apa kabar azka sekarang...?


RockYou PhotoFX - Get Your Own

Di usia azka yang udah pake itungan tahun ini, alhamdulillah kemajuan azka smakin bundazka rasakan...mule dari perkembangan motorik kasar-nya azka..
1. azka dah bisa jalan dengan lancar..
azka dulu mule bisa melangkah tanpa dipegangin pertama kali pas usia 11 bulan,mule dari selangkah,dua langkah,jatuh..terus berdiri..jalan lagi..trus tmbh lancar pas pulang ke jogja, myambut hari ultahnya yang setaun,smkn lancar..nah,balik ke singapur,malah udah bisa ngejar si gukguknya orang yang lagi berkeliaran di plegron..:))
2.udah bisa naro barang2 ke keranjang maenannya..
hobi banget masukin n ngeluarin mainannya..tergantung instruksi bundazka..kalo bun suruh ambil mobil2annya..diambil ama azka, suruh ambil telpon2nya..diambilin ama azka..
3.udah bisa naro baju kotornya abis mandi ke bak cucian..
nah ini yg bun bangga banget ama azka,..ga sengaja kan pas bun capek,bun suruh azka.."azka, please put ur clothes into the laundry basket...there..there..*sambil bun nunjukin tempat londry warna kuning..*, eh tiba2,bajunya diambil ama azka terus dia jalan kearah keranjang cuciannya n masukin ke dalamnya.."waaah,good boy!!", kata bunda..
Jadinya tiap kali abis mandi,azka pasti bun suruh masukin baju kotornya ke keranjang cucian... Azka tampak bangga banget loh bisa ngelakuin perintah bunda..hehehe,walo kadang juga suka ada benda nyasar masuk ke bak cucian,kayak maenannya dia..lawong disuruh masukin ke keranjang maenan,malah masuk keranjang cucian..hehe...
4. suka banget ndorongin dan narik maenan yang gede2 ato ga barang2 lain kayak troli belanjaannya bunda..
5. udah bisa nendang bola..
tiap kali bun bilang,"azka,kick...","kick the ball..." sambil nyontohin jga bundanya..eh azka juga ikutan deh nendang si bola..*wadoww atit...kata si bola...*.
6.suka naek turun tangga..
awalnya nemu tangga tuh di rumah utiakungnya azka pas mudik..dari situlah tiap kali liat tangga, bawaannya pgn naek mulu,yg ada gempor deh si boyok kalo nurutin kemauan azka naek ampe tingkat tangga yang paling atas..mending cuma sekali naek,ini mah bisa ampe 3kali bulak-balik..*toweng..toweng..* tapi alhamdulillah,hasilnya sekarang,azka dah bisa naek sendiri 3 anak tangga*tapi sambil crawling*yang ada di plegron..

Itulah sbagian dari perkembangan motorik kasar azka..klo perkembangan motorik halus-nya lmyn juga niih..
1.udah bisa buat coret2an walo ga ada bentuknya..
Wah azka kalo dah liat 1 kotak krayonnya,pasti langsung disodorin ke bunda minta tolong dibukain..kalo bunda udah bukain niih,pasti reaksinya lgsg ngibas2in tangannya ke depan*kayak org kegirangan gitu* langsung deh,bun kasi kertas kosong,mule deh azkanya bikin2 coret2an..kalo dah gitu,semua blepotan,si krayon bisa mampir ke bajunya, ke celananya, nyrempet dikit ke lantai, ato kalo bunda meleng malah parkir bentar di mulut azka..patah dehh si krayon...ama mulut azka jadi bergincu gitu kena krayon merah:))

2.genggaman tangan azka lumayan kuat..
udah jago banget minum pake cangkir sendiri..*soal tumpah..hmm,jgn salah,bundazka mknya sll
siap sedia lap ditangan buat langsung ngelap tumpahan air minumnya azka..soalnya telat dikit,
bisa kepleset deh si abang..*
3.suka banget megang sendok n udah bisa makan sendiri..
malah sekarang maunya sendok yg gede*kayak yang dipake abi dan bunda*,hehe,walhasil makanannya bukan masuk mulut malah meluncur ke lantai..
4. udah bisa buka tutup buku..
tiap kali bunda kasi intruksi"azka, open the book....!",langsung dia buka bukunya.."close the book...",sambil ngomong "cloo...",azka nutup bukunya..diakhiri dgn pujian dari bunda dan senyum bangganya azka..
hmmm,apalagi yaaaaaa.....

Nah kalo soal perkembangan Kognitif nya azka..
1.oyaa,azka udah mulai bisa numpukin kubus diatas kubus yang lain..,juga bisa balikin botol utk numpahin isinya*waah,kalo ini mah hobi..bundanya yang mabok ngepelnya:((*,
2.udah sedikit demi sedikit ngerti bentuk..terutama buletan..
3. udah bs bawa benda dari ruangan lain kalo bunda suruh..misalnya maenannya, ambil baju kotornya..
4.dah bisa nunjukin benda2 yang dia kenal saat bunda sebutin,contohnya.."azka,where is the butterfly?...*trus bun sambil nyanyi fly..fly...the butterfly...*,hmm spontan azka tersenyum sambil matanya nyari gambar si butterfly yg nemplok di kasur bermainnya azka dan langsung nunjukin
dgn telunjuknya..."yes..gud boy...",puji bunda. "the train where..?",tanya bunda sambil membuka kedua tangan bun*ekspresi nanya dimana benda itu* yang langsung dibales dgn reaksi yang sama ama azka sambil clingak-clinguk cari trainnya..dan pas nemuin langsung dgn smgt reformasi nunjuk pake tlunjuknya smbil ngomong" de..de...",maksudnya there!..waah..
alhamdulillah ye ibu-ibu...seneng n bangga bgt yaa bisa ngajarin anak n anaknya paham..cihuyy..ga sia2 jadi stay-at-home-mom...:))
5.oyaaaa,ada satu lagi,yang bundazka sndiri ampe sekarang terharu banget..jadi,tiap kali kita*abi,bunda* bilang "azka,allahuakbar...",nah azka pasti langsung nyedakepin kedua tangannya ke dadanya dgn cepat..ampe bunyi "makplek"gitu loh..tanda kalo dia sdg meragain posisi kalo lagi sholat...subhanallah yaa...
jadinya,skrg kalo bun mo sholat,bun bilangnya"azka,bun mo allahuakbar dulu yaa..".
6.yang terbaru,azka dah bisa nunjukin ke dadanya sendiri tiap kali bunda bilang"my name is azka..kaka..".

hihii...ga da abis2nya deh kalo ngomongin anak ye ibu2....ampe mulut berbuih2 juga eh salah kalo ini mah ampe jari2 tangan bun gempor ngetikin ini mah jg ga kerasa capeknya:)), yg ada baru besok pagi bgn2 kaku2 semua jari2 tangannya:((..

waaaakss....blm lagi kemampuan bahasa azka....hihii,jgn bosen ye tante2 cantik...soalnya nih mumpung bundazka lagi ga hilang ingatan*hiperbola*,soalnya biasanya bundazka tuh yg pelupa bgt orangnya..apa2 ga inget,baru kejadian aja suka lupa...nah ini ceritanya lg dapet wangsit berupa daya inget..hiiihii..
kembali ke kemampuan bahasa azka,sampe detik ini,azka udah lumayan vocabnya loo tante2 cantik..
contohnya niih..ngomong:
1."nana..",kalo nunjuk banana.
2."cloo...",kalo bilang close.
3."nen..nen..",tiap kali minta nenen bunda.
4."nen..nek..",kadang pas manggil utiazka,tp kadang juga suka ketuker ama nenen..:))
5."guk..guk..",kalo liat anjing.
6.""dada.."
7."mam..mam..",kalo mo minta makan.
8."mama..",kadang kalo bilang bunda..pasti langsung bunda bales.."bunnnn..ndaaaaaaaa...".
9."ka..kuung..",tiap dgr bun bilang akung*masudnya akungazka*
10."emmm..bahh..",tiap dgr bun sebut embah amien...
11."kaka..",nah yang ini faseh bgt..soalnya dia nyebut namanya dengan ka..kaa..
12."ka..ki.."
13."ka..ku.."
14."de..de..",tiap kali nunjukin benda yang bunda tanyain.
15."dii..',yang ini ga tau knp,tiap kali mencet tombol lift pasti ngomong gini..pdhl bun bilangnya"press..".
16.”eek..”,kalo mo bilang dia pengen eek ato ga malah udah kecolongan eek duluan
17.”eng..gak..”,kalo azka ga mau,ato ga suka,ato kadang bilang gitu pas dia ga suka bundanya malah sibuk sendiri ngerjain yang lainnya…
18.” Buuuu…k..”,kalo nunjuk buku..

19."wawah..", nah ini sebenarnya ajaran yang salah,tapi karena dah terlanjur,ya wislah..jadi gini,tiap kali ada benda jatuh,ato ga azkanya yang jatuh,bunda tuh sukanya ngomong"wawah...",yang diambil dari bhs jawa "dawah" yg artinya jatuh..nah,si azka nihh malah bisa ngikutin ngomong wawah terus..jadi kalo dianya jatoh ato benda lain jatoh dia lgsg bilang.."wawahh..." dgn ekpresi lucunya.
19. hmm..apaan lagi yaaa…penyakit lupa bun kambuh

ya sudahlah ibu2 sekalian..segini dulu aja apdetan perkembangan anak bunda sayang, AZKA,besok2 diterusin lagi kalo bundazka dah dapet wangsit lagii..hehehe..
bundazka ngucapin makasih sbesar2nya buat tante2 cantik yang dgn sabar ngebaca
tulisan bunda satu persatu,runut, ga ada yg keliwatan, ..hmm..salut iihhh..
tp bun makasih juga buat tante2 cantik yg ngebacanya sambil diloncat2in,hihii,bukan
karena bosen bacanya yaa tante..tapi karena dikejar deadline kudu ngumpulin laporan ke bos..*ayo ketauan yang pada sok serius mantengin kompie padahal laig ngeblog,hihihii..*,n terakhir bundazka jg makasih buat tante2 cantik yang cuma baca nglirik bentar ke postingan bundazka n langsung nulis di shoutbox aja tanda dah mampir...hahahhaaa.......bebas2 aja lagi yaaa......:))
oke dee..piyu padi….siyuuuuuuu lagiiiiiii.............

13 comments:

Calysta Dhinda Oktarasya said...

Azka dah pinter ya..... Mengikuti perkembangan anak menyenangkang ya bun, apalagi kl dah bisa berceloteh, lucuuuuuuu........

Nia said...

Aih, si Azka... Kasian kan klo Utiazka dipanggil nen..nen.. =)

ameyasa said...

Pesan aku ada 3 bunda azka:
1.Khusus buat azka ya nak...aduh pesat amat perkembangannya azka sayang...ntar jadi kayak mbah ya, bahkan lebih lagi,amin...And jgn lupa ama tante ema udh pernah kasih komen disini...wakaka ngga bisa KKN tante jaman aza nanti, kata azka...hihihi...
2. Buat bundanya: emang ngga diragukan ibu2 dan tante memang cantik semua koq tri...sure...
3.Pesan nasi uduk 3 bungkus...

bundazka said...

calys-mom said:
Azka dah pinter ya..... Mengikuti perkembangan anak menyenangkang ya bun, apalagi kl dah bisa berceloteh, lucuuuuuuu........

bundazka replied:
alhamdullilah mommy calys...iya,sneng bgt bisa tau kemajuan detik perdetik bahkan..bangga!

bundazka said...

nia said:
Aih, si Azka... Kasian kan klo Utiazka dipanggil nen..nen.. =)

bundazka replied:
hahahhaa...mommy rayna bisa ajaa..yang ada bundazka malah yang dipanggil "nen nek" ama azka!:((

bundazka said...

buat tante ameyasa:
amien,makasih doanya ya tante......
nasi uduknya belum mateng tante:))

nila_aura said...

Azka pinter ya, bantuin bunda masukin baju kotor ke keranjang...ngurangin kerja bunda deh...hihihi...
Azkaaaaa....nyoret2 bareng kak Aura yuk...

mama arya said...

Hai dede Azka dah tambah pinter nih, yuk main ma mas Arya *bun menantu p'Amin ya*

Anisa said...

Azka makin pinter saja nak kamu.
Iya donk...? bundanya siapa?abinya sapa? terus yang terakhir siapa dulu donk mbahnya? Mudah2an cepat punya adik lagi *hehheheehh apa hubungannya* kan udah makin pinter...iya kan...*amin..amin..amin*.

Sita, Bunda-nya Calya said...

Azka pinterrr....
Lapor bundazka, aku bacanya satu2, runtut lo...engga loncat2, dan engga sekedar numpang lewat. Hadiahnya apa ya...(halah...hehehe)

emaknya iffah said...

azka pinteeeeeeer..

nanti klo azka maen ke rumah tante ellen, printahnya laen lagih : azka,ayo cuci piring..
hehehe
sun sayang ah buat azka

Mamahoney said...

wah Azka hebad euy dah bs bantu bunda beres2 yaa, makasih ucapannya bt Hani dan Ica ya tante :D

neli said...

Azka dah makin pinter deh.. aku juga kadang suka terkejut jut kalo Ais eh Rais..sa ngelakuin sesuatu yg lucu ato ngomong yg aneh..