[Dibalik] kehamilan Adeazka....

Awal Ramadhan kemaren, benar-benar berkah Allah menghampiri keluarga AbibundAzka.

Gimana engga, baru mau memulai bulan yg suci, ternyata bunda ketauan positif hamil. Padahal disaat bunda yang asli super sibuk dengan butikbundAzka, dan abi juga yang lagi sibuk ama ngajar dan tulisan2nya.

Sempet dapet firasat dari Azka beberapa hari sebelumnya, pas kita lg di mobil bertiga, tiba2 dia nangis terisak sambil bilang" aku mau adekkkkk.....", dengan ekspresi pengharapan yang sangat.

Hmm...abi dan bunda jadi saling berpandangan saat itu dan kemudian kami jawab,"sabar ya Azka, Azka berdoa yaa sama Allah minta adek", yang diikutin tangan Azka keatas sambil berdoa,"Ya Alloh,aku minta adek ya Alloh..".:)

Karena emang jadwal menstruasi bunda yang selalu terlambat, keterlambatan haid kali ini ga gitu bunda
hirauin, mikirnya, "ah,paling2 juga kek biasanya..telat..!", jadi deh bunda yg sering telat makan karena keasikan di butikbundazka, yang walo keliatannya cuma di rumah aja, tapi bow..aktifitasnya kdg ngelebihin orang kantoran..hihihii..

Kebayang kan, kalo ibu2 kantoran, di tempat kerjaan, yaa deal with kerjaannya..paling yaa sering ngecek telpon kerumah nanyain kabar anak2,naahh.. being work-at-home mom, ternyata susah jg..lagi khusyuk2nya di depan laptop,tiba2 diajak Azka untuk nemenin main, lagi asik2nya maketin barang2*walo udah dibantu jg sih*, di demo Azka suruh bacain buku,belum lagi nyiapin masakan dll....wiihhh..

Walhasil, kadang, ngelembur mpe pagi juga bunda bela2in, kadang,harapan para pelanggan butikbundazka
yang pengen segera tayang koleksi baru, memompa semangat bunda untuk bisa melayani keinginan mereka.


Karena terus terang bunda jg ngelakuinnya dengan senang,jadi kek ga kerasa capek nii badan. Sering jg, abiazka dan keluarga bunda sperti utiakung, mbah amien dan eyangkus, ngingetin bunda, kalo bunda jgn sampe kecapekan, dan telat2 makan saking keasikan di butik*hihi, maklum lah,baru buka usaha, alhamdulillah responnya menggembirakan*.

Kata mereka, jgn sampe sakit nantinya.
Memang sih,baru sebulan aja butikbundazka di buka, alhamdulillah, pesanan hampir tiap hari minim 15 potong baju terjual, mana yang beli dari seluruh indonesia lagi,mule dari aceh ,papua, sulawesi, batam,kalimantan, jakarta,surabaya, wah alhamdulillah merata deh.

Sampe kota2 kecil jg di luar jawa alhamdulillah dtg pesanan *bener2 yaa kekuatan internet, ga perlu
buka toko beneran aja bisa transaksi*.

Belum lagi pesanan dari luar negeri,jepang,malaysia, terutama negeri tetangga alias singapura, tempat dimana
bunda pernah 2 thn merantau disana, alhamdulillahh banget.

Naaaaahh,saat nyadar bunda kok udah telat 10 hari, bunda akhrnya memutuskan cek ke dokter kandungan langganan bunda. Pas di USG abdominal alias lewat perut, kata dokternya, tidak ada tanda2 kehamilan*waahhh..kuciwa dehh..*.

Akhirnya yaa udah, kita skalian konsul utk program bikin adeazka ke dokternya itu.Ama sang dokter dikasi obat penyubur, dan bunda disuruh datang lagi pas bunda menstruasi yang kata dokternya diprediksi ga nyampe seminggu lagi pasti udah mens.

Ga tau kenapa, perasaan bunda tuh bilang kalo bunda ga usah aja minum obat dari dokter itu. Bunda masih pgn nunggu dulu.

Sampe 3 hari stlh itu, krn belum mens jg, abiazka bunda minta tolong
ke apotek beliin testpack, ga tanggung2 suruh beli 2. Paginya, pas Awal mo sahur, bunda pgn ngetest, Allahuakbar, takjub aja liat tuh testpack ada garis merah 2, yang biasanya, bulan-bulan sblmnya selalu aja ga pernah nongol tuh garis merah satunya.


Mata bunda yg saat itu masih ngantuk, sampe bunda paksain mlotot, ngeyakinin aja beneran ga nih ada garis 2. Ternyata bener ya Allah, langsung deh bunda samperin abi yg saat itu lg di meja kerjanya.

Subhanallah,abi jg takjub, langsung deh, kita bareng2 sujud syukur. Karena bnr2, diluar dugaan kita ternyata malah hamil.

Besoknya langsung kontrol dr Hasto, SpOG,malah kaget dia pas tau bunda datang karena hamil bukan malah mens.

Di USG, tnyt ada kantong kehamilan yg masih kecil sekali ukuran diameter 0,5 cm, diperkirakan
usia kehamilan 5-6 minggu, trus dikasi deh obat penguat janin premaston dan folic acid 1x1 selama 1 bulan.

Naaaaaah, selama hamil,bunda delalahnya batuk berdahak yang lumayan parah, tapi bunda ga minum obat,cuma
minum vitamin aja.

Asli, sempet kawatir juga, krn pernah punya temen, katanya dia keguguran cuma karena
dia batuk terus menerus :(.

Setelah tau hamil, bunda mulai jaga kehamilan bunda,kondisi bunda bisa dikatakan baik,ga muntah sama sekali, cuma sesekali aja mual,minum susu prenagen jg rajin, langsung semenjak hamil,supply makan dari Utiazka dan eyangkus terus berdatangan, jadi bunda ga usah repot-repot masak lagi.


Sempet seneng bgt, krn kehamilan kedua ini terasa mudah, ga kek waktu azka dulu, bunda benar-benar yang hiperemesis alias mual muntah berat sampe akhir trimester pertama.

Di usia kehamilan bunda 9-10 mg,Karena saat itu dah mo dekat lebaran, bunda kan beberes rumah,angkat-angkat kasur buat ganti sprei yg notabene tuh kasur berat banget, nah sorenya ketauan kalo bunda keluar dikit flek darah merah muda.

Paniiiiiiiik, asliii super panik.


Teriak manggil abi dan ngasi tau kalo bunda keluar flek sambil agak bercucur nih airmata.
Langsung bunda mutusin utk bedrest.


Alhamdulillah udah ga keluar lg, tapi krn cemas, malamnya bunda lgsg ke rumah sakit terdekat di JOgja international Hospital *ga ke dokter langganan,krn dia penuh bgt antriannya*, dan langsung di USG, kata dokter kandungannya hasil USG, ga tampak janinnya.

CUma ada kantong kehamilan aja, yang katanya kalo liat gini disesuaikan dgn usia kehamilannya, bunda di diagnosa Blighted Ovum (kehamilan kosong).

MasyaAllah.......lemes bunda, tapi saat itu bunda ditemani abi dan azka berusaha utk tabah.Mana tuh dokter asli ga punya simpati sama sekali, masa dgn santainya dia bilang" ibu, ini blighted ovum, janinnya ga ada, ya udah dikuret aja, kapan ibu mau kuret terserah aja....", tanpa ada empati sama sekali.

Sambil hela napas, bunda saat itu kuat bgt hadapinnya, abi jg, tapi bunda jg langsung nelpon ke dokter kandungan langganan bunda, dan dia bilang kalo besok pagi-pagi disuruh datang ke kliniknya ,dan bunda disuruh istirahat aja malam itu.

Kebayang kan sodara-sodara sekalian.......mendengar vonis kalo khamilan kita ternyata ga ada janinnya!
.

Saat itu, mbah amien, eyangkus, utiakung yg kemudian dikabarkan, menenangkan bunda, dan bilang bunda
jgn terlalu cemas.

Paginya, bunda diperiksa via USG TRansvaginal, jadi lewat*maaf* vagina,dan alhamdulillaaaaaaah,ternyata terdapat calon janin (fetal pull) di dalam kantong janinnya.

Tapi memang, melihat ukurannya,
lebih kecil dari ukuran janin seharusnya.saat itu ukuran janinnya 0,4 cm dan kantong janin diameter 2,8 cm.

Menurut dr Hasto, kalo melihat perkembangan dari bunda kontrol pertama,itu termasuk pesat perkembangannya.

Jadii, disuruh tunggu sampai 2 minggu lagi, sambil diberi penguat janin yg ditingkatin jadi 2x sehari dan tetap
konsumsi folic acid,juga dikasi antibiotik yg katanya aman utk ibu hamil amoksisilin 500 mg 20 tablet 3x1 untuk anti infeksi karena kemaren sempet keluar flek biar ga terjadi keputihan yg ktnya dapat menghambat kehamilan.

Sejak itu, bunda langsung deh hijrah ke rumah uti, krn saat itu pembantu bunda udah mudik, smpt keluar flek lagi,bunda putuskan utk bed rest total.

Semuanya bunda dilayanin sama abi, uti dan seisi rumah.
Jadi rasanya kayak orang engga sakit tapi ga boleh ngapa2in.

Selama 2 minggu itu, hari2 bunda diisi dgn baca alQuran di tempat tidur, baca buku, sambil sesekali maen
ama azka di tmpt tidur dan bacain dia buku cerita sblm dia bobo.

Subhanallah..selama kehamilan bunda,
Azka jadi mandiri dan dewasaaaaaaaa bgt. Dia alhamdulillah ngerti bgt, dikasi tau kalo di perut bunda ada adeazka,jadi azka ga bole gendong bunda lg, kalo mo gendong ama abi ato uti.

Saat bunda bed rest pun, dia selalu nyiumin perut bunda dan ajak ngomong adeknya di dlm perut,"dek,besok kalo udah keluar, maen ama azka yokk..." "dek, itu baju azka yg udah kecil buat adek yaa....", "dek, sepatu adek udah azka siapin tuhh." sambil nunjukin rak2 sepatunya azka yg udah kekecilan.

Dan Subhanallah..ga henti2nya Azka jg ikut doain adeazka tiap sholatnya*alhmdlh, slm bulan ramadhan, azka rajin bgt sholatnya*, doanya gini"ya Alloh..sembuhkan bunda dan adekku ya Alloh..Amienn.."sambil mengusapkan kedua tangannya ke wajahnya.

Lebaran tiba, alhamdulillah, abiazka dipercaya utk jadi imam dan khotib di T
aman Kuliner dekat rumah kami.

BUnda saat itu
ga ikut, tapi kata semua sodara yg turut menyaksikan, alhamdulilah abiazka bisa memimpin sholat iedul fitri dan memberi khotbah dgn bagus dan lancar*hihi, bunda deg2an euy, secara baru pertama abi didaulat suruh ajdi imam sholat ied*.

BUnda sempetin sungkeman kerumah eyangkus dan mbah amien, tapi cuma bntr kemudian istirahat lg. Beberapa hari kemudian, utiazka smpt sakit demam batpil, otomatis dong, bunda yg saat itu merasa sehat2 aja*alhamdulillah flek jg udah ga kluar2 lg*, gantian bantuin ngerawat uti, ampe kerajinan, bunda ikutan masak sgala.

Walhasil besoknya, tnyt
keluar flek lagi. Tibalah saat itu, tgl 11 oktober, keluar deh(maaf) darah segar banyak, seperti layaknya menstruasi, langsung bunda bed rest.

Trus berhenti lagi...ALlahuakbar, benar2 bunda dan keluarga
sedang di uji Allah,dan saat itu pulalah bunda udah mulai menata hati utk kemungkinan terburuk.

Besoknya, kontrol ke dokter, dan di USG, memang terdapat gambaran kantong kehamilan yg tidak disertai
perkembangan embrionya yg seharusnya sudah berusia kurleb 12 mg.

Jadi menurut penjelasan dokter,ibaratnya sebuah pohon mangga, skrg ini bunda telah terjadi pembuahan, dan dlm perjalanannya, bunga mangga itu bisa berkembang menjadi buah dan sampai matang, tapi banyak juga yang kemudian terhenti perkembangannya, dan kemudian tidak berkembang dan akhirnya gugur sendiri.

Dan itu merupakan seleksi alam. Jadi, sudah kodratnya yang tidak layak tampil,tidak tampil.

Begitu juga dengan kehamilan, bila misal ada 100 ibu hamil yang sama-sama memeriksakan urin dan hasilnya positif semua,dalam perjalanannya, yang bisa take-home baby*membawa pulang bayinya dengan selamat sampai ke rumah* hanya sekitar 70%, sisanya bisa gugur pada trimester awal, bisa juga saat sudah berkembang besar dalam perut ibu, atau terdapat komplikasi lainnya.

Nah kondisi kehamilan bunda seperti itu,janinnya tidak berkembang sesuai dgn usianya.Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi salah satu sel sperma atau sel ovum yang tidak bagus.

Secara teori, kehamilan yang sudah lebih
dari 8 minggu sebaiknya di kuret, untuk terjaminnya kebersihan rahim.

Allahuakbar
..mendengar harus dikuret itu yaNg bikin bunda malah deg-degan, karena terusterang, bunda sering dengar dari orang-orang kalo
dikuret itu sakit banget, sakitnya malah melebihi melahirkan..


Tapi kemudian dokternya bilang, kalo bakalan ga sakit, karena di bius total,dan pengerjaannya hanya memakan waktu maksimal 20 menit. waaaaaaks...di bius total...???

Apalagi nihhhhh...itu yg ada di benak bunda..langsung deh kebayang berita-berita orang yang alergi terhadap bius total,
ada yg abis di bius total ga bangun2,...masyaAllahhhhhhh....
bundaaaa takuuuuuttttttt..!!!


Bunda berusaha untuk tegar dan ikhlas menghadapi ujian dari Allah ini,ini pasti yg terbaik menurut Allah.

Malah, pikir bunda, biar segera keluar tuh mensnya, Siangnya malah bunda jalan2 ke mol ama abi dan azka,ngebakso, ke toko buku, wah rasanya kek bebas dari yg selama ini bed rest sekarang jalan2 puas.

Bener deh, malamnya keluar deh tuhh sperti mens, mules2 juga, bunda yang memang biasanya mensnya sll sakit,
jadi ga terlalu kaget dengan rasa sakit hebat itu, bunda cuma bs dzikir dan terus menerus nyebut nama Allah.

Ternyata pas lagi mules2nya itu, keluarlah(maaf) gumpalan2 darah kehitaman dgn ukuran yg agak besar,bunda masih aja tuh berdoa ada keajaiban, berharap mudah2an rahim bunda udah bisa bersih dgn keluarnya gumpalan2 itu dan bunda jadinya ga jadi di kuret*tetep takut euy di kuret*.

Tapi kemudian bunda telpon2an ama tmn2 bunda yg pnh riwayat di kuret dgn bius total, dan mrk bnr2 ngeyakinin, kalo bnr2 ga sakit,
dan tiba-tiba udah aja..cuma memang, di infus dulu, kemudian di bius total via infusnya.

Cuma memang ga bohong kata mereka,
suasana ruang tindakan bisa bikin jantung loncat2 didalam:).

TRus nelpon jg ama tmn lama yg punya riwayat kuret, dia tapi kuretnya ga pake bius total, wiiihh..katanya sakittt bgt, ngelebihin
melahirkan.

Maaf, katanya rasanya seperti disogok2 pake garpu..astagfirullahhh...Bersyukur jg bunda bakalan pake bius total.
Dan bunda jg baca2 di buku n internet, kalo kuret adalah jln tebaik utk terjaminnya kebersihan rahim.


Ya Udah, mantep deh, bismillah bunda tentuin harinya ama dokternya, krn cepet ato lambat toh bunda
jg kudu dikuret.pasrah aja!

Jujur, nunggu hari mo di eksekusi eh di kuret, deg2an bgt, abiazka jg tuh, walo berusaha utk tidak mnampakan kestresannya,bunda tau abi jg ikut prihatin.

Alhamdulillahnya, pas mo dikuret, bunda dlm kondisi yg sht, dah ga mules sama sekali, bener2 kek org normal aja dtg ke RS, ditemenin ama abi, bunda di tes dl darahnya, trus di infus, sama sebelumnya bunda rikues ke dokternya utk di USG transvaginal lagi, *berharap kali aja ada keajaiban, di USG ternyta rahim dah bersih ga perlu di kuret..* maunya!!!!,

ternyata hasil USG, kantong kehamilan udah pecah, dan keluar, dan kata dokter,"baik, jadi sisa ktia keluarkan ari2nya..", Gubrak....tetep aja yaa dok kudu dikuret berarti...sambil lemes deh bunda:).

BIsmillah,...masuk ke ruang tindakan, bunda ga bgitu panik, dah ihklas, lagipula ruangan tindakan itu familiar bagi bunda, karena dulu ngelahirin azka jg disitu dng dokter yg sama yg sangat baik hati.

Udah deh, saat dokter anestesinya ngajakin "berdoa yaa bu", langsung deh bunda berdoa menyebut asma Allah, dan bunda jg berdoa semoga bisa liat Azka, abi,dan keluarga terkasih bunda lainnya..*hiks, terus terang, masih takut juga cerita-cerita efek dari bius total!*.

Subhanallah, ternyata, belum kelar bunda berdoa, ga berasa, bunda langsung tertidur, dan seperti baru beberapa menit saja, bunda dibangunin deh ama susternya.."bu, udah selesai...". "haaaaaah, udah yaaa suster? Kok ga ada rasa apa2?".

Langsung sayup2 bunda denger suara azka dari luar ruang tindakan..."Alhamdulillah ya Allah..., aku bisa denger suara anakku lagiii...", dan
semuanya telah berlalu..., gumam bunda.

Disuruh menunggu sampai kesadaran bunda benar2 kembali, tapiunda yg saat itu alhamdulillah samasekali ga ngerasain pusing ato mual,
minta suster untuk di antar keluar nemuin Azka dan Abi...

Alhamdulilaaaaaaaaaaaahhhh..bunda bisa liat Azka, abi, utiakung disana...Eyangkus jg ikut nengokin bunda.

Terus kata dokternya, bunda sebaiknya nunggu 3 bulan lagi untuk merencanakan kehamilan. "Waaahh..3 bulan ya dok?", ujar bunda.
"Iyaa...tapii..kalo berhubungannnya boleh kok setelah 2 minggu...", balas dokternya cepat.

Wekekek....ada yang lega banget dengan jawaban dokternya ...!!::))

Yaaa..begitulahhhhhhhhh bloggers....Semua ini pasti ada hikmahnyaaaa...
Yang jelas, karena bunda kangeeeeenn bgt ga gendong Azka, bunda langsung gendong Azka bentar, diikuti kekagetan Azka dan bertanya,"
BUndaaaa..,bunda udah ga ada lagi adeknya yaaa....kok aku digendong?"!.

Subhanallah.....ternyata Azka benar2 paham yaa kalo dia mo punya adek, dan dia terpaksa "puasa" gendong.

Lucunya lagiii..dengan polosnya, saat bermain didepan rumah dgn teman2nya, Azka nyeletuk gini,
"Aku ga jadi punya adek....bundaku udah gendong aku lagiii...."!*gubrak...*,jadi tau deh seisi kampung...!!!:).

Yaa bismillah..mudahan Allah beri pengganti yang lebih baik, Amienn...... Mohon doanya yaa bloggers.......

32 comments:

Gege said...

Huhuhuhuhu.....
Sabar yah Tri.. Insya Allah gak lama lagi Azka akan punya adek secara kamu kan jadi ibu sabar dan baik banget..:)

Aku deg2an baca postinganmu yang ini.. ikutan sakit perut huhu.. soalnya ada temen yang sampe hamil 2 kali dalam 6 bulan semuanya blighted ovum..

Ikut mendoakan dirimu Tri mudahan kehamilan selanjutnya lancar yah say...:)

Mama Ben said...

Aduh tri tri...untung kita udh cetingan, udh rumpiin, kalo gak pingsan deh aku baca postingan ini tri....sure!
Udh tau aja, dan ga kaget, bacanya tetep aja rasa sedih, trus ngeri2 sedap (apa pula nih istilahnya wekekek) baca deskripsi ttg kalo dikuret gimana, emang langsung kebayang crita2 org kalo dikuret itu sakit...
baydewey....say...memang bukan saatnya ya say....jangan sedih lagi (yakin kok, astri itu kuat dan optiis orgnya). Ada saat yg terbaik dari Tuhan buat kehadiran adek azka ya....
Tante emma siap menyambut dede azka nanti dg leot baru huhuy....so ditunggu pasti ya azka ya...dedenya (mau cewe apa cowo kaaaaaa?) Request ma bunda dan abi ya, kana ada caranya tuh biar cewe atao cowo wekekekekek....sambil tetep b'doa ya kaaa.....

Kalo dah planning lg, ke dokter minta vitamin kali ya tri biar jadinya mantab hehehe.....

All the best deh buat astri dan planning punya ade ya....

Banyak istrahat, pinter2 bagi waktu antara butik dan istrahat ya say...

Duh ini komen panjang bener, cabut ah hihihi.....

Kapan ceting lagi? hehe

widie said...

Iyaaa..sama ma mba emma, walopun udah tau tetep aja mau baca yg komplit2 dg kejadiannya bukannya seneng dg yg terjadi justru ikut prihatin sangat sedih yaa..aku selalu tanyain gmn keadaannya ternyata ngga berkembang ya udah bun...memang belum rezekinya yaa..isyaallah Tuhan kasih lagi yg paling baik, amiinnnn

Setelah kuret biasa kandungan lebih bersih dan bs mengandung dg baik lg amiinnn semoga ya bun, dan yg paling penting neh bunda kudu banyak istirahat krn pernah mengalamin keguguran jd lebih waspada yaa...

Waahhh salut dg azka neh emang cucok jd kakak yg baik yaa dia jg ngga maksain nanya2 adek lg setelah tau bundanya sakit yaa...
tambah gede tambah pinter aja Azka yaa hehehe

Vina said...

Subhanallah Bun.. Jgn sedih yaa.. Mudah2an segera dikasih yang terbaik.. Aku setelah kuret malah sebulan kemudian langsung hamil Alif, berikut ovariumnya udah diambil satu. Walopun kata2 dokter bisa dijadiin referensi, kadang ketentuan Allah lebih hebat ya Bun.. Tenang Bun, jangan bosen 'nyoba' yaaa??? :) Hugs buat Azka aahh, kangen deehhh..

Nike said...

Yang sabar ya Mbak, aku aja pengen banged punya anak. Udah 9 bulan nikah tapi blom juga dikasih. Dan kita berusaha untuk selalu sabar :)

mama arya said...

Ya ampyun mba Trie ....ikut berduka ya semoga dibalik semua ini aa hikmat yg luar biasa amien ...

curhat dikit ya, awal2 kehamilan ku ini jg sering terjadi flek ....kira2 5 x terjadi tp untung Allah masih ngasih kepercayaan ke aku dan kelaurga walaupun selama kehamilan masih bnyk ujian2 yg kudu dilaluinya ....semoga sampi nti persalinan diberi kemudahan amien ...

Zeeva Athena Cakranegara said...

Insya Allah rencanaNya indah.... kalau belum sekarang ya mungkin saatnya belum tepat.

Salut euy sama si Bunda, bisa tegar begitu, malahan udah bisa becanda segala kikikikikik...

Semoga gak lama lagi, dapet cerita membahagiakan ttg adekazka di blog ini. Amiiiiin....

deph said...

tri, sabar yaaa.. ntar dikasih lagi kok sm Allah, tinggal nunggu waktunya aja..

dulu aku jg pernah dikuret kok.. susah sekali menata hati dan pikiran.. lha rasanya kehilangan berat kok..hehehehe.. smoga kmu bs melalui semuanya ya jeng..

sun sayang buat azka..

ke2nai said...

Ada sedih & ada senyumnya sy baca postingan bunda yang ini. Sedihnya karena blm jadi di ksh kepercayaan untuk ngasih adik ke Azka ya bun... Tp Insya Allah penggantinya nanti akan lebih baik.. :)

Senyumnya, baca celotehannya azka itu loh... Anak2 emang polos ya bun :)

mutia and rayga said...

hiks ikut sedih ya say..mudah2an skarang dikau dah lega ya..maaf baru mampir lagi jadi baru ngeh.yang sabar ya moga cepet dikasih lagi setelah masa istriahatnya selesai.wah hebat abiazka jadi imam..ckckckck..azka gpp ya..bentar lagi jd dapet dedek ya sayang..:)
say, hebat euy laris manis tanjung kimpul..enak klo dirumah konsen ya bisnis.aku mah jadi pikiran kebagi2 euy.pengen brenti kerja takut jg klo bisnik kan gak stabil tp klo gak berenti dah lumayan banya order terus tiap hari..Moga lancar terus ya say bisnis nya & moga cpet isi lagi:)

Mama Azka said...

Sabar ya, Tri, mudah2an penggantinya nanti dikasi yg lebih baik, amiiin.

Diana Indah said...

terharu nih..semoga ujian yg sdh dilewati bawa berkah lebih banesar, dan semoga cepet ada gantinya :)

Azka pinter banget yah nak..

ikha-naufal said...

hiks...hiks...hik...terharu, deg-deg-an smua campur jadi satu pas baca postingan ini. secara bunda juga dah pengen banget kasih adik buat naufal, tapi kayaknya harus bersabar melawan tokso. Buat bunda azka yang sabar ya, Allah pasti punya rencana lain yang lebih baik. Mas Azka punya adiknya ditunda dulu ya, rajin doa biar cepet punya dedek lagi

Fanya Ardianto said...

biarpun blum pernah ngerasain, jadi ikutan sedih juga deh baca ceritanya Mbak :)

travellous said...

Insya Allah dibalik kesulitan ada kemudahan, ak rada2 gimanaaa gt baca postingan ini, speechless. sigh!

Mommy Farah said...

There always wisdom behind for eveythings bunda.Insha Allah ini mungkin khair/baik buat bunda sekeluarga*wallahu alam bil shawab*
Yg sabar dan terus ikhtiar yah bunda.

Butik Bundazka ONLINE ShOp said...

mksh yaaaaaaaaaaaaaa smuaaaaaaaaaa bloggers tercintah:)

iyaaaaa nih ttp smgt!

ELVAN RIVANI said...

Tnyata detailsnya dah diposting tho, kmrn ceting aku masi nanya2 ajah..=) sabar ya bun, poko'e aku doain moga cpt "dapet" lagi dan smuanya berjalan lancar..gak ada kendala, amin. Sukses ya butiknya..inget jgn kecapean ya buuun. Azka sabar ya ntar dedeknya muncul lagi koq =)

meyrinda said...

sabar ya jeng
hebad sekali keikhlasannya :)
mudah2an selalu dilindungi ALLAH SWT Amien

Nunik Achmad said...

bunda, jadi ikutan 'mbrebes' baca cerita ini....

Subhanalloh, bunda tegar banget.

Alhamdulillah juga, bunda dikelilingi dengan keluarga yang sangat mencintai bunda.

Azkanya juga pinter banget ya...

InsyaAlloh, akan ada waktu yang lebih tepat untuk dalam rencana Nya.

Butik Bundazka ONLINE ShOp said...

amiennnnn..amiennnnnn..

mksh yaaaaaaaaaaaaa bunda2 shalihah atas doanya..:)

salam,bundazka

Raquel Brenda said...

BundAzka, baca critanya ampe merinding sendiri, dr yg tadinya seneng ampe sedih...

Yg penting sekarang dah sehat lagi trus Azka masih bisa di gendong 3 bln kedepan..trus persiapan buat adek Azka deh...

keep smile said...

Aduh Bun, jadi ingat dulu aku nangis bombay ketika dokter memutuskan untuk dikuret, Secarakan saat itu aku pake KB IUD, eh IUD masih di dalam tapi aku hamil *katanya sih IUD nya udah bergeser dari tempatnya*, jadilah flek-flek keluar dan harus di kuret...hiks..hiks... sedih banget.

Semoga segera mendapatkan momongan yang sehat. amin

primaningrum said...

whuaaaa telad banget aku tahunya!! gini neh kalo males ngeblog, males BW, maafkan aku ya astri.

sabar ya, Insya Allah diberikan penggantinya. dan dibalik ini semua pasti ada rahasia besar Allah SWT sebagai hadiahNYA.

tenang aja astri, aku dulu juga udah ngalamin mpe 3 kali keguguran dan kudu kuret semua. Alhamdulillah diberi pengganti Allah dengan adanya alifbata.

Cicha Mamanya Shaina said...

telat banget deh taunya.. abis udah lama ngga maen sini. Terakhir kesini masih vakum karena bunda lebih sibuk di butik kali ya.. hehe..

Azka emang yahud deh.. PINTER PUOLL!! Doanya itu bikin terharu. Tapi omongannya "Aku ga jadi punya adek....bundaku udah gendong aku lagiii...."! bikin ngakak!! hahaha

InsyaAllah ada waktunya ya Mas Azka buat ada ade.. amiinn

Luky Ekowati said...

Astri turut prihatin ya non.... Insyaallah semuanya ada hikmahnya non. Mungkin Azka masih kangen dipeluk-peluk dan disayang -sayang sama bundanya ya......sabar ya non.

catatan shanti said...

Ass. salam kenal mba :)

catatan shanti said...

Ass, Shanti jg br kguguran 1 januari 2009 td. hati ni sedih bgt. Tp pasti rencana Allah lebih bgus dr pd rencana kita :). Mdh2an kita d berikan pengganti yg lebih baik dr allah.

Anonymous said...

I apologise, but, in my opinion, you are not right. I can prove it. Write to me in PM, we will talk.

Anonymous said...

The first question many people have about links london one way links is why are they so important.If you links of london compared two websites that had exactly the links jewellery same content but one of them had one hundred one way links versus none on the other site links of london uk you would see that the site with one way links had a much better cheap links of london ranking with each search engine. links of london bracelet The primary reason for this is there is no reason for one site links of london charms to link to another without a reciprocating link other than that links of london watches site determines that the website is an authority on it's given niche links of london rings A one way link is when a website links to another site without links of london necklaces asking for a reciprocal link back.

Obat Herbal Penyakit Benjolan di Leher said...

sabar yahhh,,,
pasti ada gantinya...:)

Unknown said...

Bun sdh 2 hr ini ak perdarahan hr saptu pg tgl 26 Sept 15 dari hsl USG mll vagina kantobg kehamilanku msh ada. Diperkirakan usia kehmlanku sdh 5 mgg setlh 17 thn kami menanti kehamilan ini, jml darah sdh spt saat menstruasi dokter menghrskan ak besrest selama seminggu unt d evaluasi apk ktg kehamilanku msh ada atau tidak. Apakah ada yg py pengalaman spt ak bun tp kantong kehmlannya mdh bertahan walaupun perdarahan sdh terjd?