Menyapih dengan cinta....??

Usia Azka sekarang udah mau 2 tahun 2 bulan. Alhamdulillah, kalo menurut milis ASiforbaby yang bunda ikutin, Azka udah lulus S3, istilah kalo anak sudah berhasil mendapatkan hak ASI- nya selama 2 tahun...*hihii,jagoan yaa Azka, abibundanya aja belum S3*.

Memberikan ASI(nenenin) Azka memang kegiatan yang sangat menyenangkan buat Bunda dan alhamdulillahnya, Azka juga menikmati banget nenen sama BUnda.

Apalagi dulu pas bayi, Azka juga dapetin ASI Ekslusif dari Bunda, dan diterusin ampe sekarang, ASI bener-bener minuman utama buat Azka selain air putih, yogurt, jus buah dll.

Sempet berkali-kali n
yobain kasi susu formula buat Azka, tapi hasilnya bukannya Azka ga doyan, tapi ga bisa banyak aja minumnya, so walhasil kadang udah keburu kadaluwarsa deh tuh sufor lupa keminum*kan sayang yaa,mahal..!*.

Lagian memang Azka ga ngenal yang namanya ngedot botol dari kecil, dia make gelas ato sedotan buat minumnya.*hehehe, kalo ini karena bundazka ribet aja kalo kudu nyeterilin botol n cuci botol terus2an, enakan langsung "makleB.." alias susu cap gantung! :)).Toh kan BUnda selalu bareng ama Azka terus alias stay-at-home mom.

Naaaaaaaahhhh, kembali ke judul diatas, sekarang yang menjadi masalah adalah, kayaknya Azka dah kudu mulai disapih nihhh....

Memang sihh, komunikasi dua arah antara bunda dan azka sudah berlangsung pada saat azka belum menginjak usia 2 thn. BUnda dah sering bilang, "kalo besok Azka udah 2 thn,udah tiup lilin.., Azka udah ga nenen bunda lagiii....Azka dah mo sekolahh...Nenen Azka buat Adek yaaaaaa....".

Obrolan bunda dan azka itu kadang bisa di mengerti oleh Azka, dimule dengan dikuranginya frekuensi nenen Azka, menjadi kalo nenen cuma di tempat tidur aja *biasanya kan dimana saja, kapan saja, mo di bis kek, train kek, mo tiap stengah jam kek,tuh pabrik susu selalu tersedia buat Azka..:))*.

Nah program itu sempet berhasil, Azka bisa nahan keinginannya untuk nenen, terutama kalo misalnya seharian bunda ajak pergi, jalan-jalan, ketemu temen2 Azka yang seusianya, waaah...bisa lupaa tuh si Azka ama nenen bunda.

Tapiiiiiiiiii....tetep ajaaaaaa,kalo dah sampe rumah, bundanya langsung aja diajakin ke tempat tidur* hihii, karena dia tau nenen hanya bole di tempat tidur aja....*.

Yang jadi masalah jg, ternyata Azka intoleransi laktosa,jadi sempet kemaren, Azka sakit agak lama pas mudik ke jogja, dikarenakan Azka ga cocok ama susu UHT*dulu pdhl sempat ga papa lo minum UHT*. Jadi efeknya langsung diare, dan azka jadi ga bisa mencerna makanan dgn baik *aiiihh..refot kan..!*. Sebagai gantinya, Azka disaranin minum sus
u yg free laktosa, ato ga susu kedelai, naaahhh...ini diaaaaa...Azka ga doyan!!:(.

Belakangan ini, BUnda kasi Azka tambahan susu Pediasur* rasa vanila, yang ini alhamdulilahnya Azka doyan. Efeknya juga oke tuhh, nafsu makan Azka bertambah banget, padahal kan Azka ga punya masalah dgn nafsu Makan alias pemakan segala*yang halal2* ;). Kebayang kan.....?? Makan terusssssssssssss...............!.

Anehnyaaaaaaaaaa.....walo dah dicekokin pediasur* yang menurut iklannya bisa mengenyangkan walo ga perlu makan*ah..masa sihhh...*, teteup sureuteup ga mengurangi minat Azka utk nenen ama BUnda...

Kadang bunda sengaja tuh kasi dia minum susu porsi banyak dgn harapan dia lupa n kekenyangan n ga minta nenen...........apa mo dikata...salah totaaal pemirsa.....!!Sukses menghabiskan segelas susunya, kata yang pertama diucapin Azka adalah "bunda...nenen yukkk....!" *&^&%&**^pingsan bunda&^%&**.

Sempet sebulan kemaren, bunda kondisikan kalo ada adek di perut bunda*baru dikondisikan lo, doain beneran yaa
a....amien....*, Waaah, azka sumringah banget tuhh, sayang banget dia ama adeknya, perut bunda dielus2, adek beibinya diajakin ngomong..

Sampe-sampe giliran mo nenen, walo dah dikasi tau kalo nenen buat adek, eh Azka nyeletuk "adek...,*dengan muka mengarah ke perut bunda* Azka minta nenennya yaaa??...boweh yaaa.....???".

Giliran dah selesai nenennya, eh Azka nya ngomong gini, "adek..., nenennya abis.. *sambil pasang muka sedihh....*". Wuahhahahaha.....Azka..azka..bisa aja sihh kamu nak...!.

Asli deh, kalo liat penampakan si beibi bongsor Azka, dengan tinggi 95 cm, berat 15 kg,dengan keceriwisannya ngomong, tingkahnya yang sudah berulah,udah mandiri*dah bisa lepas n pake celana sndiri, buka n pake sepatu sendiri, mandi sendiri,makan sendiri* waaahh.. udah ga pantes banget deh kaloo masih nenen...hihihiihii....

Akhir kata, ya udah deh bunda mah ikhlas-ikhlasin aja, mo kapan Azka brenti nenen, yang jelas kan ga bakal amp
e gede*maluuuu donggggggggg Azkanya juga...*.BUnda juga ga bakal capek2nya untuk ngasi tau Azka untuk mule ga nenen lagi.

MUdahan seperti yang dibilangin Eyangkus-nya Azka, "santai aja bunda...nanti kan kalo ada adeknya dia berenti sendiri nenennya! nenennya jadi ga enak..".

Yaa..semoga saja..Wallahu alam bi shawab.
* bunda ngetik postingan ini dgn posisi Azkanya nenen dan tertidur di pangkuan bunda...hahahaha.....saking terbiasanya :)*.




33 comments:

Diana-mama Rafi said...

Very Good ! Untuk Azka yg makin hari makin pinter...muuuah

MamaVian said...

Soalnya sapih menyapih itu emang susah ya bun? Kadang kitanya yang ga tega, apalagi Azka bisa aja jawabnya hehhee pake ijin ma "calon adek"-nya dulu lagi...

BUndAzkA said...

iyaaa bener bgt mama vian..akunya jg yg kadang ga rela mo lepasin azka biar ga nenen lagiii...

ada rasa takut dia ga butuhin bundanya lagiiii..*hehe,mklum, kdg kalo azka lg mnt nenen banget, dia mau aja disuruh macem2..entah suruh berdoa dulu, cium bundanya dulu, disuruh ambil apaan dulu..hihihihi..*

Mama Ben said...

Azkaaa....baru potong rambut ya sayangg...sepatu cute sama kacamatanya bagus bener,pinjemin dunk ma tante ema...

Siapa bisa nolak anak sepinter itu tri...pake nge-joke pula azkanya,minta ijin ma dede...lucu bener...

Kek nya emang yg bakal bikin azka resign dari nenen kudu kehadiran dedek kecil nih...hehe...yg giat atuh bikinnya bundazka...hehe...

Gapapa bun, dulu adikku persis dibawahku juga gitu, ampe hampir dua stengah tahun nenenin, eh hamil kedua langsung brenti kok nenen nya...

So ksimpulannya apa nih hihi....kerja malamnya yg giat...bikin dedek hahaha/....

Sori tri komen kpanjangan yah haha...

Eucalyptus said...

He he he, sekarang baru bisa komen, rupanya harus sign ini dulu.... iya neh, emang rada2 susah menyapih anak, apalagi kalau dia dikasih asi eksklusif. Klo aku karena orang kerja, paling 3 bulan pertama aja bisa dikasih asi eksklusif, setelah masuk kantor selang seling sama susu kaleng. Mudah2an Azka gak susah ya disapihnya....

andrei-travellous said...

baru tau ada istilah menyapih, Hehehe
jadi bingung mo kasih komen, yang jelas makin lama makin gaya aja nih Azka di foto :D

simbok said...

hidup asi..hidup blogger!!ceritanya persis sama dgn semua anak2ku..full asi,sufor dan alat2 lainnya cuma buat koleksi emaknya aja..
postingnya sambil nenenin sampe tertidur juga plus gringgingen kalo aku..hihih..itukan win win solution ya bun..anak kenyang emak hepiiii

Salma Hasna Tsabitha said...

bunda salam kenal dari salma, bunda sharing duunk udah sukses S3 ASI...hu hu.. masa salma di suruh dikasih sufor ama DSA nya hikz..

Mutia&Rayga said...

Aq cuma 8bulan jengk.sedih jg kalo inget itu.rayga jd nolak asi krn kburu bingung puting.congrats azka dah s3.moga sukses nyapih nya.btw canggih amat sambl ngetik sambil ngasi cap gantung;-)

widie said...

Azka..udah gede malu kan..masih nenen hehe..emang kadang gampang2 susah seh nyapih...tp kayak gt di tega2in bun...emang seminggu anak kaya kena sakit nyandu gt yg nangis, rewel teriak ahk..pokoknya ga enak bgtlah..kitanya jg sakit bgt tp habis itu berhasil bun.

Kalo akbar dulu, dia suka seh minum susu uht jd ga masyalah soal susu hihi..*kesian dirikuh ga laku lagi..*

Pelan-pelan ya bun..soal azka ga mau susu uht itu wajar krn dia terlalu lama nga-asinya hehe...
semoga azka mau minum susu ya..ga usah banyak2 yg penting ada tiap harinya pan dia udah banyak makan nasi jd susu cm pelengkap aja.

BUndAzkA said...

to salma: yuk yuk sharing bareng yuk...;)*langsung via YM yaaa

to mutia: gimana ga canggih mut, lawong kadang azka malah dah bisa self-service...kalo malem, langsung aja tuh buka kendi bundanya;))

to mb widi: nah itu diaaaaa, tega itu lo yg blm bisa akunyaaaa...
melihat azka "sakau akibat asi" akunya pasti luluh utk kasi lagi...hiks..

iya yaaaaa,mdhn2 pasti ada jalan kluarnya;)

Rani said...

huhuhu.. kangen azkandut! soal sapih menyapih.. aku juga masih jauh banget neh.. kalo azka s3, noe apa dong ya? pensiunan dosen kali ye.. abis udah mao 3 taon masih jalan terus nenennya

Ryu`s Mom said...

Hi3 lucu juga kali ya klo liat anak masih nenen. Gpp nanti klo udah gedean juga Azka bakal berhenti sendiri kali ya.

Keren deh S3, bundabi harus belajar yg rajin tuh biar kayak Azka..he3

entik said...

wah salut buat bunda dan azka yg sukses kasi ASI. kalo aku sekarang rada sedih karena ASI ga sebanyak dulu. Sejak ikhsan umur 6 bulan (sekarang 7,5 bulan)dan mamem MPASI mimik ASI-nya jadi berkurang, palagi ibunya trus jadi males merah ASI sebelum ke kantor
:( alhasil ikhsan sekarang jadi kecanduan mimik dari botol.
sekarang jadi mulai dari awal lagi, sedikit demi sedikit mimik sufor-nya pake sendok jadi ga bingung puting.
jadi pengen sharing sama bunda ney..,aku pengen kasi ikhsan ASI sampe 2 tahun

Ina-Nabila said...

Azka hebat nih, sehat dong. Sitem imun badannya lebih besar drpd yg susu formula dr kecil.
Kalo boleh berbagi, dulu Nabila sapih umur 2 tahun kurang 1 bulan, itupun terpaksa, krn ditinggal emaknya diklat 2 minggu.
Namun sebelumnya mmg sudah ada tindakan penyapihan, baik lewat kata maupun tindakan. Salah satunya adalah mpe "kendi"nya dilipstikin. Kata Nabila waktu itu "Mi, ini atit ya? ko beydayah?"
Nabilanya jadi ga tega minum, karna dikirain daku berdarah2 :). Cuman aku sendiri antara ga tega dan sedih juga sih :(.

bundanya i-an said...

wah hebad azka bisa ampe 2 tahun ASI nya... dulu i-an sampe 18 bulan awalnya aku basa-basi aja.."i-an besok-besok jangan mimi bunda lagi yah... pahit.." eh nampaknya melekat tuh kata pahit.. besoknya langsung gak mawu.. he..he..seneng tapi kasian juga soalnya blon 2 tahun sih he..he..

Anisa said...

Azka....ASI nya bunda enak ya ... sampe2 gak mau lepas...
Kalaupun mau disapih masih susah biarin saja bun, entar juga berhenti sendiri kok...

Sama halnya Safa, ASI ekslusif diterusin nenennya sampe mamanya hamil ...hehehhee...nenen sampe umur 2 tahun 9 bulan dan saya hamil 2 bulan... Habis selepas 2 tahun tuh sudah berbagaimacam cara kutempuh untuk bisa disapih *walah hiperbola banget* dari mulai tak kasih jamu, kopi, lipstik,plester,tansoplast, nenennya buat adik,...tetep saja masih cinta sama nenen mamanya.
setelah mamanya isi 2 bulan, perlahan dia gak mau, katanya nenennya gak enak... buat adik saja..hahahaha

Buat Azka selamat menikmati ASI ya..

latree said...

selamat karena berhasil dengan suksesnya ngasih asi sampe 2 tahun...
selamat berjuang untuk nyapihnya...
pengalaman aku gampang banget sih nyapih anak. cukup dioles minyak kayu putih..

lam kenal ya ;)

Latree

Dhona said...

Azka makin gede makin pintar ih. Santai aja deh bun, ntar ampe koq waktunya Azka berhenti nenen sendiri. Trus aja diajak dialog kayak yang udah dilakukan trus nanti lama-lama Azka ngerti koq. Fia dulu juga gitu. Aku udah posting kan? Alhamdulillah nggak pake paksaan sama sekali, dia yang menyapih dirinya sendiri.

Tante eLLo said...

Waah azka udah mau punya dedek enggak boleh nenen lagi, kecian adeknya. Hidup Nenen Bunda!!!

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

wadouw ternyata siguanteng ini masih nenen toh?.....

Bunda Zua said...

Wah, hebaaad!!!, aku juga pengen Zua nenen terus mbak..

Katanya kan anak kalo minum ASI makin lama bonding sama ibunya makin erat ya mbak?

Nia said...

Azka, ternyata pas mudik diare krn susu UHT ya. Trus kpn niy Azka dpt adik beneran? ;) Siapa tau kalo Bunda hamil beneran ntar Azka stop nenen-nya.

Nunik said...

HIhihii.. iya tuh berarti tandanya Bunda kuduw kasih adek ke Azka... Gag tega seh emang kalo ngelepas nenen... :(

keep smile said...

Hemm, emang kita juga bakal stress berat kalau nyapih. Pertama karena ngelihat anak sakau, kedua karena breast kita jadi sakit banget. Tapi Bun, ada juga tuh sepupuku yang ampe gede *sekitar 4 th* masih minta ASI. So lagi-lagi key nya adalah harus tega.Karena untuk kebaikan bersama juga.

suroi said...

alhamdulilah
meski bln ngerasain, tapi ikut bahagia baca ceritanya :)

ichaAwe said...

wah hampir sama dengan NAdine doong... nadine juga bentar lagi 2tahun... tapi malah makin gencar aja..dikit2 bilang nenen...
emang bingung yah kitanya

Indah said...

wah..hebat..hebat..bisa kasih ASI sampe 2 th....bikin kebal tuh...dan bikin gaya aja he..he..tambah oke aja gayanya..mau jd model ya...

Ninie said...

AStri ...jadi sekarang targetnya bikin adek dong biar Azka gag mau nenen ke bunda lagii...


Good ya Azka.

evan said...

hihi Azka percis sama kek farrel, dah dikasi pengertian apapun tetep keukeuh mau nenen..nenen is d best dah! Azka pinter ya dah bisa pake spatu n clana ndiri

Cicha said...

Buun.. enaknya bisa posting sambil dinenenin Azka. Aku secara ibu baru kali ya.. setiap nenenin Shaina pasti masih harus fokus, kadang ampe keringetan.. takut dia ngga nyaman, jadinya runyam deh kalau dia sebel kepalanya gedek-gedek..

Kalau udah ngamuk karena salah posisi nenen, Shaina akhirnya aku kasih ASI perahan (lantaran pd udah kenceng buwanget, jadi tak pump) dari botol.. hiks katanya botol juga ga boleh ya bun.. :(

Moga-moga aku juga cepet gape nenenin Shaina and dia bisa nenen sampe seterusnya (atleast sampe waktunya disapih) kayak kk Azka ya.. hehe

Ibunya Pasha said...

Buun ... how lucky you are bs nenenin Azka sampe segitu lamanya! Aku cuma bertahan 2 bln sama Pasha, somehow tu pabrik susunya ga berproduksi lagi *sniff*. Dah ke klinik laktasi juga, konsul ke DSA jg, tetep aja ga mo klewi... cedihnyaaa! Goodluck ya bt sapih Azka, duuh pinter bgt ya Abang Azka!
Maw dong YM-an! boleh aku add under username apa?

Anonymous said...

The first question many people have about links london one way links is why are they so important.If you links of london compared two websites that had exactly the links jewellery same content but one of them had one hundred one way links versus none on the other site links of london uk you would see that the site with one way links had a much better cheap links of london ranking with each search engine. links of london bracelet The primary reason for this is there is no reason for one site links of london charms to link to another without a reciprocating link other than that links of london watches site determines that the website is an authority on it's given niche links of london rings A one way link is when a website links to another site without links of london necklaces asking for a reciprocal link back.