lg sehari satu kali insyaallah lama2 lupa deh....

bener bun, kudu cari kesibukan buat dia biar dia lupa mau nenen...
semoga sukses ya..Azka pintel kok...

Lala said...

Aduh.. Azka makin pinter ya.. Azka banyak temennya kok. Tata juga dulu 'berjuang' keras supaya bisa nggak nenen lagi ^_^

Azka pasti bisa!!

keep smile said...

Horeeeeee Azka pinter

Nunik 'n Family said...

semoga sukses...azka bantuin bunda ya nak..

Renaldo's Family said...

Azka pinter banget... hebat yah udah bisa doain bunda... semoga bunda udah nggak sakit lagi yah... amin :)

andiana said...

ayo smangad!!!
azka pinter dan shalih kan???

Mama Ben said...

wah...hebad...azka...pinter
minggu depan pasti udh ga nenen lagi...
bunda nya juga hebad...
mpe terharu nih bacanya...

tumb up buat akaa...

Mamah Ani said...

Menyapih dan disapih sama sedihnya dan sama beratnya, butuh pengertian dan pengorbanan besar dari kedua belah pihak. Bukan hanya satu yang menangis, tapi pasti keduanya.
Selamat....Azka dan Bundanya sama sama hebat, kalian pasti bisa. Salam

fa said...

waahh, satu tambahan ilmu nih buat saya kelak *duuh... kapan yah*

soalnya setauku di kampung, klo mo nyapih nggak kayak gini deh bund. ternyata menyapih spt ini keliatannya 'mesra' sekali yah :) *mupeng deh sayah*

MamaVian said...

Terharu baca postingan yang ini. Mambaca cerita bunda yang sedang berjuang menyapih Azka dengan cinta.

Bunda Zua said...

menyapih ini rasanya pasti berat ya bunda..lha bundanya sampe sakit2 gt,Azka jg sedih..semoga bunda&Azka bisa menghadapi masa2 ini dgn baik ya,juga smg berhasil!! Hugs 4 both of you!!

BUndAzkA said...

dear temen2 bunda:

iyaa bnr banget kata mamah ani, kalo menyapih dan disapih tuh sama sedihnya dan sama beratnya,
bnr2 butuh ikhlas dan sabar serta pengertian yang besar dua belah pihak.

Tapi bunda yakin,azka dan bunda insyaALlah pasti bisa lewatin tahapan ini, mnuju tahapan brikut2nya dlm hidup...

dan tetap...., smg sama2 mjd kenangan indah bagi azka dan bunda...;)

Ryuta said...

Pinternya Azka yang udah bisa doain bunda..cepet sembuh ya bunda.

Pasti bisa donk berhenti nenennya, ayo semangat semangat.

BuNd4 N4jW4 said...

Azka hebat deh dan emang anak sholeh doa'in bunda...terharu bun bacanya...

Cepet sembuh yah bun dan Azka dan Budna Pasti bisa...bunda kudu yakin karena azka jauh lebih hebat dan siap :) mauhhhhhhhhwat azka

Vina said...

Hiikkss..Jd terharu sekaligus ga kebayang,secara anak udh 2 tapi ngga pernah ngalamin nyapih,semuanya pada 'menjauh' dari dadaku sejak umur 1thn..Hihi..

Cicha Mama Shaina said...

Terharu deh bacanya.. Segitu beratnya ya Azka disapih bunda.. Aku ngebayanginnya kok rasanya kayak mau ninggalin orang yang kita cintain ya.. (kayak sedih abis putus cinta gitu)..

Insya Allah Azka pasti bisa ya..

Moga-moga Azka juga ngga cemburu ya sama adeknya kelak, karena nenennya bunda nanti full buat adek baby..

abiazka said...

kayak Obama.. YES WE CAN..

latree said...

terharu deh bacanya. baru tahu model nyapih yang pelan-pelan begini. pasti berhasil dengan anak yang patuh dan bisa diberi pengertian macam azka...

elly.s said...

walaaah.....kesian juga..
tapi memang harus gitu...
mas aditku dulu mpe 2,5 tahun..
itu pake acara dioles brotowali segala..
hiks...

anisa said...

mudah2an berhasil ya bun...sukses jg tuh Azka

evan said...

Azka pinter banged siy dah bisa bdoa "sembuhkan bundaku..duuu gemez, perlahan tp pasti ya bun, byk air mata yg netes ya. Bun akhir2 ini ko sering migren? cpt sembuh yaaa

Mutia&Rayga said...

say,moga lancar ya.azka n bund pasti bisa.percaya gag:kalo rayga nenenya bisa ky azka gini,aku mungkin msh trs kasi ampe skr,aq mungkin ga bisa setabah dikau.salut aku say

Ummu Azzam said...

Subhanallah! salam sayang yah azka... moga tambah pinter... :)