adi dan ada

Apaan sih adi dan ada? Itu adalah panggilan azka buat abi dan bunda. Alhamdulillah di usia azka yang 15 bulan jalan ini, semakin bertambah terus kosakatanya tiap hari...

Azka dah bisa manggil abi dengan sebutan "adiii" dah cukup lama, jauh sebelum akhirnya azka manggil "adaa..." tiap manggil bunda. Awalnya sempet ngiri ama abi, lah kok perasaan lamaan juga ama bunda azka bergaulnya, tapi kok nama abinya dulu yang dipanggil. Pokoknya, sehari ada kali 30 kali azka manggilin nama abinya.

Liat bajunya abi yang kegantung di cantelan sambil nunjuk sambil bilang "adiii...", liat bukunya abi tereak "adiiiii....", yang terbaru ini azka dah bisa ngomong dua suku kata, contohnya kalo nunjuk ke tasnya abi, azka ngomong gini" adi deg...", maksudnya abi's beg.

Ga tau kenapa, semua yang pake "b" diganti jadi "d" ama azka. Kayak bilang "abi "keukeuh azka bilangnya "adi", "beg" jadi "deg", "baby" pasti bilangnya "dedii..."!.

Tapi bukan berarti azka ga bisa ngomong "b", terbukti kalo ngomong" bus" bisa "ba....", ngomong "ball" bisa "bo....", ga tau deh napa.

Yang bikin bunda bahagia, sejak azka bisa manggil bunda dengan sebutan "ada..." kadang juga "ndaaa....", wiih rasanya selangit deh..mana azka kalo manggil tuh yang mesra gitu deh..

"adaa....ndaaaa.....adaaaaaa....", panggil azka sambil celingak-uk cari bunda.
Wah kalo dah dipanggil gini ama azka, langsung deh bunda yang buruan ngebales dengan suara yang ga kalah merdunya " iya sayang.....bunda disini....", ciieeee! cicit cuwit...

Terbaru,azka dah bisa ngomong "teptop" untuk laptop. Yang ngajarin azka bisa ngomong teptop itu abiazka. Sekarang, kalo di tanya "what is this,azka? *sambil nunjuk kearah laptop*" pasti langsung di jawab ama azka "teptop....", dengan akhiran "p" yang mantep banget!. Kebayang kan espresi bibir mungilnya pas ngomong "teptop", sampe pake acara dikatupin tuh bibir atas dan bawahnya...gemes deh!.

Kalo dah gitu, seringnya abi dan bunda kerjain lagi tuh azkanya..
"what is this?*lagi-lagi nunjuk ke arah laptop*
"teptop"
"what's this?
"teptop"

Langsung deh abi dan bunda tepuk tangan dan kasi azka pujian. Nyadar kalo dia berhasil melakukan sesuatu yg bikin dia dipuji, azka pun ikutan ketawa bangga *pake acara nengadahin kepalanya ke atas segala lo* sambil keplak-ok...Azka..azka....!

Alhamdulillah,bunda bener2 menikmati fase ini..saat azka sudah bisa mengikuti apa yang kita omongkan. Bisa mengikuti dengan mudah walo kadang cuma bunyi hurup belakangnya ajah, kayak kalo mo ngomong "open" ato "close" yang ada sama ajah dua-duanya azka nyebutnya jadi "akuesss..."!.

So, kalo minta dibukain kulkas, pasti ngomongnya "akuess....".
Kalo bunda lagi nutup pintu,dia juga nyeletuknya "akuess.....".

Paling demen kalo dah minta es batu buat di emutin*ini azka hobi bgt!*, pasti sambil mantep banget ngomongnya bilang ke bunda,
"andaaaaa.....aiiisss....!" hurup "s" nya tuh yang bener2 jelas di kuping sambil bibirnya manyun-manyun gitu.

Oyaa..azka dah bisa ngitung! Kalo nda bilang "wannnn...."*sambil diperagain pake jari* pasti azka langsung nyambung " chuuuuuuu..." , terus nda terusin lagi "triii..., fourrr, faivvv......" "Hi 5!", langsung deh tangannya azka nge-toss bunda..hihiihii...lucu yaaa!.

Liat telur juga bisa bilang "eggg......".
Kalo pas menu makannya ikan bawal, pas ngeliat ikannya azka pasti langsung tereak "isssssssssh........".

Pas dipakein baju, sambil nunjuk ke baju azka bilang,"ajukkk...".
Mo mandi, bilangnya "adiiii...*mpir sama kalo nyebut abi, beda espresi dan penekanan doang!*".
Ngomong handuk, "aduukk...".
Liat bunda ato abi solat, ato ga denger suara azan dari laptop pasti langsung bilang "abar...",sambil tangannya kayak orang sedakep mo sholat.
Setiap bunda dan abi selesai sholat, pasti langsung bisa diajakin salim / cium tangan abi dan bunda.

Alhamdulillah Ya Rabb...., ga henti2nya nda ucapkan rasa syukur ini. Bisa melihat azka yang terus berkembang tiap harinya, bahagiaaaaa banget deh rasanya.

Semoga bunda bisa menjadi ibu yang sholeha yaa nak!

21 comments:

Tante Ayie said...

BundAzka, seru ya ceritanya si Azka ... Senengnya baca blognya BundAzka ini, benar-benar obat stres deh ... baca kosa kata Azka yang sudah banyak ... Azkanya juga murah senyum gitu ...pokoknya gemes gemes euy ... tulis lagi Bun ...

Ryu`s Mom said...

Lucunya Azka buah hati abi & bunda...Semoga jadi anak yang pinter ya.. yang bisa membawa berkah untuk orang banyak..amin..

nila_aura said...

Abi jangan sampe geer ya...Ntar maksud Azka mau mandi eh malah yg nongol si Abi....hihiihi....
Wuih...Azka tambah pinter aja nih...belajar bareng kak Aura yuk...

Yosie said...

wah azka tambah pinter ya.. bun, tar klo azka dah tambah ointer ngomong bakal kewalahan loh ngeladeninnya hehe..

neli said...

aduh.. Ais jd ga enak badan nih disebut2 hihihi... jd inget waktu kasih nama panggilan buat Ais adalah karena aku suka banget ama es batu.. huehehehe...
Azka dah pinter deh, ceriwisssss...

Anisa said...

Alhamdulillah, Azka dah mulai pinter dan banyak kosakata nya nih, lumayan ada yang diajak ngobrol bunda saat abi gak ada, jadi bunad gak kesepian...hehehhe..emang selama ini kesepian ya ....
Anak kecil kayaknya emang demen banget sama yang namanya es batu ya bun, Safa dulu dan sampe sekarang suka banget "ngemutin" tak peduli itu disini pas musim dingin.

mama arya said...

Astri kok fotonya kepalanya nekuk2 semua sih say keik ngintip hiks...sun buat Azka

Tantri Nugraha said...

Astri,.....kalo Azka aka ntertawa dengan keberhasilannya (sementara ortunya bangga), lain kalo anak udah agak gede,.....akan bilang "siapa dulu......." dan akan tos tuk keberhasilannya, seneng nya.....alahmdulillah

Keira Adzra Athayya said...

ya allah... pinter bener azka niy... dah banyak kosakatanya ya...

itu bunda makin cakep aza euy... ga mo kalah ma azka yg tambah ganteng:)

Nita Fernando said...

Fyto malah ampe sekarang fasih benerrrr manggil Awah (baca : Ayah) pokoknya selalu Awah ... sehari bisa berpuluh puluh kali nyebut Awah ... :(

Giliran diajarin Bunda, malah nyebut nya Mamah ... yowis gpp :D tp frekuensi manggil Awah ma Mamah tetep ajah 100 : 25 hiks ... hiks

Azka, lg nenen ya? boleh minta dikit gag? hueheuheuheue

yanti said...

wah udah banyak jg kosakatanya :). sebentar lagi minta mainan teptop loh :D

Nia said...

Alhamdulillah, Azka dah makin pinter. Wah, samaan dgn Rayna penggemar es batu :)

Tety said...

Ikut ngaminin doa ADA, duh senangnya ya melihat kemajuan perkembangan sang buah hati,

mei che said...

Seru banget ceritanya. Azka lutju banget deh :)

ema said...

bagus bun,azka makin pinter ngomongnya!alhamdullillah..azka cerdas. oh ya..kalo bisa ajarin ngomongnya jgn pake dicadel2in ya?biar makin jelas bahasanya.

Rahmi Sukma said...

Waaah lama nih gag ngunjungin Azka. Makin banyak aza nih aksinya....
Ganti cat rumah rupanya. JAdi betah nih di rumah Azka.... *disuguhi minum apa yak? he...he...* Kalo buka blog Azka pake template yg lama susah banged.

Sofia AdiRa said...

halo nda dan azka (manggil bunda niru azka nih). weh kangen juga lama ga nengok, ternyata dah ketinggalan banyak cerita.
ih asyik banget tuh jjs ke pulau sentosa-nya, kapan ya kita diajak kesono (*hehehe berharap banget).

cika said...

wah azka tambah pinter...hebatttt *tepok tangan*
ayo bunda, kapan nih kita bisa ketemuan? ngga sabar pengen cubit2 azka...hihihihi...

have a great weekend yaaa

Ina said...

ngaminin do'a bundanya ya...
biar Azka tambah pinter dan jadi ana sholah...

jadi keinget waktu anak-anakku baru bisa ngomong juga nih...!

Bunda Key said...

Mas azka pinter nya ...udah bisa berinteraksi sama abi dan mama, klo dade yg sering disebut kata Mam ! Mam ! maksud nya ayooo bun, suapin lagi :) maklum cah doyan makan :) sekarang dade genduttt banget :)

Anonymous said...

There is not going to links of london uk happen such a difficulty that you can't find cheap links of london bracelet an identical topaz jewelry according to your costume. cheap links of london charms It is monitored that besides the reality that it's a links of london watch uk great present to gift, it's also preferred by many people just for the links of london ring uk sake of an inclusion to their own jewelry collection. However, links of london necklaces uk if you'd really like to satisfy your partner and guarantee that she adores your present on this special date.