Akhirnya....azka makan garam..

Akhirnya, setelah ampir 11 bulan Azka makannya tanpa tambahan garam dan gula, mulai 2 hari yang lalu, azka mulai merasakan nikmatnya makan ditambahin garam.. Proyek idealis Bun gagal deh, pengennya kalo Azka udah diatas setaun baru ditambahin garam barang secuil ke makanannya, maklum, ibu baru, textbook banget, namanya juga pengen ngasih yang terbaik buat anak, biar anaknya sehat, biar si garem ga ngerusak ginjalnya..hmm, tapi apa daya, saatnya utk berhadapan dengan realita...

So, buntut dari azka rewel semaleman adalah ternyata azka kelaparan....!!! gara-garanya BUnda perhatiin azka kok belakangan ini makannya jadi ga napsu..hmm, biasanya, ga disuruh "akk" buka mulut aja, Azka nyamperin sendiri tuh piring makanannya..Bun pikir emang ada kan masanya anak tuh lebih pengen maen daripada makan jadi awalnya Bun ga ngeh..hmm, tapi aneh," azkaku ga kayak gitu deh...", pikir Bun lama-lama. Tumben-tumbenan gitu loh ga doyan makan..padahal udah Bun bikinin pasta, bikinin sup ayam, bikinin soto yang notabene kesukaan azka..eh tetep aja makannya lamaaaaaa banget..tiap makan pasti 1 jaman lebih, disambi maen lah,nonton lah, jalan2 ngiterin rumahlah*sambil merangkak*, hehe..tapi ada hikmahnya juga, BUn juga jadi bisa nyambi utak-utik di depan komputer..hehehehe..*ga mo rugi nih BUnda!*

Nah, 2 hari yang lalu, pas bun masak soto ayam, pas bun lagi laper kan bun makan di depan azka, tiba-tiba si krucil datengin Bun, ngelongok-longok apa yang ada dimangkok BUn, sambil encap-encap gitu mulutnya.."napa...? mau..?", tawar Bun ke Azka. Dibales senyuman malu-malu maunya azka. "nih cobain...enak deeh..", sodor Bun ke azka. "ammm...", azka membuka mulutnya lebar-lebar. "enak kan..?", kata Bun. Eh ga nyampe semenit, abis ngunyah makanannya, azka udah nyowel-nyowel sendok Bun lagi.." Napa..? pengen lagii...?", tanya Bun. Langsung deh sambil ngeluarin senyum mautnya azka nyodorin mulutnya lebar2..wiiih dasar, doyan ya nak...?! walhasil, tadinya jatah soto buat bun diabisin ama azka..hmm, ternyata dia doyan, soalnya kan enak gurih, berasa gitu loo..suwer, makannya azka jadi banyak dan cepet, ga lama kayak biasanya..yang mengejutkan, bobo malemnya jadi pules banget, cuma sesekali aja bangun buat mik Bunda..ga ada rewel2 nya blass...!

Setelah ngadu ke utinya azka, kata uti,"ya udahlah BUnda, dikasi dikit lah garem dimakanannya,kasian... dia kan juga pengen enak-enak!", hmm,..ungkapan seorang nenek yg sayang bgt ama cucunya..."tapi ti, ini kan utk kebaikan azka juga...", balas Bun. "ya, secuil aja...kita aja kan kalo makan kurang garam ga enak", gitu kata utinya azka. "Nah, itulah, karena kesalahan orang jaman dulu begitu lahir anaknya udah dikasi garem makanannya", debat Bun ke uti."Jadinya, ada anak yang punya hobi nge-gadoin garem karena saking suka rasa asinnya"...Utinya azka cuma menghela nafas panjang mendengar putrinya yang keras kepala berdebat via telpon." ya udah deh Bunda, terserah Bunda. tapi daripada azka ga mau makan lho...", jawab uti dengan sabar. "hmm, iya juga yaa..ya wislah, niatan kan Bun pengen azka setaun dulu baru dikasi garem makanannya, ya korting sebulan lah..lagian kan juga secuil aja kan yaa..insyAllah ga papa..", ujar Bun."iya bunda...", kata utiazka.

Naahh, jadi deh, mulai 2 hari yang lalu, azka makannya udah ngikutin menu kita...bunda masak rawon, azka juga ikut makan rawon, tapi sengaja bun pisahin yang buat azka less salt, kalo yg buat abi bunda agak berasa gitu loh..wwaah, azka langsung kembali napsu makannya kayak dulu lagi, jadi yg nyuapain seneng, ga perlu lama-lama.hmm, mungkin bun memang ga boleh egois kali yaa, oke memang bagus punya idealisme utk membesarkan anak, tapi kan kita jg harus bersahabat dengan realita yang ada...oke deh azka, Bun juga udh salut kok nak, azka selama ni ga rewel kalo bun kasi makanan yang pure rasa aslinya, kayak kentang, brokoli, wortel, beras merah, ubi, pumpkin, seledri,kaldu ayam,kaldu daging, ikan...*hihi,azka udah mau makan yang ga berasa*, tapi nak,.. besok kalo azka dah gede, azka pasti berterimakasih ama bun utk itu...cieee....:).

Btw, sekarang azka bener2 ga ada pantangan makannya, apapun pengen dicobain ama dia, liat bunda makan buah pir yang langsung digigit, eh azka juga pgn gigit pirnya.ampe-ampe jeruk aja dia ambil sendiri dari kulkas n langsung digigit..*waaks, kan kudu dikupas dulu, sayang....*.hmm..azka..azka..ternyata kau sekarang sudah beranjak besar anakku..

mau dimasakin apa lagi nak sama bunda...?


3 comments:

Nia said...

Oalah, Azka sekarang dah tau makan enak niy.. Maunya yg gurih ya? Mamam yg banyak ya biar sehat en cpt gede :)

mimi mika said...

"waduuuh bunda gimana siy...kan de' azka dah mo makan soto nih.. gak mo lagi makan bubur lagi...." hhhh.. bun, berarti mulai sekarang dah mulai siap2 porsi makan bunda berkurang karna harus berbagi sama de' azka....

Keira Adzra Athayya said...

horeyyy... dah kenal rasa ya... emang enyak yg gurih2 xixixi...