Waktu Azka sakit..........

Azka sempat sakit sehari setelah lebaran..
Ceritanya, ga ada angin ga ada ujan, tiba2 azka demam tinggi(38,9 c),yang langsung bikin panik bunda dan abi.

Karena, hari itu juga, sbelumnya, azka bnr2 ga nunjukin tanda2 kalo dia panas,
malah sejam sebelumnya dia masih seger buger nemenin abiazka ke supermarket deket rumah.

Nah, pulang dari situ, pas bunda lagi asik telpon2an ama utiazka, azka kan bunda peluk,loh loh..tiba2 kok azka anget badannya..

Stres dong langsung..BUnda buru2 kompres azka sambil bunda nenenin.Alhamdulillah, azka bobo pas bunda nenenin, sembari ngompresin azka terus,bunda sengaja ga mo langsung kasi azka obat turun panas. Dan pas di kompres anget, lambat laun mule berkurang.

Tapi kemudian, 1,5 jam azka kebangun dari tidur.
BUnda dan abi ada disamping azka, sambil berusaha menyapanya.."kenapa nak? azka sakit yaaa....?

Baru nyadar, bunda ngeliat azka ga ngerespon omongan bunda. BUnda ngeliat tatapan mata azka kosong dan lemaaaaaaaaaaasssssss sekali.

Astagfirullah.......... Ada apa dengan anak bunda? BUnda tepuk-tepuk pipi azka, sambil teriak,"azka..azka...kamu kenapa nak?"!

Panik banget..Ga ada respon diikuti badan azka kembali panas lagii..
Langsung abi gendong azka sambil histeris, teriak2 "azka..azka...astagfirullahaladziem...".

BUnda tanya azka lagi, "azka mau muntah yaaa...?" Kemudian dijawab azka dengan anggukan,tetap dgn pandangan matanya yang super lemas. Langsung sehabis itu, azka muntah dalam gendongan abi. Muntahnya ga hanya keluar dari mulut, tapi juga lewat hidungnya...

"Astagfirullahhhhhhhhhhhh.................", histeris bunda dan abi.
"gapapa nak..azka sehat nak..udah muntah udah lega nanti nak..", hibur bunda ke azka.
Tapi azka tampak lemas ga berdaya, malah azka seperti tidak sadarkan diri, bibir azka pun membiru.... Allahuakbar...... "azka..azka....kamu kenapaaaaaaaa nakkkk?" teriak bunda.

Waah, subhanallaaaaahh,benar2 seperti mendapatkan musibah bunda dan abi saat itu.
Saat digendong abi, azka sampai2 tidak bisa menahan leher dan badannya..lemaaaaaaaas sekali.

Lari keluar!!, itu yang ada di benak abi dan bunda saat itu.. Kami berdua panik, super hebatnya..Tapi kemudian, Azka muntah lagi, dan diikuti dengan pecah tangisnya...

Sambil berusaha menenangkan azka*dan menenangkan diri kami masing-masing tentunya*, bunda sampe bingung megang henpon mau ngubungin sapa. Sekujur tubuh bunda pun bergetar saking panik dan histerisnya. Bawaannya pengen segera melarikan azka ke emergency rumahsakit..

Langsung bunda raih dompet abi, dan tas isi baju2 azka dan bergegas kami pergi menuju ke rumahsakit... MasyaAllah, telpon taksi aja lamaaaa bgt, pdhl rumah sakitnya cuma beberapa ratus meter dari asrama kampus kita.

Pengen rasanya berlari menuju rumah sakit, tapi kan ga mungkin dgn kondisi azka sperti itu. Alhamdulillahnya, azka setelah muntah, badannya mendadak normal lagi... Dan azka pun sudah tidak nangis histeris lagiiii..Malahan sembari menunggu taksi, dia sudah bisa kembali bermain dan merespon apa2 yg bunda tanya*sengaja,bunda soalnya kawatir banget dgn kondisi azka*.

15 menitan taksi yang kita telpon baru dateng, ga ada 5 menit,dah nyampe ke emergency rumahsakit NUH,dicek suhu azka 38,9 C. MAsyaALlah, demam lagi anak bunda!.

WIIihh, nunggunya lmyn lama, delalahnya banyak jg pasien emergency lain saat itu. Bunda ga henti2nya dzikir dan istigfar sambil menggendong azka erat. Azka bunda nenenin terus..

Sampai pas pemeriksaan, alhamdulillah dokter bilang kondisi azka spt jantung, paru2 sehat. Azka dikasi Ibuprofen buat nurunin demamnya..Beberapa saat kemudian,panas azka pun turun menjadi 37,3 C.

Naaaaaah, masalahnya, bunda bnr2 syok dgn peristiwa "azka sempat seperti tak sadarkan diri "tersebut, bilang ama dokternya, ditanyain apakah azka seperti kejang? sambil jelasin definisi kejang sperti apa.

BUnda bilang, azka ga seperti yg dijelaskan dokter tadi, cuma yg jadi pertanyaan besar bunda, kenapa azka sampai seperti tidak sadarkan diri saat badannya panas tinggi itu, pandangannya kosong...itu yg bunda bener2 cemaskan..

Nah, si dokter UGD ini malah ikutan cemas juga..katanya, ada tanda tanya besar nih knp kok azka ampe "spt mo pingsan itu". Waaks..spontan bunda jadi ikutan keder kan..Karena penjelasan bunda ke dokter itu, diagnosa dokter itu malah mengarah ke infeksi virus dan dugaan adanya first febril seizures alias kejang...*waduuhhhhh!!!!*.

BUnda yakin dia akhirnya nulis gitu karena kecemasan bunda yg berlebihan ttg sempet "blanknya azka itu". Terus terang, bunda dan abi masih syok bgt kalo mngingat saat"beberapa detik azka seperti tak sadarkan diri" tersebut.

Akhirnya, melihat kecemasan kita, dokter nawarin utk rawat inap selama 24 jam supaya dibantu memantau kondisi azka. Pikir punya pikir, karena bunda masih keder takut kejadian itu terulang lagi bunda dan abi mutusin utk rawat inap azka.

Tapi kemudian tiba2 bunda nanya masalah biayanya, pas dikasi tau, kaget juga bunda.. Utk rawat inap disitu, kita kudu deposit 5000 dolar*sekitar 30 juta rupiah*..masyaALlah..duit darimana segitu pikir bunda!.

Karena saat itu, duit yang tersedia cuma duit beasiswa bulanan abi yang ga nyampe sgitu tentunya...MO tuker duit tabungan kita dulu, ribet karena harus ke money changer bt nuker...

Wahhh,rasanya saat itu kita sediiiiiiihh banget..Betapa mahalnya biaya rumkit si singapur ini. Mana bunda n azka ga ada asuransi kesehatan lagi yang mencover, cuma abiazka aja yg dapet dari beasiswa sekolahnya.

Sperti mo teriakkkkkk......Ya ALLahhh..anugrahkan kami kemudahan... Kemudian dgn tekad yg bulat, abi dan bunda mutusin utk merawat azka di rumah saja. Dokternya sih boleh2in aja, karena katanya, sbenarnya kondisi azka OK, cuma orangtuanya aja yg kepalang cemas *yaa gimana enggak,ngeliat azka yg biasanya ceria gt, tiba2 terkulai lemas....*

Azkanya juga slama di emergency ga nyaman, selalu saja bilang "nda..go home..."

Ya udah..bismillah mantep deh bawa pulang azka.. Sampe dirumah, azka masih muntah 2 kali tiap dimasukin makanan...Waduuhh, panik lagi deh bunda..Telpon utiakungazka,mbah amien serta eyangkus, minta tolong didoain..

Akhirnya semalaman abi dan bunda ga tidur ngompresin azka terus..Panasnya naik turun. Bener2 deh, saat2 mengukur pake termometer, bener2 saat yang menegangkan. Tiap kali liat angka digital termometer dah nyampe 37 derajat, bunda n abi langsung ciut...dan berlanjut dgn dzikir dan istigfar terus.

Allahuakbar...anugrahkan kami dan azka keikhlasan atas cobaan sakit ini..smg menjadikan pahala jika kami sabar dan ihklas menerimanya.

2 hari panas azka masih naik turun, kalo diminumin parasetamol, langsung turun, tapi setelah 4 jam efek obat ilang, mule anget lagi. Utiakungazka dan pakdeAzka hari kedua azka sakit langsung terbang ke singapur.

Mereka juga sangat kawatir, malah bunda sempet mutusin utk pulang aja ke jakarta kalo kondisi azka memburuk.Karena biar bagaimanapun, sakit di negeri sendiri, rasanya lebih tenang..
Tapi setelah melihat kondisi azka yang berangsur2 membaik, akhirnya diputuskan utiakung azka aja yg ke singapur.

Ternyata benar....Obat dari Jakarta
alias utiakung dan pakde azka mujarab. Azka senaaaaaaaang sekali saat utiakung dan pakde dateng. Jingkrak-jingkrak seakan lupa kalo dia pernah sakit.

Alhamdulillah...setelah 3 hari,Azka sudah ga demam lagiiii...*terimakasih ya Rab*. Benar2 cobaan yaa melihat anak sakit..Tapi semua ini ada hikmahnya..dan insyallah abibunda bisa memetik hikmah dari sakitnya azka, menjadikan kami lebih dan lebih dekat lagi dgn Allah Sang Maha Pencipta...

Dan benar, kecemasan bunda terjawab sudah, pas kontrol ke dokter langganan bunda, bunda jadi tau, kalo "efek seperti tidak sadarkan diri azka itu" disebabkan karena saat demam tinggi dan azka ingin muntah, kondisi oksigen dalam tubuhnya tidak mengalir sampai ke otak, jadinya sempet membuat azka pucat dan sperti tidak sadarkan diri...

Dan azka terkena
infeksi virus yang tertular lewat udara,ato ga makanan kotor.. Hmm..iya juga yaa..azka kan bermain bareng2 anak2 yang lain yg mgkn saat itu ada yg sdg sakit..

Dan memang benar juga, sehari sebelumnya azka sempet keujanan dikit saat ikutan acara makan2 lebaranan bersama2 org2 indonesia lainnya, jadi mungkin azka tertular virusnya saat kondisinya tidak fit.

YA Allah, As Syifa,..terimakasih kau anugerahkan kesembuhan untuk anak bunda, azka..

Dan Alhamdulillah...saat ini azka sudah kembali ceria lagiiii....joget lagiii..dan yang jelas sekarang azka tambah lancar ngomongnya...dah bnr2 pinter merangkai kata...
Alhamdulillahhhhhhhhh.....

29 comments:

widie said...

Duh kebayang kalo anak sakit panas tinggi disertai muntah itu emang bikin panik bun...ditambah lagi begitu tau biaya inap rumah sakit selangit gt yaa..( hidup di luar negri emang perlu asuransi krn kalo anak sakit bs dicover)

Syukurlah kalo demamnya udah turun dan Azka udah segeran lagi yaa...
Obatnya bener2 spesial ya didatangkan dr Jakarta hehe...

Yang sabar ya bun, ngga usah panik nanti kasihan anaknya ikutan bingung liat orang tuanya panik.

bundazka said...

iyaaa..makasih yaa mama abay..iya,emg harus bs ngatasin panik, kasian anaknya jg kalo kt terlalu panik....hmm, tapi tetep sajah...perlu usaha keras:)

Ryu`s Mom said...

IniJangan panikan lagi ya bundazka..

Klo aku dirumah biasanya nyediain obat penurun panas + nyiapin obat anti penurun panas untuk suhu diatas 38 derajat celcius, minta aja sama dokter anak.

Soalnya aku juga pernah ngalamin kayak gitu, bahkan Ryu pernah waktu demam badannya sampe kejang-kejang seharian walau udah dibawa ke klinik terdekat. Akhirnya kita bawa ke RS dan harus melakukan EEG (Electro-encephalography pemeriksaan pencatatan aktifitas potensi listrik
terutama bagian permukaan otak.

Alhamdulillahnya disini selain dicover asuransi, pengobatan untuk anak dibawah 5 tahun masih gratis.

Nah sejak itu kita selalu prepare obat penurun panas untuk suhu diatas 38 derajat celcius. Biasanya obat ini dimasukkan melalui dubur.

Abis klo anak sakit itu gag ketawan kapan dan bagimananya.

Pengalaman lagi ya bun..ambil hikmah positifnya aja ya..

bundazka said...

iya mama ay..makasih banget sharingnya...

iya yaaa aku sll saja panik ...

sbnrnya dirumah jg ada obat penurun panas dari dokter bt jaga2, cuma waktu itu krn panasnya tiba2,aku masih kompres dulu, ga lgsg ku kasi obat...tp tnyt reaksinya cepat dan bikin aku panik berat.

bnr2 pngalaman hidup yg ga terlupa nih mama ay:)

primaningrum said...

bunda, bener deh keiknya usulan mama ay, sedia aja obat-obatan ringan ntuk pertolongan pertama, obat turun panas yg dimasukin lewat dubur keiknya efektif banget buat pertolongan pertama, kalo masih ragu buat ngasih obat turun panas oral.

jangan panik lagi ya bunda, buat azka sehat ya nak, udah ya ini pertama dan terakhir ya bikin panik bunda&abi.

cika said...

aku jadi ikut deg2an baca postingannya
emang sih anak sakit itu bikin panik ortunya, apalagi kalo selama ini belom pernah kejadian kaya gitu

tapi baguslah azka udah sembuh sekarang...
jangan sakit lagi ya azka :)

Gege said...

whuaaaaa...jadi ikutann stres bacanya..Untung dah lewat yah Tri..jadi merinding..
Loh Tri, kalo di UPM, anak n istri bisa ikutan asuransi loh, dengan bayar RM50 per semesternya, kita dapet pengobatan free di med centernya UPM..

Duh yg penting Azka dah sembuh yaa.. Jangan sakit2 lagi yah Azka..

.:diah:. said...

Alhamdulillah yaa Bunda,, Azka kembali cria lagii... *dag dig dug jg baca postingan bunda ini..:(
hmm.. jadi inget anak2nya om ku suka gitu wktu kecil2 *sering demam tinggi tiba2, malah sempat kejang pula.. wal hasil smuanya jadi panik, trlebih lagi mama nya.. jadinya, di kulkas tuh slalu sedia obat yg spt dibilang mama Ay *obat yg dimasukin ke dubur, itu buat ank yg kena step=kejang2 gituu.. daann kata om ku yg kbtulan kerja di kesehatan, klo "ank laki2 lebih besar kemungkinannya utk kena step dibanding ank perempuan"

Solsikke i mit hært said...

wah bunda azka..skrg panasnya udh turun kan yah? klo kami disini sedia panodil junior..itupun dimaem pas demam aja...terus tambahan lainnya kami suak kasih minum kamilla tea banyak2 pas Ais sakit,klo di Denmark kamilla tea ini para midwofe dan dokter sll anjurkan buat baby atau anak sakit.

Eh,maaf lhr btn juga yah bunda...maaf bru mampir...lg sibuk2 Ais didaycare mniggu2 ini .

semoga azka cepat sehat kembali dan ceria spt sedia kala...salam sayang

salma said...

Duh bacanya ikut deg²an. Tau banget deh gimana pas anak sakit... jauh dari keluarga lagi kan.. hiks.
Gila aja ya rumkit di spore... mau rawat inap 1 malem aja depositnya kek mau pergi kemanaa gitu.

Alhamdulillah ya Azka udah baik n sehat lagi..
Sakit Azka keknya mau nambah pinter aja deh! (kata wong howo sih gitu) hehehe.

bundazka said...

buat diah n vera: makasih banget yaaa perhatiannya..

alhamdulillah,azka skrg udah sehat kembali...
dah lincah dan tambah ceriwis ngomongnya..

iya,aku juga takut banget krn itu, ktnya anak laki2 memang lbh rentan step, jadinya aku kirain azka itu sempet step..

tapi alhamdulillah bukan..
bismillah, mudahan smua dianugrahkan sehat yaaaaaa...

Nia said...

Astri, sama ya say penyakit Rayna ama Azka. Demam tinggi, Rayna sempet ampe 40 derajat n bibirnya udah biru gt.

Padahal dah ke dokter segala, tetep aja demam tinggi. Lagi musim kali ya di sini... Alhamdulillah ikut senang Azka udah sehat lg.

bundazka said...

buat bune salma: iyaa bune, alhamdulillah stlh sakit azka jadi tmbh lncr ngomongnya..tapi kalo boleh milih, pgnnya kalo mo nmbh pinter ga usah pake sakit yaaaa;)

buat nia: MasyaALlah,tnyt rayna jg abis sakit juga yaaa...keknya lg ada wabah virus singapur nih nia..
alhmdlh sng jg dgrnya rayna dah sehat lagiii....

Bunda Zua said...

Alhamdulillah kalo sekarng mas Azka udah sembuh, aduh bunda, baca ceritanya kok ngeri banget yaa?!..

Kali kalo yang ngalamu bunda Zua udah nangis gak karuan deeh...

bundazka said...

for bunda zua: wahhhh...sama dong...kmrn itu abi dan bundazka pake acara nangis2 histeris segala juga kok;).

Tapi hikmahnya adlh JANGAN PANIK! biar bs berpikir cepat dan jernih..dan anak pun tidak tmbh bingung ngeliat ortunya panik..

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

duh ada-ada aja cobaaan yaa....
aku pernah ngalamin tuh bun...disaat raul panas mencapai 40 derajat and papa nya raul baru keluar RS abis kemo jadi masih lemes gak bisa nyetir nganter kita ke UGD. waktu jam 11 malem...aku lari keluar rumah nyari taksi... terus ke UGD berdua aja sama raul...hiks hiks... jadi keingetan.

hikmahnya adalah kita tidak boleh panik yaa...harus kuat tidak boleh mengandalkan orang lain serahkan semua sama Allah. dan satu lagi...
ASURANSI perlu banget lho... aku gak bawa uang buat berobat tapi (untung) bawa kartu asuransi raul... jadi diterima dgn senang hati sama RS

Bunda Najwa said...

Syukur alhamdullilah azka dah sembuh.....Jadi inget najwa waktu sakit sampe hampir gak sadarkan diri.....

Alhamdulilah dah sembuh, kalow inget jd sedih dan trauma yah bun....kebayang yg gak2..tapi emang jgn panik yah gak?

Bunda msh beruntung berada disamping azka kalow aku dpt kbr najwa dah dirumkit, alhadmullilah cuam semalem dirumkit bun ;)

Emang utiakung obat yg paling mujarab....Alhamdullilah azka dah sembuh muahhhhhhhhh ;)

bundanya i-an said...

wah... kebayang neh paniknya...
syukur dah sembuh ya nak...
hmmmm azka mau tambah pinter tuh he..he...

Calysta Dhinda Oktarasya said...

Alhamdulilah Azka dah sembuh..Aku bisa bayangin tuh gmana panik & tegangnya. Pernah ngalamin jg waktu Calys demam & sempet gak sadar jg..persis sama d..cuma gak muntah.. lsg bawa ke UGD jg & gak dirawat sempet ditawarin jg tuk dirawat tp kamarnya penuh..ya sud plg aja, alhamdulilah besoknya dah baikan.. & bener kt ibu2x yg lain, sejak itu Aku selalu sedia obat penurun panas yg dimasukin dr dubur wat jaga2x kl anak panas tinggi...ini disarankan sama DSA-nya.

Kl kt DSA-nya sih gak sadar itu dah termasuk kejang & jangan sampai terulang lagi.. Krn hal spt itu msh mungkin tjd sampe anak usia 5 tahun, begitu ktnya..

neli said...

iya Tri, emang disaat gimanapun yang berkaitan dengan anak kita harus stay cool, tapi bukan berarti gak sigap. Pemikiran sepersekian detik bener2 dibutuhkan.
Sepupu Ais, Daffa pernah juga seperti Azka. Persis sama, kata DSA nya anak laki emang cenderung mudah kejang. Gw jg belom tau pasti bener pa engga..

Bunda Key said...

Alhamdulillah ya azka udah sembuh :)

Sehat terus ya nak' :)

Tety said...

Memang kalo menghadapi anak sakit, kita sebaiknya jgn kebawa panik, supaya kita tau apa yg hrs dilakukan, tapi tidak bisa dipungkiri ya kalo anak sakit otomatis jadi cemas, wajar kok.

Benar apa yg dikau bilang, bahwa dg kejadian ini dapat lebih medekatkan diri kepada Allah SWT.

indahjuli said...

sekarang pasti udah bikin gemes lagi yah.
Buat kantong mahasiswa emang mahal yah biaya rumkit segitu :D

Keira Adzra Athayya said...

wuahhh sama klo kei pas di crb demam:(
dah sehat kan skrng azka? dah bikin bunda cria lagi...

farrel's mom said...

bun aku baca postinganmu jd ikut sedih n ngebayangin klo aku jadi dirimu.. sediiih banged d. sabar ya bun smuanya pasti ada hikmahnya. Alhamdulillah Azka dah sehat lg n makin pinterrrr. obatnya gampang aja koq bun export ut akungnya Azka ajah..hehe

Dhona said...

Aduh kebayang deh gimana panik. Alhamdulillah sekarang Azka udah sembuh. Intinya sih emang kita nggak boleh panik, tapi gimana nggak panik kalo ngeliat anak sakit kayak gitu. Semoga Azka nggak sakit kayak gitu lagi deh.

Mutia&Rayga said...

ALHAMDULILLAH skra dah sembuh,sorry niy baru bisa komen skr dari kmaren error mulu makanya aku komen disana sini pake anonymus aja.Aku kebayang deh paniknya dikau abis azka sampe blank gitu.Alhamdulillah keluarga pada dateng juga.Azka sehat terus yah sayang:)

Anisa said...

Alhamdulillah, Azka dah kembali sehat, kembali bermain dah makin pinter.

duh, mahalnya biaya kesehatan di Singapur.
Kalau di sini sih, alhamdulillah lebih mudah. Mau opname gak perlu mikir duit, mau keluar belum bayarpun bisa, bahkan bayarnya bisa dicicil. Untuk anak2 usia dibawah 3 tahun (kebetulan kami ikut asuransi) walaupun opname seminggu habisnya cuma 500 Yen (sekitar 40 ribu) doang. Itupun fasilitas kamar sendiri lengkap dengan toilet yang bagus pula.

lin said...

性愛自拍,美女寫真,亂倫,戀愛ING,免費視訊聊天,視訊聊天,成人短片,美女交友,美女遊戲,18禁,三級片,自拍,後宮電影院,85cc,免費影片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,美女,成人圖片區,avdvd,色情遊戲,情色貼圖,女優,偷拍,情色視訊,愛情小說,85cc成人片,成人貼圖站,成人論壇,080聊天室,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女,視訊做愛,免費視訊,伊莉討論區,sogo論壇,台灣論壇,plus論壇,維克斯論壇,情色論壇,性感影片,走光,色遊戲,情色自拍,kk俱樂部,好玩遊戲,免費遊戲,貼圖區,好玩遊戲區,中部人聊天室,情色視訊聊天室,聊天室ut,成人遊戲,免費成人影片,成人光碟,ut聊天室