Beginikah rasanya berpisah...??

Mulai siang kemaren, tiap kali Azka minta nenen BUnda, selalu dijawab Bunda "nenennya nanti aja yaa Azka kalo mo bobok malem, kalo udah gelap, tuh masih terang*sambil nunjuk jendela luar*". Dan sepertinya alesan itu disepakati oleh Azka.

Sebagai gantinya, bunda alihkan perhatian Azka dengan kegiatan lainnya seperti menemani bermain, baca buku, nonton dvd,dan jalan-jalan keluar.

Dan alhamdulillah, cukup berhasil, hingga hari mulai malem*terdengar burung hantu, suaranya merdu, lahh kokk malah nyanyiii....?*.
Giliran Azka yang nagih janji bundanya, kalo bole nenen kalo mo bobo malem.

Azka : "Bunda, Azka mo bobo nihh...!"*padahal masih jam 7 mlm, tanda-tanda deh minta nenen*.
BUnda : " yuuk, baca buku yukk Azka..", sambil berusaha ngalihin perhatian Azka.
Azka : *spontan sambil dengan nada protes* " katanya tadi udah gewap boweh nenen...tuh udah gewap tuh, bunda.."*sambil nunjuk ke arah jendela luar yang emang udah gelap*.

MasyaAllah anakku...inget ternyata udah dijanjiin Bunda.

Tapi tetep, bunda berusaha alihin dengan bacain buku sambil kasih Azka minum susu 1 gelas, alhamdulillah, sembari bunda bacain buku, Azka dengerin sambil menghabiskan susunya.

Pikir Bunda, Azka mau bunda bikin kenyang, biar ga inget ama nenen. Abis minum susu, Bunda ajak sikat gigi sebelom bobo, dah gitu balik lagi naek ke tempat tidur nerusin bacain buku ceritanya.

Aiiihhh, ga berasa, ada tuh 6 buku disodorin Azka suruh dibacain ama bunda*kok belum ngantuk2 sihhh, nak!*.

Akhirnya bunda tawarin untuk pijetin azka, yang emang kebiasaan azka sebelum bobo selalu bunda pijetin...Masih resah tuh azka, balik sana balik sini, ngoceh sana ngoceh sini, nguap sana nguap sini,berasa ada yg kurang karena belum ne**n bunda.

AZka : "bunda, azka mau nenen...."
Bunda : "hmm, azka kan udah gede, udah two years,....udah tiup lilinn..., udah mo sekolah.", seloroh bunda.
Azka : *tersenyum malu-malu, mengurungkan niatnya untuk nenen*.

Bagi BUnda, ajaib aja nihh respon azka, biasanya kalo bunda ngomong gini, Azkanya pasti ngambek deh dan diakhiri dgn tangisan yang bikin bunda luluh lagi. Dan kali ini, respon azka beda banget!.

Jam udah diangka 11.30 malem, masih belum mo bobo juga Azka. Dari mule bunda pijetin, baca doa mo tidur bareng, bunda sholawatin...., mata azka tak urung mau terpejam.

*hihiii, gini nih resiko mau nyapih, kudu siap sedia nemenin anak sampe bobo, biasanya kalo dikasi ne**n, langsung bobo*.

Yang bikin bunda terharu, adalah dengan jawaban azka saat dia[lagi-lagi] meminta ne**n bunda,di detik-detik terakhir Azka sudah terlihat ngantuk sekali..
AZka : "bunda, azka mau bobo....."*maksudnya minta nenen*.
Bunda : "eits....azka kan udah two years..., udah gede yaaa...."*dengan ekspresi riang*.
Azka : "engga nenen lagi donggg............!", jawab azka dengan senyum mantapnya, sambil berusaha memejamkan matanya...........
Bunda : " Azka, walo bunda udah ga nenenin azka lagi, tapi bunda tetep sayaaaaaaaaaaaaang banget ama azka...Azka tau ga kalo bunda sayang?".
Azka : "tau, bunda.....", jawab Azka lirih sambil tersenyum.

Dan sambil bunda senandung, ternyata Azka lama-lama pun tertidur dalam dekapan bunda.Tanpa bunda sadari, tiba-tiba ne**n bunda mengalir membasahi baju yang bunda pake malam itu.

Subhanallah, udah lama banget bunda ga ngalamin ne**n ampe basah gini, ini pasti karena efek bunda juga merasa sedih karena akhirnya tiba saatnya harus mule mengikhlaskan menyapih Azka.

HUhuhuhuhu.......ga terasa, dah basah aja deh air mata bunda, langsung bunda bisikin ke telinga Azka pelan " I love U, Azka...!".

Ya Allah, terimakasih kau anugrahkanku kesempatan untuk menyusui anakku dan menyapihnya pun dengan cinta...
Dan semoga Azka tumbuh menjadi anak yang sholeh, cerdas, sehat dan berakhlak baik..Amien ya rabbal alamien...

Kunci utama menyapih dengan cinta adalah membina komunikasi yang baik dengan anak, sabar dan ikhlas karena pasti kan ada saat yang tepat yang kadang tidak kita duga-duga.
Diawali dengan rasa cinta dan ketulusan, dan diakhiri pun dengan cinta dan keikhlasan....






33 comments:

Nia said...

Bun, akhirnya berhasil jg ya boboin Azka tanpa diksh nenen. Semoga malam2 mendatang Azka dah ga gelisah lg klo mo bobo.

Ryuta said...

Lama-lama sukses juga ya nyapihnya..

Pasti terharu deh kebiasaan yang sering dilakukan tiba-tiba hilang..gpp bun bikin dedek aja ya, biar ada yang gantiin posisi Azka.

nila_aura said...

Subhanallah...terharu nih ma Azka...pinter banget...

Mama Ben said...

ya ampun tri aku kepengen menitikkan air mata....
selamat ya, kamu sudah beri yang terbaik dan azka dah terima yang terbaik...
hari ini pasti dah bisa terus...

azka good boy
azka pinter banget kaaa....
sun dari tante ya...

Indah said...

Azka...nenennya ganti buku aja ya,kan udah gede malu ah...Azka kan udah gede...udah pinter.

DessyCherryPonie said...

Alhamdulillah akhirnya azka bisa lupa n***n nya yah, semoga sukses nya gak hanya dihari pertama. Seterusnya azka lupa sama n***nnya, biar bisa punya ade lagi yah, hehehe

Bunda Aulia said...

Sukses deh bisa menyapih dengan cintah!
Selamat ya buat azka dan bunda-nya...

Brarti.. azka dah siap dong punya dedek lagi.. hayooo... :D

Eucalyptus said...

Alhamdulillah Azka udah berhasil disapih ya.... kesian juga ngebayangin muka Azka waktu minta nenen trus gak dikasih.... Selamat ya Azka sayaaang, moga jadi lebih pintar & mandiri...

bidadari_Azzam said...

Subhanallah...
Salam kenal buat bunda azka, Salam sayang nanda Azka, :) smoga selalu sehat dan cepet gede, yah...;) hehe...

yossy hamdan said...

Mom, aku baca postingan ini sampe ngembeng nih, inget anak yg gak pada lulus S3...hiks

Selamat ya buat Bunda dan Azka udah mo wisuda yah?...hehe

Azzah said...

Alhamdulilah.. gut boy deh azka ! :)

mysparkling said...

Bunda Azka ..

slm kenal ya utk mbak + suami,
dan Azka tentunya :-)

Aq dah lama juga baca blog-nya Azka
cuman berhubung aq baru punya blog, jadi baru bisa kasih comment sekarang!

Semoga Azka jadi anak yg shaleh, pintar, dan berbakti.. Amieeen

Regards,
Sparkling!

latree said...

Alhamdulillah...
uh nih mata mpe mbrebes bacanya...
azka pinter banget...

andrei-travellous said...

Hiks...jujur saja ak gak pernah tau, klo moment kek gitu sangat berarti buat para Ibu. Sumpah, ak merinding dan ehem....nangis, ingat ibu ku..

Sarah Utami said...

Kasih ibu..kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia.

Bunda-nya Azka..met kenal ya..

Jujur, saya ampe nitikin air mata nih. Salam buat Azka dan keluarga ya..

Btw kalo zaman dulu, pas nyapih, nenennya biasanya diolesin yang pahit2, misalnya buah mahoni, hehehe, gak tau ada efek sampingnya atau enggak..Hehehe.

widie said...

Pelan-pelan ya bun...Azka pinter banget s seh..pengertian, kaya anak udah gede gt ya bs diajak ngomong...hebat deh Azka..
kan udah gede bentar lagi sekolah siipp deh...

Terharu ya bun jd seorang ibu....

Mutia&Rayga said...

Sumpah say,terharu aku bacanya,inget rayga yg cuma 8bln langsung bingung puting..congrats jengk..cipikacipiki

BUndAzkA said...

buat temen2 yang sayang sama Azka :

makasih yaaaaa smua atas doa dan dukungannyaaaaaa...

bnr2 smua itu bagian dari perjalanan hidup yang harus dilalui.

Dan harapan bundazka adalah itu mrpkn kenangan terindah dlm hidup bunda dan azka sbg wujud rasa syukur bunda kepada Allah atas karunia berupa anak yang sholeh..amiennn...

primaningrum said...

duh..... senengnya ya yang bisa menyusui anak-anaknya!! *sedih ; gak pernah ngerasain soale,, hiks hiks..*

Alhamdulillah ya azka sukses disapih dan Insya Allah besok besok udah gak nagih...

Anisa said...

Subhanallah, ikut terharu bacanya.
Mudah2an berhasil ya nyapihnya dan ibunya mesthi tega ngelepasin juga...

evan said...

Bun klo aku masi blon tega nih, klo aku bilangin "farrel kan dah gede, badannya tinggi bentar lg mo sekola" eeeh malah ngambek dia =) trus nangis, luluh lagi dey. mungkin karna aku kerja kali ya jadi ada perasaan bersalah gitu dey, udah ditinggal seharian gak dikasi nen*n pulak. slamet ya Bun..aku masi harus berusaha dan berusaha terus spy bisa spt dikau "menyapih dgn cinta" aku koq sedih ya baca postingan ini, bayangin Azka yg dewasa banged. muach tuk Azka ya bun

silvi nugroho said...

aduh tri...meni sedih bacanya...terharu...jadi inget ma anak-anak...

azka...azka anak yg HEBAT deeh...bunda ma abi pasti bangga banget yaa...

rumah lina said...

aduh mom jadi terharu, betapa Azka juga berjuang nahan keinginannya dan momnya juga yang nguat2in sedih karena gak tega lihat Azka ga bisa bobok2.

Azka good boy... ntar diganti cerita dan dipeluk bunda aja ya sayang :)

BuNd4 N4jW4 said...

Bacanya jadi ikutan terharu dan inget waktu nyapih genduk....

Syukur Alhamdullilah azka ngerti yah bun dan moga besok udah gak nagih lagi :)

BUnda dan azka hebat :)

entik said...

alhamdulillah Bunda sukses menyusui azka dn sukses menyapih dengan cinta. Doain aku bisa ngikutin jejak bunda

IbuDzakyFai said...

iya bun...komunikasi emang penting....aku juga takjub waktu dulu nyapih...gak usah oles yang pahit2 ....(yg katanya bs bikin anak gak mau nenen lagi)...cukup dengan kata2, komunikasi ma anak...aku komunikasiin satu bulan sebelum ultahnyanyang ke 2...setiap hari...dan hasilnya...malam setelah ultah...pas mo bobo pengen nenen...gak jadi diingetin dah 2 tahun...dan besoknya gak pernah nagih2 minta nenen karena merasa dah big boy...

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

terharuuuuu....biruuuu...huhuhu....
*peluk azka &bunda*

ibnu said...

Tidak ada wanita yang paling tulus cintanya, kecuali cinta ibu kepada anaknya... Ya rabb.. rahmatilah ibu2 kami..

Bunda Zua said...

Bunda, aku sampe terharu lho bacanya.., wih bunda sabar banget ya, sekaligus tegar banget demi kebaikan Azka.. salut sama bunda *hugs*

Biar gak capek bunda mau dipijitin Zua?, mampir yuuk ke rumah kita...

Azka said...

Ass... bang azka.. wah... mudah2an bisa yaa lupain nenenya... kalau dd azka mah lom bisa tuh... malah makin kuat nenennya... ntar bagi2 tipsnya yaa bunda azka.... hehehe
salam tuk seluruh keluarga di sana...
wassalam adi

ayie said...

Bunda, terharu banget bacanya, pengen nangis. Bunda dan Azka [abiazka juga, hehe] hebat. Bunda selalu berikan yang terbaik. Thanks a lot for sharing these great stories bun. Sangat berguna bagi ibu wannabe seperti Ayi. Thank you.

Mama Shasa Shahira said...

Bund.. nti ada saatnya kangen nenenin lho.. seru juga yaa kalo nyapihnya udh gede .. hehehe..udah bisa protes..

Anonymous said...

The first question many people have about links london one way links is why are they so important.If you links of london compared two websites that had exactly the links jewellery same content but one of them had one hundred one way links versus none on the other site links of london uk you would see that the site with one way links had a much better cheap links of london ranking with each search engine. links of london bracelet The primary reason for this is there is no reason for one site links of london charms to link to another without a reciprocating link other than that links of london watches site determines that the website is an authority on it's given niche links of london rings A one way link is when a website links to another site without links of london necklaces asking for a reciprocal link back.