20 bulan azka


DI usia azka yang 20 bulan ini,azka sng banget bereksplorasi dan kepengen tahu apaaa aja yang terjadi di sekitarnya. Azka skrg udah tumbuh jadi anak yang aktif banget. azka seakan ga ada capeknya, lari sana, jalan sini, manjat,ngedorong strolernya, naek mobil2annya yang dikayuh dgn mnggunakan kedua kakinya, dan lainnya.

Udah gitu, bunda juga skrg dah mule diberondong azka dgn pertanyaan "adiz...?(what's this?)", "apa tuh?"untuk setiap benda yang baru azka liat. Sekarang, azka udah tampak menikmati bermain bersama teman seumurannya bahkan yg lebih tua dari dia.HObinya yaa ngikutin apa yang sdg dilakukan teman2nya.

MUlei dari naik turun tangga, manjat2, lari2an, maen prosotan, maen ayunan, ampe
naek maenan yang manjat2 yang ada di plegron yang buat anak 3 thn keatas*n azka can do it perfectly, yay!!*. Awalnya bunda sempet deg2an ngeliat jagoan bunda beraksi manjat maenan di plegron dgn keras kepalanya menolak dipegangin ama bunda*ngerasa udah big boy..* tapi bunda juga bangga juga ngeliat azka bisa ngelakuinnya*waah anakku udah bs manjat sendiri.........*.

BUnda baca, di usia se azka ini, yang terpenting adalah ngasi lingkungan yang aman bt anak supaya bisa bereksplorasi tanpa kekhawatiran ortu. Dan juga, anak kudu dikasi kesempatan, dorongan, serta pujian atas setiap upaya anak utk belajar mandiri.

Nah ini rangkuman perkembangan azka mule dari motorik, bahasa, kognitif, sosial serta kemandiriannya *mumpung bunda lagi mood nulis nihh....*:

Perkembangan motorik kasar azka di usia 20 bulan:

  • dah bisa nendang bola kenceng saat disuruh.
  • dah bisa naek turun tangga sendiri, sukanya megangin pinggirannya.
  • dah lari2an di tempat yang luas.
  • dah bisa disuruh lompat.
  • dah naik dan turun dari kursi sendiri.
  • dah bisa naek ke tempat tidur dan turun sendiri*pdhl tinggi lho tempat tidurnya*.
  • dah bisa manjat* waks, kudu lebih hati2 nih jaganya*.
  • dah bisa disuruh ngelempar*lumayan jauh jaraknya...maklum kebiasaan ngelemparin makanan ikan:)*.
  • dah bisa ngayuh mobil2annya dgn kedua kakinya.
Perkembangan motorik halus azka di usia 20 bulan:
  • dah pinter balikin halaman buku, lembar per lembar sendiri.
  • dah bisa numpukin balok ampe 4 balok.
  • minum dengan satu tangan *tapi seringnya disuruh 2 tgn ama bunda megangnya*.
  • makan sendiri dan pegang sendoknya dah bener*mana sukanya sendok yang gede lagii...*.
  • dah bisa buka tutup botol minuman.
  • dah bisa nuang dari gelas ke gelas yang lain, dari ember ke gayung.
  • suka banget ngisi air dari pancuran, ditampung pake gayung sambil ngomong, "kakak pil.....(fill the water)*".
  • suka banget kalo disuruh buangin sampah ke tempat sampah, sbg rewardnya, kita pasti muji azka dan sambil tepuk tangan,kalo dah gitu, azka pasti senyum bangga dan ikut tepuk tangan juga.
Perkembangan bahasa azka di usia 20 bulan:

Nah ini nih yang paling seru bagi bunda dan abi, terlebih bunda, yang setiap detik bareng ama azka, menyaksikan azka
bisa ngomong macem2, dah bisa ngungkapin keinginannya, dah bisa diajakin komunikasi, dan yang pasti bunda paham maksudnya*kalo orang lain kadang kudu nanya ke bunda dulu maksud omongannya azka:)*. Sekarang ini azka udah mampu:
  • nyebut namanya sendiri tiap kali ditanya "what's ur name?" yang dijawab dgn azka "kakak...".Awal mulanya bunda suka manggil azka dgn ulangan nama belakangnya "kaka" biar mudah gitu lho.Tapi kesininya jadi "kakak" deh:)! *biar cepet punya adek* hehehe.
  • nyebut dirinya dengan "kakak" tiap kali berbicara.
  • dah bisa bercerita dgn cepat hal2 yang baru saja dialaminya, misalnya "kakak mamam....", "kakak andi..bath..(mandi)","kakak drink...", "kakak pipis..","kakak ee'..", "kakak ebok...(cebok)", "bus aming"...(mo bilang kalo bus is coming...tiap kali bus nya dateng dan kita mo naek bus),"fish mamam..", "kakak mau bobo..", dan lumayan banyak lagi yang azka omongin..
  • dah bisa bikin kalimat perintah, "nda, take car...", "nda, nenen"....kadang sambil tereak ngomongnya, kalo dah gitu pasti ama bunda langsung dibilangin gini, "azka, ngomongnya yang baek gimana?" dijawab azka, "ndaaaa, nenen please...." dengan suara yang lembut dan baik *alhamdulillah*.
  • Kalo ditanya,"azka, abinya namanya sapa?" dijawab azka, "abi api"...(hanafi kok jadi api sih nak..) hehehe.
  • "kalo bunda azka siapa namanya? jawab azka" ndaa atii.".(maksudnya astri), wakakak.
  • "kalo eyang sapa?" "akus."..(gitu kalo azka manggil eyangkusnya..)
  • "kalo mbah azka sapa?" "mbah amiim".....(nah lo, kok jadi mbah amim sih nak, dulu dah bisa bilang mbah amien.
  • "kalo azka cucunya sapa?" "utiakunggg ...", jawab azka lantang.
  • "trus om nya azka sapa?" "Om haqi", "sapa lagi?" tanya bunda"om taz", trus sapa lagi, "om aji..", trus? "om gaga" panggilan untuk om rangga.
  • "kalo auntienya azka sapa?" "anti nyum (hanum)" trus? "jasmim"...(blm bisa bilang jasmine).
  • "kalo pakdenya azka? " , jawab azka"Ade agung...." (pakde agung..).
Yak..biasanya selesailah pertanyaan beruntun bunda yang ditujukan ke azka..bener2 nanyanya dengan cepat lo, ga berenti2 dan alhamdulillah juga dijawab ama azka kek diluar kepala:).
Ampe2 azka masih suka "ngabsen" orang2 yag pernah ditemuinya selama mudik 2 bulan kemaren...hihiii.

Perkembangan sosial azka di usia 20 bulan:
  • dah bisa bilang "its mine.." utk barang miliknya sambil ngomong gitu, sambil ngekepin di kelek tuh barang:).
  • paling suka ngaca di cermin tiap kali dipakein sesuatu yang baru, kyk topi, kacamata, celana ato baju baru...sambil bilang, "yeeeee.....kakak baju...", "kakak agis...(glasses maksudnya!! jauh yak?)"Kakak hat..opi..(topi)".
  • paling suka nyapa orang yang lewat dihadapannya...(seperti postingan sebelumnya yg bunda ceritain), sampe2 tiap turun dari bus umum, pasti ngomong gini nih azka, "bye akel..(uncle), siyu egem..(c u again...)!! gubrakzzz...anakku..anakku...ramah sekali dikau..*good boy*.
  • Dah ngerti kalo ada bayi, pasti disayang ama azka.
  • Tiap mo pergi, azka pasti yang bantuin bunda utk matiin tipi yang kadang suka bunda biarin nyala.
  • JUga suka nutupin pintu lemari yang bunda males banget nutupnya...hehehehe..
  • Suka banget niru hal yg terlihat oleh matanya. Liat bunda nyapu pengen nyapu juga, liat bunda motongin sayur, pgn ikutan.
  • Merasa bahagia tiap kali bertemu teman, walopun maen sendiri2.
  • Sukanya ngasihin atawa minjemin maenannya ke teman yg lain...
  • Kadang suka rebutan mainan ama yg lain, tapi kalo ga dapet yaa ngalah azkanya:).
  • Dah bisa nolak dgn bilang,"No..".
  • Suka minta perhatian bunda ato abi ato org gede lainnya, tiap kali melakukan suatu hal yg baginya istimewa.
Perkembangan kemandirian azka di usia 20 bulan:
  • dah bisa sikat gigi sendiri*sambil ngasi pasta giginya ke sikat giginya* walopun yg ada acara ngemut pasta gigi hehehe.
  • paling seneng disuruh makan dan nyuapin sendiri* wah porsinya bs lebih byk ketimbang disuapin!!*, walopun bundanya siap2 deh ngepel lantai yg berceceran tumpahan makanannya.
  • pegang sendoknya dah bener, masukin ke mulut juga dah ga salah masuk.
  • dah paham bedanya kalo mo ee' ama mo pipis, jadi bilangnya kalo mo pipis, "nda...pipis..." kalo ee',"nda...eek".
  • dah jarang banget ngompol saat tidur malam jika dibangunin utk pipis*ditatur*.
  • dah ga pake diapers seharian, tapi kalo pergi masih dipakein*daripada kena denda krn pipis sembarangan, hehehe...
ALHAMDULILLAH, kelar juga bunda nulis perkembangan azka sampai sekarang ini... CUma ada rasa syukur tak henti2nya terucap kepada Allah SWT atas segala rahmat dan berkah yang bundazka terima atas karunia berupa keluarga ini...

Smg bundazka sll dianugrahkan kesabaran dan kekuatan, serta ketelatenan dalam mendidik dan membimbing azka, menjadikannya anak yg sholeh pengikut Nabi MUhammad SAW, yg dapat mengucapkan La illa Ha ilallah hanya kepadaMU, RAb..amien..

30 comments:

Nia said...

Alhamdulillah,semakin besar Azka semakin pinter dan mandiri ya. Samaan dgn Rayna suka manggil diri sendiri dgn sebutan 'kakak' :)

farrel's mom said...

Kakak pinter dey bisa hafal nama om n tantenya, bisa makan sendiri etc. Makin besar makin mandiri ya sayang. Bener say klo anak habis melakukan sesuatu kudu dikasi reward..tepok tangan aja dah bikin dia hepi. Sama keik Alel hobinya manjet2 n gk mo dipegangin =)

widie said...

Asyik....Azka udah gede ya..udah mulai bisa nglakuin semuanya sendiri ya...(bunda mulai kipas2 dong hehe....)

Baca2 perkembangan Azka termasuk cepet juga..antara lain ngga ngompol lagi, trus mau makan sendiri mau gosok gigi sendiri....
udah bisa tuh masuk sekolah kl udah pinter gt ya...

ayie said...

Azka, pinter banget siy ... (bunda nyaut, " anak siapa dong", hehe). Seru yah Bun, kalo diitung-itung Azka masih belum dua tahun, tapi udah banyak banget perkembangannya. Seru euy ...

Gege said...

Alhamdulillah..Azka makin pinter ya, duh eyangnya klepek2 ini kalo tau :D

Tri, nyambung banget keinginan lo sama Azka.. Pan azka dah pengen dibilang kakak tuh? Jadi kapan niy gongnya?:D

Bunda Aurell said...

pa kabar azka.... wuih, makin pinter n ganteng aja sih. Aku cubit ya...gemez sih ! *ngaciiirrr....*

Ryu`s Mom said...

Iya donk..makin besar harus makin pintar..maunya dipanggil kakak ya?

Naga-naganya klo gini sih sebentar lagi dedeknya bakal nongol nih....bener gag kakak Azka?

nila_aura said...

Subhanallah...Azka perkembangannya cepet semua ya bun, dah ga sabar pengen ketemu Azka...tp kapan ya...? Abis Azka ga pulang cih lebaran...

mama arya said...

Waduw komplit..plit..banget Tri, Azka makin gede makin pinter dong *harus*


Wah di panggil kakak ya, pengen punya adek tuh, nyook kpn Tri...?

Anisa said...

Azka dah makin pinter ya..iya donk kan dah makin besar. Keluarga besar Jogja pasti seneng ngikutin ceritanya Azka.Azka panggil dirinya sendiri dengan kakak.
Kalau Safa panggil dirinya sendiri dengan"Safa kakak Onechan"(Safa kakak perempuan)hehehe...panjang banget ya...

Dhona said...

Alhamdulillah Azka makin besar makin pintar. Udah pintar ngabsen seluruh anggota keluarga lagi. Pinternya. Semoga jadi anak sholeh ya sesuai harapan abi dan bundanya.

Sun Flower Arco said...

asyik azka sudah besar,bener yah mba seusia azka sudah mulai suka meniru org sekelilingnya...jd kudu ekstra hati2 memantaunya nih...Semoga azka jadi anak yg sholeh yah

Salam sayang,

nengindah said...

waah..azka pinter banget ya!!!good boy azka:)

salma said...

Azka emang pinter, anak ciapaaa ciihh...
Oiya semalem baru liat Azka di Youtube.. suka banget ya manggil Kaka... lucuuu.
Kakak, adeknya mana?, ayo biar komplit ada Kakak ada Dedek :)

Bunda Zua said...

alhamdulillah..

Wah, mas Azka pinter ya, moga-moga besok Zua juga bisa cepet begitu ya perkembangannya, sayangnya sekarang Zua lagi flu..disini musim flu mbak astri, apa mas Azka sehat aja?

Keira Adzra Athayya said...

azka dah pinter yah...yaiyalahhh anaknya sapa dulu dunk ah...

jd azka tinggal nunggu dibikinin dede ama bunda yah;))

evoexplorer said...

alhamdulillah, semoga semuanya berada di dalam keadaan sehat sejahtera

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

Azka pinterrrrrrr...

*halah dikau rajin banget ya...semua tercatat*

Mama Rafi said...

Alhamdulillah kk azka dah 20 bln dah makin pinter jg. Mg sehat2 trus n tambah pinter lg ya kak.. dah pas tuh dikasih hadiah dedek bunda :)
**Maaf br bisa mampir kmrn ga bisa net lg diklat, thanks dah maen ke rmh rafi lam kenal buat azka & bunda mmuahh..

Luky Ekowati said...

Wih anak bunda ud tambah pinter en ganteng ya....

Sama kayak de Azka, si Alya dulu jg lebih suka dipanggil kakak - jauh hari sebelum daku hamil, jadinya pada nanya - eh emang alya udah punya adek???

Wati said...

Alhamdulillah azka makin tambah pinter aja.. smoga sehat terus ya nak ya.. & cepet punya adik juga.amiiin

mama valisha said...

Azka makin pinter ya... ganteng lagi...
bundanya rajin nih catet segala kebisaannya azka

Dr Vina Revi said...

tapi naik turun tangganya tetep sambil diawasin, kan? hehe. Azka emang keren, euy!

Tety said...

Astri U're a wonderful mom, makanya Azka jadi makin pinter.....postingan ini jadi kenangn jika azka dah gede nanti

najwa said...

Azka dah tambah pinter yah....Bunda TOP deh dah urus sendiri semua sampe sempetnya nyatet semua all about azka ;)

Azka mau adek gak? biar bunda cepet ngasih dedek...biar sering2 dipanggil kakak he..he..

Calysta Dhinda Oktarasya said...

Kakak Azka tambah gede tambah pinter aja niy..Bunda juga rajin dwehh updet perkembangan Azka...

Ayo Bun...kapan kasih adik bwat Azka..Azka dah mau dipanggil Kakak tuh..

Sekarani said...

alhamdulillah ya bun azka tambah pinter aja...makin menggemaskan

Ina said...

main gede makin banyak kepinteran yang bikin kitaseneg banget ya Tri..!

Kiss buat Azka ya

Anonymous said...

emma (mamaben)

halo azka...waduh makin pinter aja ya...bener2 deh azka cepet banget belajar dan cepet banyak tau nya....

udah kangen nih tante emma ngliat azka...muah muah muah

iya tri kali minta nambah dedek hihi
biar beneran azka dapet panggilan kakak hehehe...

sun buat azka ganteng

Anonymous said...

There is not going to links of london uk happen such a difficulty that you can't find cheap links of london bracelet an identical topaz jewelry according to your costume. cheap links of london charms It is monitored that besides the reality that it's a links of london watch uk great present to gift, it's also preferred by many people just for the links of london ring uk sake of an inclusion to their own jewelry collection. However, links of london necklaces uk if you'd really like to satisfy your partner and guarantee that she adores your present on this special date.